top of page
  • Writer's picturestellarw

Tren Bjorka, Ini dia 4 Cara Melindungi Akun Bisnismu dengan Mudah Tanpa Aplikasi!


awsimages.detik.net.id

Foto di atas mengingatkan kamu akan sesuatu?


Baru-baru ini media Indonesia digemparkan dengan hacker Bjorka. Ia diduga berhasil meretas website Kominfo dan menyebarkan data-data pribadi Johnny G Plate, Menteri Kominfo.


Apa yang ada dipikiranmu saat itu?


Kominfo aja yang badan besar bisa kena hack, lalu gimana dengan badan yang lebih kecil atau orang biasa yang tentunya perlindungan akun dan datanya lebih rawan untuk dibobol?


Meskipun kemungkinan akun kamu akan dibobol oleh orang yang ada cenderung kecil, nggak ada salahnya kamu waspada, loh! Apalagi kalau akunmu menyimpan data-data bisnis yang kamu jalankan.


Ini dia 4 tips mudah untuk mengamankan akun bisnismu!


1. Password

Gunakan kombinasi angka dan huruf yang tidak ada kaitannya dengan data pribadimu dan cenderung rumit. Semakin mudah susunan password-mu berarti semakin rendah juga keamanan akunmu. Selain itu, ganti password akunmu secara berkala sehingga semakin sulit untuk ditebak.


2. Verifikasi 2 langkah

Apabila akunmu memiliki fitur verifikasi dua langkah, gunakan dan manfaatkan fitur tersebut. Verifikasi ini digunakan saat ada percobaan log in di akunmu dan kamu diharuskan untuk memberikan persetujuan bahwa kamu tahu dan sadar apabila ada yang sedang melakukan log in tersebut.


3. Penggunaan device

Hindari menggunakan device yang digunakan bersama/device dengan penjagaan yang buruk untuk akunmu, karena semakin banyak yang menggunakan device tersebut semakin sulit kamu melakukan tracking siapa saja yang mengakses akunmu.


4. Jangan asal buka link

Tindakan pembobolan tidak hanya dilakukan secara langsung dengan menyerang akunmu tetapi bisa juga melalui pancingan seperti dokumen atau link. Pastikan sebelum membuka, link/dokumen datang dari orang yang kamu percaya dan betul-betul ia kirimkan. Apabila ternyata kamu salah membuka link, link tersebut bisa mengakses seluruh data di device-mu. Hal ini biasa dinamakan dengan phising.


Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran data tanpa harus menggunakan aplikasi tertentu.


Dengan meningkatkan kewaspadaanmu, tentunya kamu bisa menurunkan angkat kemungkinan kebocoran data dari akun bisnismu, loh!


Tapi, nggak berhenti di situ, ada baiknya kamu juga mengingatkan atau menyebarkan cara ini ke orang-orang terdekatmu, ya. Karena, masih banyak, loh, yang belum sepenuhnya aware terhadap bahaya dari kebocoran data dan bagaimana cara mencegahnya!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Jadi Women Leader Harus Berani Speak Up! feat. Grace Surya | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

27 views0 comments
bottom of page