top of page
  • Writer's picturestellarw

5 Alasan Perempuan Harus Berdaya secara Finansial

Updated: May 17, 2023


Sumber: www.financialexpress.com

Hai Stellars! Tahu ga sih, bahwa secara global terdapat pertumbuhan kekayaan yang dimiliki perempuan. Ini merupakan hal yang belum pernah terjadi dalam 10 tahun terakhir, lho! Berdasarkan data Boston Consulting Group (BCG), saat ini perempuan memegang 40% dari kekayaan global dan ini dapat terus meningkat sesuai tingkat pertumbuhan tahunan.


Perempuan memiliki banyak potensi dalam pengelolaan kekayaan dan jika itu dimanfaatkan dengan baik, perempuan bisa mencapai kebebasan finansial yang diinginkan semua orang.


Perencanaan keuangan adalah hal yang penting bagi semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Sayangnya, hal yang berkaitan erat dengan keuangan dan investasi seringkali identik dengan maskulinitas. Bahkan terdapat penelitian di tahun 2022 yang menyatakan bahwa 49% perempuan tidak melakukan kegiatan investasi maupun tidak menyadari investasi itu sendiri.


Namun jangan khawatir, Stellars. Perempuan terlahir sebagai pengelola keuangan lho. Jika kamu sadar dan mau mempelajarinya, perempuan bisa beralih dari pengelola anggaran rumah menjadi seorang investor. Tapi kenapa sih kamu harus bisa mandiri dan berdaya secara finansial? Berikut alasannya:


1. Mengandalkan Diri Sendiri


Dengan kemandirian finansial, kamu tidak perlu bergantung kepada orang lain. Kamu memiliki kemampuan untuk secara mandiri memenuhi kebutuhan dan menentukan pilihan hidupmu dengan lebih mudah.


2. Mempersiapkan Jeda Karir


Penelitian menyebutkan bahwa perempuan seringkali mempertimbangkan diri melepaskan pekerjaannya untuk mengurus rumah tangga ataupun anak. Untuk mempersiapkan fase tersebut, tabungan dan investasi menjadi hal yang penting agar tetap berdaya secara finansial.


3. Pendapatan Rendah


Harus diakui bahwa perempuan menerima kesenjangan upah antar gender. Gaji yang diterima perempuan biasanya lebih rendah daripada yang diterima karyawan laki-laki untuk pekerjaan yang serupa. Selain itu biaya hidup semakin lama juga semakin bertambah. Maka dari itu, jika kamu mampu memberdayakan diri agar mandiri secara finansial, kamu tidak akan dipandang sebelah mata.


4. Bertahan Dalam Situasi Terburuk


Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari esok. Maka, jika kamu bisa berdaya dan mandiri secara finansial, kamu akan siap menghadapi keadaan terburuk yang mungkin akan terjadi. Dengan begitu akan memperkecil kemungkinan kamu untuk terbawa arus ekonomi yang tidak stabil.


5. Menggapai Tujuan Hidup


Setiap perempuan pasti memiliki tujuan hidup. Mulai dari ingin hidup lebih tenang, traveling, sampai keinginan membangun sebuah bisnis. Tujuan hidup ini sangat berkaitan erat dengan kondisi keuangan. Dengan perencanaan keuangan yang baik, perempuan bisa memastikan bahwa kamu akan menggapai tujuanmu dalam waktu yang terencana.



Perempuan yang identik dengan spend, sebenarnya memiliki banyak potensi dan banyak alasan untuk mulai investing. Yuk mulai berdayakan diri dan belajar bagaimana mengelola keuangan, berinvestasi, hingga memiliki aset impian.





Jangan lewatkan Stellar Learning Events yang akan membahas tentang A Guide for First Time Homebuyers dan Personal Financial Management for a Starter. Dalam kelas offline yang diadakan hari Sabtu, 27 Mei 2023 ini, kamu akan belajar banyak untuk bisa berdaya secara finansial. Yuk buruan daftar dengan mengakses www.stellarw.com/learning-events ya, Stellars!






BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

BELAJAR MENJADI ROLE MODEL YANG BAIK, WORTH IT, GAK?| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





44 views0 comments
bottom of page