top of page
  • Writer's picturestellarw

Resesi Ekonomi 2023? Simak 5 Cara Ampuh Buat Kamu Bertahan saat Resesi Tahun Depan

Istilah resesi kerap diperbincangkan akhir-akhir ini. Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, telah mengingatkan jika resesi global mungkin akan terjadi pada tahun 2023.


Sumber: globaldrafnews.com

Presiden Jokowi juga menyampaikan adanya ancaman dan situasi dunia yang sulit karena ketidakpastian global, yang bisa mengakibatkan 60 negara mengalami kejatuhan ekonomi.


Untuk kamu yang belum familiar, resesi ekonomi adalah suatu kondisi di mana perekonomian suatu negara sedang memburuk. Hal ini ditandai dengan penurunan aktivitas ekonomi yang signifikan dalam waktu stagnan dan lama, serta penurunan Produk Domestik Bruto dalam dua kuartal berturut-turut.


Faktor yang menyebabkan resesi ekonomi adalah inflasi, deflasi, guncangan ekonomi yang mendadak, dan ketidakseimbangan antara tingkat produksi dan konsumsi.


Lantas, apa yang harus dipersiapkan sejak sekarang?


1. Mulai berhemat

Walaupun resesi belum benar-benar terjadi, kebiasaan hidup hemat perlu dilakukan. Tujuannya agar kamu mempunyai uang lebih untuk dialokasikan ke hal lain seperti dana darurat, melunasi atau mengurangi utang, dan investasi.


Jangan panik dan tetap belanja sesuai kebutuhan karena hal ini berperan besar dalam membantu pertumbuhan ekonomi,


2. Atur ulang pos pengeluaran

Atur ulang anggaran pengeluaran dengan memisahkan kebutuhan pokok dan keinginan. Dengan membuat catatan pengeluaran, kamu dapat melihat arus keluar-masuk dana yang dimiliki.


Coba minimalisir intensitas pengeluaran dana untuk keinginan atau hal yang tidak penting.


3. Siapkan dana darurat

Dana darurat bisa menjadi alternatif untuk menggantikan pendapatan yang hilang. Untuk itu, sesuaikanlah jumlah dana darurat dengan jumlah tanggungan kalian.


Dana darurat yang ideal adalah untuk 3-6 bulan dalam memenuhi kebutuhan.


4. Pertimbangkan karir

Bukan hanya dalam segi keuangan saja, dalam segi karir juga penting untuk diperhatikan dalam menghadapi resesi. Coba lihat apakah karirmu sekarang memiliki stabilitas jangka panjang.


Oleh karena itu, kemungkinan terkena PHK berkurang dan membantu menjaga keuangan tetap dalam keadaan stabil.


5. Manfaatkan peluang di sekitar

Tambahkan aliran kas masuk atau pendapatan untuk memperkokoh kesehatan keuangan pribadi. Coba mulai belajar untuk investasi dan memanfaatkan hobi untuk mulai berbisnis untuk menambah pemasukan.


Yuk, mulai persiapkan diri untuk menghadapi resesi ekonomi!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

BOOTCAMP DAY 2 AKSI Perempuan with Tjufoo and Stellar Women | #AKSIPerempuan

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



130 views0 comments
bottom of page