top of page
  • Writer's picturestellarw

Burn Out and Hustle Culture Is Over? No, I Am Entrepreneur

If you are building an empire, you have got to conquer every day.


Emangnya nggak capek apa?


Capek!!


pinterest.com

Aliya dan Samira ngebahas gimana mereka mengalami burn out saat menjadi seorang entrepreneur di MFT Podcast S2 Ep10.


Yuk, simak bahasan mereka!



Di episode MTF ini, Aliya bilang waktu dia sedang membangun sesuatu yang baru sebagai seorang entrepreneur saat ini, hal itu kadang terlalu overwhelming buat Aliya, tapi mungkin karena belum nemu ritme dan pace yang pas.


Nah, relate banget nggak, sih? Kita harus ngelakuin sesuatu tapi kita juga nggak bisa semerta-merta berhenti dari itu. Terus apa yang harus dilakuin kalo kita lagi capek dan nggak bisa istirahat?


Kata Samira, “It is important to know what gives and takes your energy.

Self-aware tentang hal yang bikin kita lelah, pattern-nya kaya gimana, dan setelah itu kita harus susun strategi untuk maintain diri dan energi kita. Kalo kita udah berusaha dengan diri sendiri dan masih juga nggak membantu,

“Nyender aja while it happens.”

Kita bisa bagi kejenuhan kita ke partner bisnis kita, tim kita, karena nggak semua harus kita pikul sendiri.


Karena yang terjadi saat ini, banyak yang bilang kalo hustle culture udah selesai, tapi sebenernya tergantung sama goals masing-masing. Kalo ada yang memutuskan untuk early retirement atau freelance Work from Bali dan berhasil, that’s good. Tapi, kalo kamu sedang membuat dan membangun sesuatu, mau nggak mau kamu emang harus hustling dan menggunakan setiap detik dari waktu kamu.


Tergantung apakah semua yang kamu korbankan akan sesuai buat goal utama kamu karena at the end of the day kamu nggak akan menemukan kebahagiaan di goal utama kamu tapi justru saat kamu ngejalanin proses untuk mencapai goal kamu.


Aliya juga bilang, di umur mereka yang sekarang ini dengan keadaan mereka, Aliya ngerasa burn out karena so many things going on di waktu yang sama. Nah, tapi menurut pengalaman Aliya, ketika umurnya lebih muda, Aliya merasa kalo burn out-nya didapet dari kerja keras untuk expand pengalamannya dan supaya bisa menikmati hasil kerja kerasnya nanti.


Untungnya, di zaman sekarang orang-orang jadi lebih aware dengan burn out. Jadi, kita bisa lebih cepat menangani hal itu bahkan sebelum kita benar-benar burn out. Tapi, efek samping dari topik ini yang banyak dibicarakan adalah banyak juga yang menyalah artikan burn out dan malah jadi sebuah alasan.


Burn out punya tendensi terbentuk dari stres jangka panjang, nggak cuma dengan sekali ketemu deadline lalu burn out. However, if you get the burn out from your journey and you realize that it is not fun anymore, it is not something that makes you happy then maybe it is not for you. All in all, entrepreneurship is not for everyone and that is okay. You just need to know what works for you and what is not.


Kalo kamu sendiri, apakah lagi membangun usaha dan juga ada di posisi yang sama kayak Aliya? Lagi burn out tapi nggak bisa istirahat.


Kamu bisa banget, loh, dengerin episode podcast MTF yang lain karena Aliya dan Samira banyak membahas tentang entrepreneurship dan lifestyle yang bisa jadi temen kamu waktu lagi down!


Kamu juga bisa banget DM mereka berbagi cerita tentang entrepreneurship atau kasih masukan untuk podcast MTF. Kamu punya kesempatan diundang dan ngobrol bareng di episode selanjutnya kalau saran dan masukan kamu menarik, loh! Head to their Instagram @samira.shihab and @aliyaamitra!


--------------------------------------------



Cerita ini bisa kamu dengarkan juga dalam MTF Podcast


Season 2 Episode 10 - Kalo Mau Sukses, Harus Burn Out Berapa Kali?


KLIK TOMBOL PLAY DI BAWAH UNTUK DENGARKAN!





Dengarkan juga episode yang lain yuk!




NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

BOOTCAMP DAY 2 AKSI Perempuan with Tjufoo and Stellar Women | #AKSIPerempuan

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



48 views0 comments
bottom of page