top of page
  • Writer's picturestellarw

Mindset Entrepreneur yang Harus Dimiliki Sebelum Mulai Berbisnis

Apa yang ada di benakmu ketika ingin mulai berbisnis? Umumnya, ada 2 hal yang dipikirkan seseorang ketika ingin mulai berbisnis:


1. Ingin punya bisnis supaya bisa bekerja dengan santai

2. Membangun bisnis itu mudah, asalkan punya uang yang banyak


Hmm.. setelah membaca 2 hal di atas, apakah salah satu pernah terlintas di benakmu?



Jika iya, mungkin saja kamu mengalami miskonsepsi tentang berbisnis lho. Yuk, ketahui apa saja miskonsepsi yang sering dimiliki calon pebisnis!


1. Ingin punya bisnis supaya bisa kerja nyantai

Tentunya salah ya, Stellars! Berbisnis tidak akan membuat jam kerjamu menjadi lebih ringan.


Data dari Smalbiz tahun 2020 menunjukkan bahwa rata-rata entrepreneur menghabiskan waktu selama 66 jam/minggu untuk bekerja. Bila dikonversi dalam hitungan 5 hari kerja, ini setara dengan bekerja selama >13 jam per hari.


Selain itu, hasil riset overcomingthemind.com menunjukkan bahwa 62% entrepreneur mengalami depresi setidaknya seminggu sekali, ini 2x lebih besar dibandingkan populasi manusia secara umum.


2. Bikin bisnis itu gampang, asalkan punya banyak uang

Statement ini tidak sepenuhnya bisa dibenarkan, karena faktanya dari seluruh bisnis kecil yang ada di Amerika Serikat, 90% berakhir menjadi bisnis yang gagal.


Uang ini belum tentu bisa menyelesaikan masalah yang muncul di dalam bisnis, lho.


Nah, lantas mindset apa saja yang harus dimiliki oleh para entrepreneur? Simak jawabannya di sini.


1. Temukan terlebih dahulu ALASAN kamu ingin berbisnis

Ketika alasan tersebut cukup kuat untuk mendorongmu berbisnis, kamu akan menemukan cara terbaik untuk mengembangkan bisnismu. Setidaknya ada 6 alasan yang seringkali menjadi alasan seseorang untuk memulai berbisnis:


- To solve a problem

- To challenge yourself

- To create something new

- To realize your dream

- To gain recognition

- To gain financial success


Namun, bila alasanmu untuk berbisnis tidak ada di dalam list, tidak masalah ya! Selama kamu memiliki alasan yang kuat, maka pondasi bisnismu juga akan kuat.


2. Ambil langkah awal berbisnis

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dimulai. Ada 4 langkah awal yang harus kamu terapkan sebelum mulai berbisnis:


- Identify a problem that you feel driven to solve

Produk yang baik adalah produk yang bisa memecahkan masalah konsumen. Untuk tahu apakah produk yang kamu buat bisa memecahkan masalah dengan baik, kamu harus tahu secara jelas apa titik masalah konsumen.


- Find a partner

Kamu bisa mulai mencari partner bisnis ataupun mentor yang bisa memberikan masukan dan rekomendasi ide lain ketika kamu merasa stuck dalam berbisnis.


- Determine what your unique value and how you’ll add that value

Ketika masyarakat memiliki suatu masalah yang harus dipecahkan, banyak bisnis yang akan berlomba-lomba membuat produk untuk memecahkan masalah tersebut.


Jadi, kamu harus memikirkan bagaimana caranya agar konsumen lebih memilih menggunakan produkmu dibandingkan produk lain.


- Start a business with a roadmap

Kadang, kita terlalu lama berpikir saat ingin mulai berbisnis. Padahal, untuk memulai bisnis, bukan berarti kita harus mengetahui terlebih dahulu semua hal tentang bisnis.


Sebelum secara nyata terjun menjual produk, kamu bisa membuat roadmap terlebih dahulu. Tentukan rencanamu untuk 1-10 tahun ke depan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memulai bisnis karena sudah memiliki pedoman yang bisa kamu ikuti untuk 10 tahun ke depan.


Apakah kamu siap menjadi entrepreneur, Stellars?


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

BOOTCAMP DAY 2 AKSI Perempuan with Tjufoo and Stellar Women | #AKSIPerempuan

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



70 views0 comments

Comments


bottom of page