top of page
  • Writer's picturestellarw

Menyeimbangkan Peran sebagai Ibu dan Pengusaha



Stellars, apa pernah mendengar istilah Momtrepreneur? Istilah ini merupakan gabungan dari dua kata yaitu “Mom” dan “Entrepreneur”. Momtrepreneur menjelaskan dua peran yang dilakoni sekaligus oleh seseorang yakni seorang ibu yang juga merupakan seorang pengusaha. Keduanya bukanlah peranan yang mudah, apalagi ketika dilakukan berbarengan. Kamu memastikan kebersihan rumah, lalu mengurus anak-anak, dan juga masih harus menguras otak & tenaga untuk mengembangkan bisnismu. Kedua peran ini jauh dari kata mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin untuk menyeimbangkan peran sebagai ibu dan pebisnis.


Nah, Stellar Women punya beberapa tips nih untuk Momtrepreneur yang bisa kamu terapkan:


1. Bicarakan pembagian peran dengan pasanganmu


Perlu diingat, kerja-kerja domestik seperti merawat anak, membersihkan rumah, dan memasak bukan hanya kewajiban kamu loh, Stellars! Bicarakan dan libatkan pasangan kamu dalam mengurus rumah dan keluarga. Bagilah kerja domestik secara adil dengan pasanganmu, misal hari ini kamu mengantar dan menjemput anak, lalu pasangan kamu melakukan laundry, dan lain sebagainya . Diskusikanlah dengan baik dan bagi peran dengan pasangan ya!


2. Buatlah kalender keluarga dan bisnis


Untuk mempermudah kerja-kerjamu sehari-hari baik dalam mengurus keluarga maupun bisnis, biasakan menjadwalkan kegiatan kamu di kalender. Kalender juga penting agar kamu tidak lupa apa saja yang perlu kamu lakukan perharinya. Kalender keluarga dan bisnis bisa kamu gabung dan bisa kamu pisah. Lakukan yang lebih nyaman untuk kamu ya, Stellars!


3. Berjejaring dan bergabung dengan komunitas


Support group dan komunitas yang berisikan momtrepreneur dapat sangat membantu perjalananmu. Dengan memiliki kelompok yang kurang lebih mirip, kamu bisa saling menguatkan, berbagi, dan mendukung. Mendengarkan pengalaman orang lain yang serupa dapat menginspirasi kita dan tentunya kita tidak akan merasa sendiri dalam menjalani peranan sebagai momtrepreneur. Salah satu komunitas yang bisa mendukung perjalananmu sebagai momtrepreneur adalah Stellar Women. Kamu bisa bergabung ketika ada kelas-kelas online dan offline dan ada juga grup Telegram Stellar Women yang mana kamu bisa bergabung dan berbagi, loh! Berikut adalah link Telegram Stellar Women: bit.ly/stellarwomentalks dan bit.ly/stellarwomenupdates.


4. Luangkan waktu untuk beristirahat dan me-time


Untuk menunjang kamu menjadi produktif, kamu butuh istirahat, loh! Jangan remehkan waktu untuk istirahat karena kalau kamu kurang istirahat malah bisa sakit, tidak merasa fresh, letih, lelah, dan tidak kreatif. Gak hanya istirahat ya yang kamu butuhkan, kamu juga butuh me-time. Apa sih hobi atau kegiatan yang suka kamu lakukan di luar pekerjaan dan mengurus rumah? Jangan merasa bersalah ya kalau kamu sedang me-time sebab kegiatan ini krusial untuk menunjang peranmu sebagai momtrepreneur.


5. Bersikap Realistis!


Ingat, setiap orang memiliki kemampuan dan kapasitas yang berbeda-beda. Jangan bandingkan diri kamu dengan orang lain sebab yang orang lain lakukan belum tentu kamu bisa dan juga sebaliknya. Walaupun kamu sudah merencanakan matang-matang semuanya, tapi bisa saja kenyataan tidak sesuai dengan rencanamu. It’s okay! Segala sesuatu bisa saja terjadi di luar kendalimu. Jangan selalu menyalahkan diri sendiri ya, Stellars!


Tips-tips di atas bisa mulai kamu terapkan ya dan jangan lupa untuk mengevaluasi mana saja yang cocok dengan kamu dan mana yang tidak. Kalau Stellars ingin berbagi tips yang sudah Stellar lakukan selama ini sebagai Momtrepreneur boleh loh berbagi dengan Stellars lainnya lewat Telegram Stellar Women. Mari terhubung agar menginspirasi dan mendukung satu sama lain!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!


BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

CERITA CINTA DIBALIK SUKSES SEORANG ENTREPRENEUR| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



24 views0 comments

Comments


bottom of page