top of page
  • Writer's picturestellarw

Tips Mengatur THR dan Gaji Di Bulan Ramadan



Hai Stellars! Kita sudah memasuki minggu kedua bulan Ramadan nih. Di bulan Ramadan ini, biasanya kita mendapatkan ekstra pemasukan yang namanya THR. Eh tapi pengeluaran kita bulan ini kok, juga membengkak ya. Ada banyak acara bukber, banyak keinginan menu berbuka puasa, baju lebaran, belum THR ke sanak saudara.


Gimana dong caranya mengatur keuangan di bulan Ramadan? Here's some tips!


1. Mindset


Meskipun ini bulan yang spesial, kita jangan terlarut dengan euforia bulan Ramadan yang tidak perlu, ya Stellars. Tetap ikuti aturan keuangan yang sudah kamu miliki sebelumnya sehingga hal yang menjadi pengeluaran rutin tetap sesuai porsinya.


2. Pembayaran Zakat Wajib


Pembayaran zakat terutama zakat fitrah di bulan Ramadan itu hukumnya wajib ya, Stellars. Jangan lupa zakat-zakat lainnya disesuaikan dengan kondisi pribadi. Jadi sebaiknya pisahkan alokasi untuk berzakat ya. Jangan sampai membeli baju, makanan, dan mudik tapi lupa nih membayar zakat.


3. Sisakan untuk ditabung


Nah kemudian, jika ada kelebihan dana, jangan lupa Stellars sisihkan untuk diinvestasikan atau ditabung ya. Karena dengan menabung, kamu bisa menanggulangi hal di depan yang dapat terjadi di luar rencana.


Pengalokasian Dana


Penghasilan saat bulan Ramadan menjadi dua komponen, yaitu Gaji dan THR. Nah kalau gaji adalah pengeluaran rutin yang alokasinya sudah tidak bisa diganggu gugat. Pengalokasiannya biasanya yaitu 50% living, 20 % playing, dan 30% saving. Namun alokasi ini bisa kita sesuaikan dengan tema Ramadan lho, misalnya alokasi playing kita gunakan untuk bukber dengan teman dan keluarga.


Lalu gimana dengan alokasi THR nih, Stellars? Nah karena THR adalah bonus, maka alokasinya masih bisa kita utak atik lagi. Beberapa referensi untuk alokasi dana THR adalah zakat, THR untuk pekerja dan keluarga, pelunasan pinjaman, dana darurat, dan kebutuhan lebaran.


Jadi Stellars sudah tau kan, peruntukan masing-masing komponen penghasilan kita. Yuk atur keuangan dengan cermat, agar Stellars bisa menikmati Ramadan dan Lebaran, dengan keuangan yang aman dan stabil!




NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:





MUST WATCH VIDEO!

GIMANA RASANYA SIH JALANIN BISNIS BARENG MANTAN? | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



23 views0 comments

Comentarios


bottom of page