top of page
  • Writer's picturestellarw

Serba-serbi Dunia Kerja: 7 Things I Wish Someone Told Me

Memasuki dunia kerja memang merupakan suatu hal yang baru jika dibandingkan dengan keseharian kita saat masih sekolah dan kuliah. Tentunya, pengalaman adalah guru terbaik kita. Namun, apakah kita perlu untuk jatuh ke lubang buaya dulu baru belajar?


Nggak harus selalu seperti itu, loh! Nah, kali ini Stellar akan membantu kamu supaya kamu nggak harus sampai masuk lubang buaya! Di bawah ini adalah beberapa pengalaman yang mungkin akan kamu rasakan ketika memasuki dunia kerja terutama saat kamu bekerja 9 to 5 di Indonesia!


Mau tahu apa aja nggak, Stellars? Yuk, simak terus sampai habis, ya!


Here are 7 things I wish someone told me!


smartbugmedia.com

1. 3 Bulan Pertama

Biasanya 3 bulan pertama adalah masa yang paling sulit karena kita sedang beradaptasi dengan lingkungan baru, kebiasaan baru, menyamakan pandangan dengan orang-orang baru, dan masih menebak-nebak ekspektasi.


Wajar kalau kita merasa walking on a thin shell dan restless karena itu yang sebaiknya yang perlu kamu lakukan adalah belajar untuk istirahat dan banyak bersabar dengan diri sendiri. Terkadang kita membuat kesalahan, tapi kita sudah melakukan terbaik yang kita bisa di saat itu. Learn to rest and adapt.


2. Catat apa yang kamu lakukan

Pastikan kamu mendokumentasikan pekerjaan yang kamu lakukan. Kamu bisa buat spreadsheet untuk setiap project-mu. Tulis peranmu selama melakukan project dan bagaimana pekerjaanmu bisa menambah value perusahaanmu.


Selain untuk tracking pekerjaan dan menjadi self-reflection, kamu juga akan memiliki bukti detail tentang pekerjaanmu yang bisa sangat berguna ketika melakukan performance review.


3. Hobi itu penting

Agar hidup kita bisa jadi lebih seimbang dengan pekerjaan, punya hobi selain bekerja ini juga penting. Selain untuk melakukan sirkulasi kegiatan supaya nggak bosan dengan pekerjaan atau bahkan burn out, kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang baru, membahas topik-topik lain yang nggak melulu tentang pekerjaan.


4. Kamu nggak harus loyal

Kamu memang harus menghormati perusahaanmu dan rekan kerjamu, memberikan skill yang kamu janjikan, dan memiliki performance hingga kehadiran yang baik.


Namun, kamu tidak perlu merasa harus loyal terhadap perusahaanmu hingga ke tahap personal. Ada baiknya kamu pisahkan permasalahan pekerjaan dan personal agar kehidupanmu bisa menjadi lebih teratur.


5. Liburan selagi bisa

Waktu kamu sedang di masa akan memasuki dunia kerja dan memiliki kesempatan liburan, lebih baik gunakan kesempatan tersebut. Kembali lagi hal ini tergantung dengan kultur setiap perusahaan tetapi secara umum mendapatkan libur dan cuti nyatanya nggak semudah itu saat sudah di masa aktif bekerja.


6. Hack your own happiness

Sering kali kita harus bekerja meskipun suasana hati sedang nggak mendukung tapi nggak mungkin kan kalau kita harus menunggu suasana hati jadi lebih baik atau memaksakan kerja setengah-setengah? Yang ada malah jadi semakin berantakan.


Oleh karena itu, wajib untuk bisa menemukan kebahagiaanmu sendiri dalam waktu yang singkat. Temukan cara untuk mengembalikan mood setidaknya sampai pekerjaanmu selesai. Misalnya, membeli minuman/makanan yang kamu senangi atau mendengarkan lagu yang menenangkanmu.


7. Selalu update resume/CV

Terkadang ketika sudah mendapatkan sebuah pekerjaan tetap, kita merasakan “keamanan” karena nggak perlu menebar CV lagi. Namun, kita pun sebetulnya nggak bisa menjamin bahwa posisi kita ini aman hingga waktu yang kita mau. Untuk itu, penting untuk berjaga-jaga.


Selalu update resume/CV setiap ada pencapaian yang signifikan. Sehingga, nantinya apabila ada hal yang tidak kamu inginkan, kamu tidak terlalu terlambat untuk kembali menebarkan CV-mu.



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

CARA CARI TEMAN DI UMUR 30AN | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



43 views0 comments
bottom of page