top of page
  • Writer's picturestellarw

Keuangan Nggak Aman Saat Menjadi Freelancer? Simak 8 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Bisa bekerja dengan waktu yang fleksibel, bisa bekerja di mana saja, punya kesempatan mendapatkan pundi-pundi uang dari banyak sumber, bebas memilih klien, dan punya kesempatan untuk memiliki work-life-balance adalah kelebihan dari menjadi pekerja lepas atau freelancer. Tentunya sangat menggoda bukan?


Namun, bukan berarti menjadi pekerja lepas tidak ada tantangannya, loh! Karena memiliki sistem kerja yang lebih fleksibel dan tidak terikat dengan satu sumber income tertentu seperti karyawan perusahaan, pekerja lepas harus pintar-pintar melakukan manajemen atas bisnisnya sendiri.


res.cloudinary.com

Memiliki pemasukan yang tidak selalu konstan bisa jadi membuat orang yang ingin menjadi pekerja lepas/freelancer berpikir dua kali. Nah, tapi semua itu bisa kamu hadapi kalau kamu melakukan pengaturan keuangan yang tepat!


Gimana sih cara mengelola keuangan sebagai freelancer yang baik? Simak terus pembahasannya sampai akhir, Stellars!


1. Usahakan pengeluaranmu tetap stabil

Agar keuanganmu lebih terjamin, hindari untuk melakukan pengeluaran dalam jumlah besar dalam sekali waktu terutama apabila tidak merupakan kebutuhan dasar.


2. Atur anggaran sesuai dengan target gajian setiap bulan.

Tetapkan dengan memperkirakan berapa banyak biaya dasar untuk hidup. Lalu hitung berapa banyak yang harus kamu sisihkan dari target dan perkiraan gaji setiap bulan.


3. Wajib punya dana darurat

Umumnya dana darurat yang dibutuhkan adalah 12 kali dari biaya dasar hidup. Memiliki dana darurat bisa menyelamatkan kamu saat kamu sedang kurang pemasukan.


4. Pastikan menghitung asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan tanggung jawabmu sepenuhnya saat kamu menjadi seorang pekerja lepas. Kamu bisa mengikuti BPJS Kesehatan atau memilih asuransi kesehatan apabila memiliki dana lebih.


5. Hindari melakukan pinjaman

Pinjaman yang dibayarkan secara berkala mungkin terlihat lebih mudah tetapi saat tidak memiliki income yang tetap hal itu juga berpotensi sebagai tantangan ke depannya. Apabila memang harus melakukan pinjaman pastikan tidak melebihi dari 20% rata-rata gaji yang didapat.


6. Hindari pembayaran yang terlambat

Semakin cepat kamu melakukan pembayaran tunggakan akan semakin mudah untuk mengatur keuangan bulananmu. Karena saat kamu tidak segera melakukan pembayaran yang seharusnya, uang tersebut bisa saja terpakai untuk keperluan yang lain.


7. Sisihkan untuk investasi

Saat menjadi pekerja lepas kamu juga wajib untuk mempertimbangkan dana pensiunmu sendiri karena itu kamu harus tetap mempertimbangkan untuk keperluan investasi. Kamu bisa sisihkan 10% dari berapa pun penghasilan yang kamu dapatkan ke rekening investasi/tabungan.


8. Pertimbangkan memiliki lebih dari satu rekening

Satu rekening untuk menerima salary dari proyekmu. Satu rekening untuk biaya dasar setiap bulan. Satu rekening untuk tabungan. Satu rekening untuk healing. Dengan memiliki rekening yang berbeda akan lebih mudah untuk memisahkan kebutuhan dan disiplin dengan pengeluaranmu.


Nah, itu dia beberapa tips untuk kamu agar bisa melakukan pengaturan keuangan yang bijak selama menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer!


Tips yang paling penting saat menjadi seorang pekerja lepas untuk mengatur keuanganmu adalah memiliki disiplin diri yang tinggi agar keuanganmu bisa terjamin dengan aman ke depannya.


Gimana Stellar dengan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dan tantangan yang harus kamu hadapi? Kamu tertarik untuk jadi freelancer nggak, Stellars?


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Waktunya Bangun Bisnismu di Tahun 2023! | #StellarPowerAccelerator

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



17 views0 comments

Comments


bottom of page