top of page
  • Writer's picturestellarw

Road to Harbolnas 2023: Tips Persiapan 12.12 Dari Ahli Yang Perlu Pengusaha Tahu!

Memasuki bulan desember, bentar lagi ada event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 12 nih. Tidak dapat dipungkiri, momen Harbolnas ini menjadi momen penting bagi pemilik bisnis. Banyak bisnis berlomba-lomba memanfaatkan harbolnas untuk menaikkan traffic mereka, baik berupa penjualan maupun awareness.


Transaksi harbolnas dari tahun 2017 sampe 2022 terus meningkat seiring pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Tahun 2022, nilai transaksi secara nasional untuk Harbolnas 2022 mencapai 22,7 triliun. Riset market share untuk FMCG menyebutkan bahwa selama Harbolnas 2022, Shopee memimpin persaingan di pasar produk FMCG dengan market share 66%, diikuti oleh Tokopedia sebesar 29.8%, dan Blibli sebesar 4.2%.


Kiki Rizki Amalia, Data Analyst dan juga Co-Founder Firstat Indonesia, memprediksi adanya kenaikan jumlah transaksi untuk Harbolnas 2023.


Prediksinya akan tetap naik kok. Karena dari laju pertumbuhan ekonomi juga naik. Sebenarnya dari demand ada dan ada potensi. Tapi paling perlu riset lebih dalam apa yang konsumen inginkan. Udah gak bisa memanfaatkan impulsive buying. Tapi tetap bisa memanfaatkan momen harbolnas kok.


Dampak Harbolnas Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Tingginya perputaran transaksi harbolnas, memberikan pengaruh positif bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.


1. Mendongkrak daya beli masyarakat.

Dengan perekonomian Indonesia yang semakin bertumbuh dan keberagaman produsen yang semakin marak mengikuti tren harbolnas, daya beli masyarakat pun akan meningkat.


2. Mendorong digitalisasi UMKM.

Dengan animo masyarakat yang tinggi terhadap harbolnas, banyak UMKM juga turut menyesuaikan pasar dengan memulai go digital dan melakukan penjualan secara online.


3. Mendorong daya saing produk lokal.

Beberapa tahun ke belakang, produk lokal memang sedang mencuri perhatian pasar. Ditambah adanya program subsidi promo yang akan diberikan terhadap produk lokal pada harbolnas 2023 mendatang, akan semakin mendorong daya saing produk lokal.


4. Mendukung pertumbuhan ekonomi.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang selalu meningkat setiap tahunnya, adanya momen harbolnas yang meningkatkan laju transaksi, akan semakin menguatkan pertumbuhan ekonomi negeri.

Secara keseluruhan, penyelenggaraan harbolnas membantu dalam mendorong majunya ekosistem ekonomi digital di Indonesia secara menyeluruh. Mulai dari segi penjualan, daya saing, nilai transaksi dan kemudahan bagi konsumen.


Saat momen harbolnas, animo masyarakat tinggi disebabkan oleh kemampuan daya beli yang meningkat. Adanya momen anggaran akhir tahun, bonus akhir tahun, gaji ke-14, dan lain sebagainya membuat demand masyarakat meningkat.


Menurut Annisa Herdyana, CEO DS Modest, adanya harbolnas sangat mempengaruhi penjualan.

Dulu tuh bisa sampe 5-6 kali lipat dari penjualan bulan biasa. Kalo di shopee, setiap bulan ada promo tanggal kembar. Biasanya kalo di tanggal kembar, di DS Modest paling mentok 3 kali dari average penjualan biasa. Tapi kalo di harbolnas kita bisa expect di 5 kali.


Persiapan yang Perlu Dilakukan Pengusaha Menjelang Harbolnas 2023

Harbolnas 2023 akan dilaksanakan selama 3 hari, yaitu dari tanggal 10, 11, hingga 12 Desember 2023. Sebagai pemilik usaha, kamu bisa bergabung dengan berbagai program yang ditawarkan setiap e-commerce. Namun tidak hanya itu. Kamu juga bisa memanfaatkan momen harbolnas melalui campaign di sosial media, website, whatsapp, dan channel berjualan apapun yang kamu miliki. Semua itu tergantung kreativitasmu! Tak hanya penjualan, momen harbolnas ini juga memberikan exposure tambahan bagi sebuah brand.

