top of page
  • Writer's picturestellarw

Viral Gaji Rp6 Juta Tidak Cukup, Ini 4 Tips Mengelola Gaji Bulanan

Berapapun gaji kamu setiap bulannya, kamu tentu harus mengatur gaji bulananmu dengan baik agar gaji tersebut mampu memenuhi kebutuhan bulanan, termasuk gaji sebesar Rp6 juta.


Ngomong-ngomong tentang gaji Rp6 juta, bahasan ini sempat viral di Twitter beberapa saat lalu, akibat seseorang yang menilai nominal ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan satu bulan.



“Barusan ini bensin kena segini. Kesimpulan: Gaji 6 juta itu memang gak cukup, belum biaya sekolah anak. Ini bukan di Jakarta loh padahal,” cuit pengguna Twitter @teguhinvestor, yang menuai pro-kontra.


Sebenarnya, gaji sebesar Rp6 juta sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan, khususnya jika kamu menerapkan tips hemat dan pengelolaan keuangan yang baik.


Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengelola gaji Rp6 juta? Ini dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan, Stellars!


1. Berpikir sebelum membeli sesuatu


Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah berpikir dengan matang sebelum membeli sesuatu. Hal ini perlu kamu lakukan untuk membeli barang yang bersifat sekunder, misalnya smartphone baru.


Jangan langsung berbelanja banyak barang saat kamu menerima transferan ke rekening. Coba mulai alokasikan gaji kamu ke rekening tabungan. Jumlahnya dapat disesuaikan dengan kemampuan kamu, tapi usahakan setidaknya 10 persen dari gaji kamu ya!


2. Mengatur alokasi uang tepat setelah gajian


Jangan sampai kamu terlena dengan gaji yang kamu terima. Berusahalah untuk mengelola keuangan kamu dengan baik dengan cara membuat alokasi yang jelas, dapat berupa tabel berisikan apa saja hal penting yang harus dibelanjakan dari gaji tersebut.


Dengan demikian, kamu bisa mengetahui berapa banyak uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya.


3. Berusaha hidup sederhana


Menerapkan hidup sederhana merupakan tips cermat agar kamu tidak mudah tergoda menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting.


Sederhana bukan berarti kamu tidak bisa menikmati hasil kerja kerasmu selama ini. Prinsip sederhana bisa kamu terapkan agar segala sesuatu lebih terkontrol.


4. Ingat masa depan


Dibandingkan menghabiskan gajimu untuk berbelanja dan hanya memenuhi gaya hidup, lebih baik jika kamu berinvestasi dan mempersiapkan dana darurat.


Investasi dan dana darurat bisa sangat membantu kamu dalam mencapai tujuan keuangan, baik jangka pendek maupun panjang.


Itu dia empat tips mengelola keuangan yang bisa kamu terapkan! Semoga gajimu bisa selalu memenuhi kebutuhan bulanan yaa.


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!


KICK OFF Aksi Perempuan with Tjufoo and Stellar Women | #AKSIPerempuan

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

83 views0 comments
bottom of page