top of page
  • Writer's picturestellarw

Pekerjaan yang Cocok Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTI, Coba Cek yang Sesuai denganmu!

Pasti kamu sudah tidak asing dengan tes MBTI. Tes ini merupakan salah satu tes kepribadian yang paling populer di dunia.


Tidak sedikit perusahaan yang menggunakan hasil tes MBTI untuk memilih karyawan yang cocok, lho! Jadi, tidak ada salahnya untuk mengetahui pekerjaan yang cocok berdasarkan tipe kepribadian MBTI-mu, kan?


Langsung aja cek beberapa pekerjaan yang cocok untuk setiap kepribadian yuk!


1. ISTJ

ISTJ dikenal sebagai sosok yang serius dan formal. Mereka juga memiliki sifat yang tenang dengan kemampuan analisis yang sangat baik.


Hal ini membuat orang berkepribadian ISTJ cocok dengan pekerjaan yang butuh ketelitian dan kemampuan analisis tinggi, seperti akuntan, business analyst, ataupun programmer.


2. INFJ

INFJ adalah sosok yang sangat idealis dan kreatif di saat yang bersamaan. Mereka juga menyukai lingkungan kerja yang tenang dan menjalin relasi baik dengan rekan kerjanya.


Sifat ini membuat orang dengan kepribadian INFJ cocok untuk berurusan dengan hal berbau ilmu dan konsultasi, seperti menjadi ilmuwan, psikolog, dan konselor.


3. INTJ

Sosok INTJ biasanya lebih banyak diam dan senang bekerja sendiri. Jika bisa memilih, mereka akan memilih untuk bekerja sendiri daripada bekerja di dalam tim. Selain itu, INTJ berpikir secara intuitif dan pintar dalam menyusun strategi!


Oleh karena itu, INTJ cocok bekerja di bidang yang berkaitan dengan keuangan, marketing, maupun hukum.


4. ENFJ

Sedikit berkebalikan dengan INTJ, sosok ENFJ sangat suka bekerja sama dengan orang lain. Mereka juga banyak mengandalkan perasaan dan intuisinya saat mengambil keputusan.


Hal ini membuat sosok ENFJ cocok untuk bekerja di bidang public relation, sales, hingga menjadi guru, lho!


5. ISTP

ISTP adalah pribadi yang sangat mengandalkan logika dan sedikit misterius. Eits, tapi sosok ISTP ini juga sangat antusias dan teliti terhadap hal yang dia kerjakan lho!


Jadi, ISTP ini cocok untuk menjadi insinyur, teknisi, ataupun dokter.


6. ESFJ

ESFJ sangat suka bekerja sama dengan orang lain! Mereka mudah bergaul dan senang berinteraksi dengan banyak orang. Hal ini juga membuat mereka peka terhadap keadaan orang lain. Biasanya, mereka terlihat standout dibandingkan orang lain.


Sosok ESFJ ini cocok untuk event planner, medical researcher, hingga pekerja sosial.


7. INFP

INFP itu bisa dibilang pendiam. Hal ini membuatnya juga suka menyendiri dan mengamati hal-hal yang ada di sekitarnya. Imajinasi INFP tinggi banget!


Jenis karier yang sesuai dengan INFP antara lain copywriter, photographer, dan seniman.


8. ESFP

ESFP bisa dibilang terlahir untuk tampil di depan banyak orang. Mereka senang mendapat perhatian. Tak hanya itu, mereka juga merupakan sosok yang menyenangkan dan sangat peduli dengan orang di sekitarnya.


Jadi, ESFP cocok nih untuk menjadi event planner, tour guide, hingga sales representative.


9. ENFP

ENFP ini free spirit banget. Mereka juga sangat mengandalkan intuisinya yang kuat dan suka berada di sekitar orang lain. Banyak ENFP yang lebih mementingkan kesenangan daripada gaji ketika bekerja, lho!


Jika kamu memiliki kepribadian ENFP, cocok nih untuk menjadi reporter, pemusik, hingga editor.


10. ESTP

ESTP itu sosok yang sangat logis dan suka mengambil keputusan berdasarkan data yang tersedia. Mereka juga suka mengeksplor banyak hal baru untuk mencapai kesuksesan.


ESTP cocok nih untuk menjadi sutradara, project coordinator, hingga pengusaha.


11. ESTJ

Layaknya supervisor, ESTJ adalah sosok pemimpin yang dapat diandalkan. Mereka cenderung terstruktur, selalu bekerja keras, dan berdedikasi tinggi.


Bagi kamu yang ESTJ, coba pertimbangkan karier untuk menjadi hakim dan petugas keuangan.


12. ENTJ

ENTJ adalah sosok yang karismatik, percaya diri, dan logis. Mereka selalu berhati-hati dan mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil keputusan.


Beberapa karier yang cocok untuk tipe kepribadian ini misalnya business administrator, manajer konstruksi, hingga pemilik bisnis.


13. INTP

INTP ini logis banget! Mereka tidak pernah memberikan solusi yang bias atau hanya berdasarkan perasaan saja. Mereka juga kreatif banget!


INTP cocok deh untuk menjadi web developer, composer, hingga marketing consultant.


14. ISFJ

Salah satu ciri dari ISFJ adalah sosoknya yang murah hati. Mereka juga menghargai rekan kerjanya dan memiliki etos kerja yang sangat baik.


Karier yang cocok untuk ISFJ antara lain research analyst, finance, hingga manajer administrasi.


15. ENTP

ENTP selalu melihat sesuai jauh ke depan. Mereka juga merupakan sosok yang cerdas dan banyak mengandalkan logika. Karena itu, mereka juga suka menyelesaikan masalah.


ENTP bisa bekerja sebagai pengacara, trader, system analyst, hingga ilmuwan.


16. ISFP

Walaupun introvert, ternyata ISFP senang diajak bergaul! Mereka juga hidup dengan teratur dan selalu memiliki jadwal kegiatan yang jelas.


Beberapa karier yang cocok untuk ISFP adalah manajer media sosial, fotografer, hingga desainer.


Stellars, tetap ingat yaa, selain dilihat dari tipe kepribadian yang dimiliki, pastikan kamu juga memilih karier yang sesuai dengan passion dan skill yang kamu miliki!


Kamu bisa jadi apapun yang kamu inginkan!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



Ingin mendapatkan pembinaan bisnis selama empat minggu dan pendanaan hingga 20 JUTA RUPIAH? Yuk, ikuti Stellar Women Future Leaders Lab! Pendaftaran masih dibuka lho!




BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Belajar Cara Sukses dari Orang Korea | Stellar Women

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

1,111 views0 comments
bottom of page