top of page
  • Writer's picturestellarw

Yuk, Kenali Diri! Apakah Kamu Produktif atau Workaholic?

Jika dilihat dari segi kinerja, orang yang produktif dan workaholic sulit dibedakan. Keduanya mempunyai semangat juang dan usaha yang besar. Banyak orang mengira bahwa workaholic sama dengan produktif. Namun, pada kenyataannya, dua sifat ini jauh berbeda.



Produktif

Produktif adalah istilah yang tepat untuk orang yang bekerja keras dan cerdas. Mereka memiliki target dan tujuan jelas dalam pekerjaannya yang nantinya akan dikerjakan dengan efisien dan cepat. Mereka mengetahui batasan kapan harus bekerja dan istirahat.


Orang yang produktif memiliki beberapa kelebihan, seperti manajemen waktu yang makin mudah, memperoleh lebih banyak kesempatan, kemampuan meningkat secara signifikan, dan terhindar dari stres.


Meskipun begitu, mereka juga memiliki kekurangan, seperti bekerja secara amraton, mengatasi gangguan bukan menghilangkannya, menggunakan rasa takut dan kritik untuk memotivasi diri sendiri, dan melakukan pekerjaan orang lain bukan pekerjaan sendiri.


Workaholic

Workaholic adalah keadaan di mana orang kecanduan dan terobsesi untuk terus bekerja. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk bekerja dan mengorbankan kehidupan pribadi. Walaupun seorang workaholic kecanduan bekerja, hal ini belum tentu produktif.


Orang yang workaholic memiliki beberapa kelebihan, seperti hasil dan pencapaian kerja lebih tinggi, memiliki kepuasan diri, memiliki keahlian multitasking, serta menjadi orang yang dipercaya atasan karena giat bekerja.


Namun, mereka memiliki beberapa kekurangan, seperti kesulitan untuk delegasi, gangguan kesehatan mental dan fisik, merusak hubungan pribadi, dan menyebabkan burnout.


Lantas, mana yang lebih baik?

Tujuan orang produktif adalah bagaimana caranya agar apa yang dilakukan memiliki hasil dan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Semua dilakukan agar tenaga, waktu, dan uang yang dikeluarkan tidak sia-sia.


Tujuan orang workaholic adalah agar terlihat penting dan sibuk di mata orang lain. Seorang workaholic percaya makin sibuk dirinya, makin penting pula dirinya.


Kesimpulannya, orang produktif adalah orang yang bekerja keras dalam lingkungan yang sehat, cara yang sehat, dan terinspirasi oleh pekerjaannya. Walaupun workaholic juga bekerja keras, mereka bekerja dengan cara yang tidak sehat, lingkungan yang buruk, dan tidak bahagia dengan pekerjaannya sehingga selalu merasa kelelahan setiap harinya.


Bagaimana jika kamu merasa kecanduan bekerja?

Jika kamu merasa telah menjadi seorang pecunda kerja, coba untuk beristirahat dan pahami perasaan. Tetap bekerja dengan cara melakukan yang terbaik. Namun, kamu juga perlu menikmati kehidupan personal.


Perhatikan juga kalau kamu merasakan gejala-gejala stres dan depresi. Jika iya, kamu bisa melakukan konseling dengan psikolog atau terapis untuk membantu mengendalikan hasrat bekerja, memahami apa yang membuat kamu kecanduan bekerja, dan bagaimana caranya untuk mengendalikan diri.


Jadi, apakah kamu orang produktif atau workaholic?


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Pengalaman Yuli Agustine Bertemu Teman Bisnis bersama Stellar Women | #StellarWomenSpotlight

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



42 views0 comments

Comments


bottom of page