top of page
  • Writer's picturestellarw

11 Tips Anti Gagal Membangun Network untuk Womenpreneurs

Perempuan dan womenpreneurs saat ini sudah berada di fase yang lebih baik dari sebelumnya mengenai kesetaraan pendapatan, jumlah women leaders dan womenpreneurs yang semakin meningkat, dan perempuan dipandang lebih setara di dunia bisnis.


Akan tetapi, bukan berarti kita sudah mencapai garis akhir karena masih banyak challenge yang dihadapi oleh womenpreneurs salah satunya adalah networking. Untuk mendukung kesuksesan sebuah bisnis networking merupakan salah satu aspek esensial yang harus dikuasai tapi berdasarkan report dari Inc, 48% dari womenpreneurs merasa mengalami kekurangan mentor dan advisor yang menghambat perkembangan mereka.


Apakah kamu juga merasakan hal yang sama, Stellars? Kalau iya, kamu nggak perlu khawatir karena kali ini kita akan membahas tips-tips melakukan networking untuk womenpreneurs. Simak terus, ya!


imageio.forbes.com

1. Bekerja dengan lingkup yang luas

Cara ini bisa kamu terapkan untuk mendapatkan network dari berbagai background yang berbeda. Misalnya kamu merekrut karyawanmu dari background pendidikan yang berbeda, budaya yang berbeda, kota yang berbeda. Hal sekecil ini saat kamu manfaatkan dengan baik, kamu bisa mendapatkan network yang lebih luas.


2. Go online, gunakan social media

Saat ini pengguna social media secara global sudah lebih dari 2.64 miliar dan akan terus bertambah. Temukan orang-orang yang memiliki visi dan misi serupa dan ajak mereka berbicara. Dengan cara ini, kamu bisa lebih cepat menambah network-mu.


3. Pelajari calon network-mu

Saat kamu dijumpai dan diajak bicara oleh orang, tentunya kamu akan lebih menyambut orang tersebut saat ia memiliki kesamaan atau tahu tentang interest-mu, bukan? Hal ini juga berlaku untuk networking. Cari tahu terlebih dahulu history maupun track record dari calon network-mu.


4. Punya barter value

Mengerti value calon network-mu artinya kamu mengerti apa yang ia butuhkan dan juga bisa menawarkan bantuan yang kamu punya. Temukan orang-orang yang memiliki value atau interest yang sejalur denganmu.


5. Hadiri event dan komunitas

Find your tribe. Hadiri event bisnis, kelas bisnis, dan bergabung lah ke komunitas bisnis. Berada di lingkungan yang dipenuhi dengan orang yang memiliki tujuan yang sama akan memudahkan kamu untuk mencapai tujuan-tujuanmu.


6. Berani meminta tolong

Saat kamu ingin tahu untuk melakukan suatu hal atau ingin meminta bantuan cari lah orang yang sekiranya bisa menolongmu. Terkadang, sebagai seorang pemimpin kita tidak ingin memperlihatkan kelemahan kita. Namun, di dunia bisnis ketika kamu enggan bertanya artinya kamu menyia-nyiakan waktu berhargamu.


7. Dress well

Menghadiri acara online dan offline pastikan kamu tampil dengan baik. Tidak perlu mewah, tetapi pastikan pakaian yang kamu gunakan bisa membawa citra diri yang baik untuk kamu dan bisnismu. Tentunya, kita tidak boleh menilai orang dari penampilannya saja, akan tetapi penampilan adalah satu hal yang selalu pertama tertangkap mata dan akan membentuk sebuah impression.


universitybusiness.com

8. Hindari hard-selling

Tidak ada yang senang ketika tiba-tiba didatangi dan disuruh membeli barang atau memenuhi kebutuhan orang lain maka hindari lah melakukan hard-selling terutama kepada orang yang baru pertama kali kamu kenal. Justru dengarkan cerita mereka, tanya sudut pandang mereka, dan tawarkan bantuanmu. Baru lah, kamu bisa mengungkapkan kebutuhanmu untuk melakukan bantuan mutual.


9. Temukan mentor

Sebisa mungkin temukan mentormu sendiri karena dengan seorang mentor kamu bisa melakukan konsultasi yang lebih personalized dan fokus dengan goals akhirmu. Selain itu, tentunya seorang mentor sudah memiliki network dan biasanya seorang mentor juga akan menyalurkan network-nya kepada mentee untuk mendukung kesuksesannya.


10. Mulai dari sekitar

Kita tidak akan tahu di mana dan kapan kita akan menemukan network kita karena itu usahakan untuk mendukung orang di sekitarmu, dengarkan masukan dan cerita dari karyawanmu, dan berempati dengan konsumenmu. Nggak hanya mengambil apa yang kamu butuhkan, tetapi terkadang dengan memberikan apa yang orang lain butuhkan terlebih dahulu kamu akan mendapatkan yang kamu mau.


11. Belajar dari kesalahan

Meskipun terdengar seperti saran belaka yang sudah sering diucapkan, kata “belajar dari kesalahan” tetap menjadi satu prinsip yang harus kamu miliki. Karena dari semua tips yang sudah kamu pelajari di atas, penerapannya untuk setiap orang akan selalu berbeda. Apa yang bekerja di orang lain bisa jadi tidak bekerja di kamu.


Nah, itu dia 11 tips anti gagal melakukan networking untuk para womenpreneurs!


Kamu sudah lakukan yang mana nih, Stellars?


Ingin tahu lebih banyak tips tentang membangun network dan membangun bisnismu agar bisa sukses?


Stellar Women with L'oréal Paris present the third batch of "Stellar Power Accelerator Powered", The Fast Track to Build Business with Purposes!


It's time for you to turn your business's vision into reality through

- A curated business mentorship program

- Virtual Pitching Competition and WIN CASH up to IDR 30 million of business funding

- Learn from Najwa Shihab, Franka Makarim, Teresa Wibowo, and 20+ more femalepreneurs!

- A 5-weeks intensive business program

- Networking with more like-minded femalepreneurs like you





NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

CARA CARI TEMAN DI UMUR 30AN | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



Comments


bottom of page