top of page
  • Writer's picturestellarw

7 Jenis Pendanaan Startup yang Wajib Kamu Ketahui

Startup adalah jenis perusahaan yang masih berada pada tahap awal bisnis. Umumnya, startup membutuhkan berbagai jenis pendanaan untuk mendukung operasionalnya.


Nah, jenis pendataan ini bisa berasal dari mana saja, baik itu dari individu, maupun dari instansi, seperti, uang pribadi, bantuan dari teman, keluarga, pinjaman, hingga pemodal ventura, dan investor lainnya.


Setiap pendanaan pastinya memiliki perbedaan satu sama lain, hingga kekurangan dan kelebihannya masing-masing.



Sebelum memutuskan untuk menerima pendanaan, ketahui jenis-jenisnya dulu, yuk!


1. Uang Pribadi

Jenis pendanaan startup yang pertama berasal dari uang pribadi, bisa berbentuk uang atau aset pribadi lainnya. Menggunakan uang atau aset pribadi membuat kamu tidak berhutang kepada orang lain. Hal ini juga membuat kamu lebih leluasa untuk mengelola keuangan.


Namun, pendanaan jenis ini bissa membawa malapetaka untuk diri sendiri karena jika gagal, seluruh uang pribadi akan hilang sia-sia begitu saja.


2. Uang dari Pasangan, Teman, atau Keluarga

Uang orang lain, baik dari pasangan, teman, atau keluarga juga bisa menjadi sumber pendanaan bisnis startup yang sedang kamu bangun.


Pinjaman dari mereka harus kamu bayar di kemudian hari saat bisnismu sudah berhasil memperoleh keuntungan.


Pendanaan dari orang terdekat menjadi salah satu jenis sumber pembiayaan termudah, tetapi berpotensi menimbulkan masalah jika mereka meminta kamu untuk membayar hutang secepat mungkin.


Hal terburuk yang mungkin terjadi adalah hubungan yang kamu jalani dengan mereka bisa menjadi kurang baik.


3. Pemodal Ventura

Modal ventura adalah pendanaan yang diinvestasikan pada perusahaan startup dan usaha kecil yang biasanya berisiko tinggi, tetapi memiliki potensi pertumbuhan eksponensial.


Tujuan dari investasi modal ventura adalah pengembalian yang sangat tinggi bagi perusahaan modal ventura, biasanya dalam bentuk akuisisi startup atau IPO.


Jika ingin berkembang pesat dan cepat, modal ventura adalah pilihan yang baik untuk kamu. Akan tetapi, mendapatkan pemodalan dalan modal ventura tidaklah mudah karena biasanya, pemodal ventura mencari bisnis dan perusahaan yang berbasis teknologi dengan potensi pertumbuhan tinggi di sektor-sektor penting, seperti teknologi informasi, komunikasi, dan bioteknologi.


Pendanaan dari ventura pun akan memberi kredibilitas bisnis hingga membuka pintu lain ke jaringan yang lebih luas dan mempertemukan kamu dengan berbagai individu penting lainnya.


4. Investor Malaikat

Investor malaikat atau yang juga disebut dengan angel investors merupakan jenis pendanaan startup yang berasal dari individu kaya atau pensiunan eksekutif perusahaan yang berinvestasi langsung di perusahaan milik orang lain.


Investor malaikat sering kali tidak hanya menyumbangkan pengalaman dan jaringan kontak mereka, tetapi juga memberikan pengetahuan teknis dan/atau manajemen bisnis.


Sebagai imbalan untuk mempertaruhkan uang mereka, mereka berhak untuk mengawasi praktik manajemen perusahaan.


5. Inkubator Bisnis

Jenis pendanaan startup selanjutnya, yakni inkubator bisnis.


Inkubator bisnis atau akselerator umumnya berfokus pada sektor teknologi tinggi dengan memberikan dukungan untuk bisnis baru dalam berbagai tahap pengembangan.


Umumnya, inkubator bisnis akan mencari bisnis yang potensial pada masa depan dan perusahaan pemula lainnya untuk berbagi tempat, serta sumber daya administratif, logistik dan teknis mereka.


6. Hibah dan Subsidi Pemerintah

Ternyata, dalam mendirikan startup, kamu juga bisa memeroleh pendanaan dari hibah dan subsidi pemerintah.


Instansi pemerintah biasanya menyediakan pembiayaan seperti hibah dan subsidi yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis.


Hibah adalah uang yang tidak memerlukan transfer saham sebagai timbal baliknya. Namun, untuk mendapatkan pendanaan ini, kamu mungkin perlu memenuhi berbagai kriteria khusus.


7. Crowdfunding

Crowdfunding adalah bentuk pembiayaan di mana sejumlah besar individu akan membiayai perusahaan dengan sejumlah kecil uang.


Biasanya, dana yang diperoleh dari crowdfunding menawarkan imbalan pada orang yang telah menyumbangkan sebagian kecil uang mereka. Misalnya, memberikan hasil produk pertama dari bisnis atau imbalan lain dengan besaran uang minimal yang telah ditentukan.


Nah, itu dia beberapa jenis pendanaan yang wajib kamu ketahui! Sekarang, apakah kamu ingin segera mendapatkan pendanaan bisnis?



Ikuti Business Incubator - AKSI Perempuan dan raih kesempatan untuk mendapatkan pendanaan hingga lebih dari 1 miliar Rupiah! Program ini cocok untuk kamu yang kesulitan mencari pendanaan, tidak memiliki mentor, atau mungkin merasa tidak mempunya support system untuk mengembangkan bisnismu.


Cek info selengkapnya dan segera daftarkan dirimu di sini!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Jadi Women Leader Harus Berani Speak Up! feat. Grace Surya | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

Commentaires


bottom of page