top of page
  • Writer's picturestellarw

Ini Dia 5 Leadership Style di Dunia Kerja! Yuk, Cari Tahu Kamu Tipe Apa!


Setiap pemimpin tentunya punya style dan gaya memimpin masing masing. Mengetahui leadership style akan sangat membantu agar kamu bisa memberikan bimbingan dan feedback yang sesuai untuk karyawanmu.


Selain itu kamu juga bisa lebih mudah untuk mengerti jalan pikiranmu sendiri, bagaimana kamu membuat sebuah keputusan, dan strategi yang bisa kamu lakukan ketika harus membuat keputusan.


www.salesforce.com

Pengen tahu leadership style-mu? Simak di bawah ini, ya, Stellars!


1. Democratic Leadership

Leadership style ini adalah salah satu yang paling efektif karena secara natural bisa membuat banyak orang untuk berpartisipasi di dalam prosesnya dan memberikan pendapatnya karena anggotamu tahu kamu akan mendengarkan. Meskipun pada akhirnya kamu sebagai seorang pemimpin yang akan mengambil keputusan, tetapi kamu memberikan anggotamu kesempatan yang sama rata untuk memberikan pendapatnya tentang sebuah permasalahan.


2. Transformational Leadership

Biasa juga dikenal dengan visionary leaders karena sebagai seorang pemimpin kamu memiliki kemampuan untuk melihat tujuan organisasi dan gambaran secara meluas. Tipe ini akan sangat membantu ketika kamu ada di lingkungan yang “fast-paced” karena sebagai seorang visionary leader kamu bisa mendorong anggotamu untuk keluar dari zona nyaman mereka.


3. Laissez-Faire Leadership

Bahasa Perancis dari laissez-faire adalah let them do dalam bahasa Inggris. Intinya, para pemimpin dengan tipe ini lebih senang untuk mendorong dan menyerahkan otoritas penuh ke anggotanya. Mereka percaya dengan bahwa anggotanya juga bisa menimbang baik dan buruk sebuah permasalahan dan bisa memutuskan tindakan sendiri.


4. Coaching Leadership

Biasanya tipe ini dipandang sebagai pemimpin yang baik dalam mengembangkan “bibit-bibit” anggotanya. Tipe ini sering memberi arahan kepada anggotanya untuk menyadari kekuatan dan kekurangan mereka sehingga bisa memanfaatkan itu untuk meraih potensi tertinggi mereka sebagai seorang individu maupun anggota dalam tim.

5. Affiliative Leadership

Tipe ini sering kali mengedepankan anggotanya terlebih dahulu. Kalau kamu termasuk tipe ini, kamu biasanya akan memiliki kapasitas lebih untuk memperhatikan anggotamu lebih jali dan sering memberikan baik dukungan emosional maupun profesional yang mereka butuhkan. Tipe ini sangat dibutuhkan ketika sebuah tim sedang berada di situasi yang cenderung punya tekanan tinggi.


Itu dia 5 leadership style yang banyak ditemui di dunia kerja. Nah, dari karakteristik yang kamu baca, kamu cenderung cocok dengan leadership style apa nih, Stellars?


Kalau kamu sudah mengetahui leadership style-mu, kamu bisa terus mengasah dan menemukan kekuatan terbaikmu sebagai seorang pemimpin dan membawa timmu untuk mencapai tujuan akhir kalian, ya!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Waktunya Bangun Bisnismu di Tahun 2023! | #StellarPowerAccelerator

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



54 views0 comments

Comments


bottom of page