top of page
  • Writer's picturestellarw

Kapan Waktu yang Tepat untuk Punya Kartu Kredit?

Bagi Stellars yang sudah memiliki penghasilan tetap, pasti sudah memiliki kartu ATM kan? Nah, apa kamu tergiur juga untuk punya kartu kredit?


Sebenarnya kartu kredit gak bakal bikin kamu boros kok, asalkan kamu tahu persis keperluan-mu untuk menggunakan kartu kredit tersebut.


Nah, kalau kamu bingung kapan waktu yang tepat untuk punya kartu kredit, simak artikel di bawah ini untuk bantu kamu mempertimbangkan memiliki kartu kredit!



1. KARTU KREDIT PENOLONG AGAR CASH-FLOW TETAP TERJAGA

Bayangkan bila kamu terkena musibah atau memerlukan keperluan mendadak, misal: kucing peliharaan tiba-tiba sakit atau kendaraanmu harus ke bengkel. Nah, daripada menggunakan uang tabungan, ada baiknya kamu menggunakan kartu kredit.


Mengapa? Karena dengan adanya kartu kredit, kamu bisa membayar kebutuhan mendesak tanpa perlu merusak cash flow-mu.


Contoh, alokasi penghasilan-mu terbagi menjadi beberapa hal berikut:

  • 50% biaya hidup sehari-hari

  • 20% biaya gaya hidup

  • 10% investasi

  • 10% tabungan

Dari alokasi di atas, tidak ada budget untuk kebutuhan mendesak bukan? Nah, disinilah kartu kredit bisa berperan menjadi penolongmu. Dengan begitu kamu bisa tetap membayar kebutuhan mendesak tanpa harus mengurangi budget alokasi penghasilanmu.


2. BELI BARANG YANG KAMU MAU DENGAN CICILAN 0%

Apa kamu saat ini sedang ingin membeli handphone baru? Atau mungkin laptop baru? Daripada mengumpulkan uang terlebih dahulu, lebih baik kamu menggunakan cicilan kartu kredit.


Kenapa? Karena saat ini banyak Bank penyedia kartu kredit yang menyediakan bunga cicilan 0%, sehingga kamu tidak perlu membayar cicilan melebihi harga normal gadget tersebut.


Nah sebagai gantinya, daripada uang yang sudah kamu kumpulkan dibelikan untuk gadget baru, lebih baik kamu mengalihkan uang tersebut ke instrumen investasi, sehingga kamu bisa mendapatkan gadget baru sekaligus passive income dari instrumen investasi.



3. MUDAH DIGUNAKAN UNTUK TRANSAKSI DI LUAR NEGERI

Bagi kamu yang sering travelling ke luar negeri, pasti rumit kan bila harus membeli dollar atau pergi ke money changer untuk membeli mata uang negara tersebut. Nah, kartu kredit bisa menjadi solusinya!


Perlu diketahui bahwa kartu kredit visa bisa digunakan di seluruh negara. Jadi, kamu tidak perlu menukar uangmu dengan mata uang negara lain ketika sedang bepergian ke luar negeri.


Selain itu, dengan adanya kartu kredit, kamu juga tidak perlu membawa banyak uang cash saat sedang bepergian di luar negeri. Lebih aman dan nyaman bukan?

Tapi, tetap pastikan yaa kamu menyimpang kartu kreditmu dengan aman dan jangan pernah memperlihatkan nomor CVV yang tertera di kartu kreditmu kepada siapapun.


Syarat Umum Memiliki Kartu Kredit

Nah bila kamu sudah mempertimbangkan dengan matang untuk memiliki kartu kredit, ini syarat umum yang harus kamu penuhi terlebih dahulu yaitu:

  1. Berusia 21-65 Tahun

  2. Memiliki penghasilan per-tahun minimal 36 Juta Rupiah atau minimal 3 Juta Rupiah/bulan

  3. Memiliki KTP

  4. Memiliki NPWP

  5. Memiliki Slip Gaji/SPT Pajak

Bila syarat umum ini sudah kamu penuhi, silakan mengunjungi bank yang kamu pilih untuk membuat kartu kredit yaa!


NOTES FOR STELLARS!


Itu dia Stellars keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan kartu kredit. Ingat! pergunakanlah kartu kredit sesuai kebutuhan dan jangan jadikan kartu kredit sebagai sumber dana untuk memenuhi gaya hidup hedon yaa..


22 views0 comments
bottom of page