top of page
  • Writer's picturestellarw

Habis Bulan Habis Gaji? Ini Tips untuk Mengatur Keuangan dengan Mudah!

Wah, gak kerasa ya, sudah akhir bulan? Pastinya, sebagian besar dari Stellar sudah mendapatkan gaji bulan ini.


Namun, masalah yang sering kita alami adalah gaji kita habis begitu saja. Rasanya, sudah menghemat pengeluaran. Namun, tetap saja masih sulit untuk menabung.


Apalagi untuk kamu yang berencana untuk segera mencapai financial freedom, mendapatkan uang saja tidak cukup. Kamu pun harus mampu mengatur keuangan dengan baik dan memanfaatkannya untuk membangun jalanmu menuju kesuksesan.



Cek tips di bawah ini untuk mengetahui cara mudah untuk mengatur keuangan!


1. Gunakan aturan 20-80


Ketika memulai untuk mengatur keuangan, sebaiknya kamu menyiapkan rekening khusus tabungan. Tujuannya adalah agar kamu tidak menggunakan uang tabunganmu untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.


Nah, seberapa banyak sih uang yang harus kamu tabung setiap bulannya? Kamu bisa menggunakan aturan 20-80.


Sederhananya, kamu akan menyimpan 20% dari gajimu untuk ditabung, sedangkan 80% dari gajimu akan digunakan untuk pengeluaran kebutuhan, seperti sewa apartemen, transportasi, dan sebagainya.


2. Catat semua pengeluaranmu


Hal yang tidak kalah penting adalah mengatur pengeluaranmu.


Kamu bisa mulai untuk mencatat semua pengeluaranmu menggunakan aplikasi keuangan yang ada di HP-mu ataupun mencatatnya dalam bentuk fisik. Gunakan metode apapun yang memudahkanmu.


Dengan demikian, kamu dapat mengetahui uangmu digunakan untuk apa saja, pengeluaran apa yang paling besar, serta membuat strategi keuangan yang lebih baik lagi.


3. Keluarkan uang dengan penuh kesadaran


Sering kali kita tidak sadar mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Apalagi dengan adanya berbagai marketplace yang memudahkan kita untuk berbelanja dari HP.


Kadang, ada barang yang terlihat lucu, langsung masuk ke keranjang. Ada barang yang diskon sedikit, langsung kita beli.


Hal ini tentunya harus kamu hindari! Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, pikirkan dahulu apakah barang tersebut akan berguna untukmu?


Kalau kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan alasan yang logis, kamu bisa membelinya. Namun, jika tidak, sebaiknya kamu tidak perlu membelinya.


Itu dia cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuangan. Walaupun mengatur keuangan itu susah-susah gampang, coba untuk mulai belajar sedikit demi sedikit, ya!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!


3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bernegosiasi | Stellar Women #StellarWomenAcademy

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

44 views0 comments

Kommentare


bottom of page