top of page
  • Writer's picturestellarw

Sandwich Generation, Ini Tips Mengatur Gaji Bulanan

Sandwich generation adalah generasi yang harus menanggung biaya hidup tiga generasi, yaitu generasi dirinya sendiri, orang tua, dan anak.


Sandwich generation ini bisa dibilang menjadi tulang punggung keluarga karena harus menghidupi generasi di atas dan di bawahnya.


Jika tidak pandai dalam mengatur gaji bulanan, bisa-bisa habis bulan, habis gaji nih. Lebih parahnya lagi, bisa-bisa kamu nombok. Bahaya banget ya..



Yuk, simak bagaimana caranya kamu bisa mengatur gaji bulanan dengan maksimal!


1. Berhemat semaksimal mungkin


Karena banyaknya pengeluaranmu, tentu kamu pun harus berhemat dengan maksimal. Kurangi pengeluaran yang bersifat keinginan. Prioritaskan kebutuhanmu dulu, baru gunakan sisa uangnya untuk membeli sesuatu yang kamu inginkan.


Kamu harus pandai-pandai membedakan mana pengeluaran yang wajib dan tidak, serta mana yang merupakan kebutuhan atau sekadar keinginan saja.


2. Segera alokasikan gaji


Setelah mendapatkan gaji, segera alokasikan ke beberapa pos. Umumnya, kami bisa menerapkan metode 70-20-10, di mana 70 persen gaji untuk kebutuhan dan orang tua, 20 persen untuk dana darurat, tabungan, ataupun investasi, serta 10 persen untuk beramal dan keinginan.


3. Cari penghasilan tambahan


Misalkan gaji dari pekerjaan utamamu di kantor tidak cukup, mungkin sudah waktunya kamu mencari sumber pemasukan lain.


Kamu bisa coba memikirkan apa yang bisa kamu lakukan di malam hari atau di hari libur. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah berjualan online, menjadi content creator, dan lainnya.


4. Bergaya sesuai kondisi keuangan


Banyak orang yang bilang, bukan biaya hidup yang mahal, tetapi gaya hidup. Artinya, jangan sampai kamu bergaya lebih daripada kondisi keuanganmu yang sebenarnya.


Hindari hal-hal yang sifatnya konsumtif dan sebenarnya tidak kamu butuhkan. Tidak hanya kamu yang harus begitu, tapi juga orang tua dan anakmu. Coba ingatkan baik-baik ya.


Menjadi sandwich generation tentu bukanlah hal yang mudah. Akan ada banyak tantangan yang harus kamu hadapi. Tetap semangat ya, Stellars!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!



Melawan Tabu dan Menjadi Versi Terbaik Dirimu bersama Ida Swasti | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

Comments


bottom of page