Namun untuk mengikuti program harbolnas, ada persiapan yang perlu kamu lakukan:

  1. Bangun komunikasi dengan account manager di marketplace terkait dengan program promosi yang ditawarkan. Setiap kategori seller di setiap marketplace, memiliki program dan treatment yang berbeda-beda. Komunikasikan secara komprehensif program yang bisa kamu manfaatkan.

  2. Selain menggunakan program promosi dari marketplace, kamu juga bisa menyiapkan beberapa program promosi secara mandiri. Hal ini bisa kamu gunakan untuk boost penjualan di channel lain.

  3. Menjelang harbolnas kamu perlu memperhatikan stok. Pastikan stok yang ditampilkan ke konsumen bisa dipenuhi. Pertimbangkan juga apakah perlu ada penambahan stok.

  4. Prediksi produk-produk yang akan jadi best seller atau yang akan kita naikan dengan promo tertentu. Kamu bisa meningkatkan produksi untuk mendukung penjualan produk tersebut.

  5. Kemudian yang tidak kalah penting adalah kesiapan SDM dan timnya. Dari mulai tim di sales, warehouse, admin yang mengurus konfirmasi pembayaran, dan lain-lain. Hal ini penting dilakukan agar semua prosesnya bisa lancar dan meminimalisir kesalahan pengiriman.

  6. Terakhir, jadikanlah pengalaman harbolnas menjadi bahan evaluasi bagi bisnis kamu. Tak hanya membawa manfaat bagi traffic brand, momen ini bisa kamu jadikan pembelajaran agar mengetahui area mana saja yang perlu kamu perbaiki dari sisi brand.



Annisa Herdyana, CEO DS Modest berbagi pengalamannya yang setiap tahun selalu mengikuti program harbolnas.

Dulu, pertama mengikuti kewalahan. Karena dulu sistemnya gimana, kita baru pertama kali belum ada pengalaman. Waktu itu sistemnya belum pake omnichannel juga. Yang terjual di marketplace ternyata stoknya gak ada. Komplain, pertanyaan bertubi-tubi yang harus dijawab di waktu yang sangat semput. Sempat overwhelmed sih. Staf warehouse dan packing kita saat itu juga masih dikit banget, kerjasama dengan ekspedisi juga baru banget, jadi dari pihak ekspedisi belum menganggap serius. Jadi lumayan kewalahan kita. Dulu tuh kita tembus 100 paket sehari tuh udah seneng banget.


Jadi, sudah siapkah kamu mengikuti program harbolnas dan memanfaatkannya sebaik mungkin? Selain tips di atas, kamu perlu memberikan perhatian khusus nih terhadap dua poin berikut:

  • Strategi penjualan dan promosinya.

Pikirkan dengan matang bagaimana kamu akan memanfaatkan momen harbolnas 12.12 ini. Apakah untuk menghabiskan dead stock, mendorong penjualan produk baru, meningkatkan awareness, atau launching produk. Ini saat yang baik untuk memaksimalkan itu karena traffic sedang tinggi.

  • Persiapan force majeure.

Persiapkan segala sesuatunya lebih awal. Gunakan satu atau dua minggu sebelumnya untuk benar-benar memastikan kesiapan produk, tim, dan lain-lain. Hal ini penting untuk meminimalisir komplain dan review-review yang akhirnya menurunkan performa di marketplace.

Tren perilaku konsumen saat menghadapi harbolnas ini adalah menunda pembelian kebutuhan di waktu sebelumnya untuk mendapatkan deal terbaik di akhir tahun. Serta untuk mengisi stok kebutuhan dengan memanfaatkan promo yang diberikan.


Di harbolnas 2022 lalu, fashion dan pakaian olahraga menduduki peringkat pertama pembelian sebesar 81%, diikuti oleh pembelian kosmetik sebesar 58% dan personal care sebesar 40%. Prediksinya untuk harbolnas 2023 kategori yang akan ramai adalah tetap di lini kosmetik atau skincare dan gadget.




BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

MODAL NON UANG UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS | Stellar Learning Events

 


6 views0 comments
bottom of page