top of page
  • Writer's picturestellarw

Peluang Usaha Freelance yang Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga


Sumber gambar: freepik.com


Hai Stellars! Tahukah kamu bahwa menjadi perempuan yang bekerja seringkali menjumpai banyak hal yang menantang perjalanan karir mereka. Salah satu tantangan perempuan bekerja adalah saat menikah dan memiliki anak. 

Dalam research yang dilakukan oleh That Works For Me tahun 2022, sebanyak 848 ibu dari seluruh bagian Inggris membagikan pengalaman mereka tentang apa yang terjadi pada karier mereka setelah memiliki anak.


Laporan tersebut menunjukkan bahwa hanya 24% perempuan kembali bekerja full time setelah memiliki anak. Dari 24% tersebut, 79% akhirnya berhenti karena tidak dapat mempertahankan peran pekerjaan full time sambil memiliki bayi. 


Research tersebut, memvalidasi rahasia umum bahwa bekerja full time sambil memiliki anak adalah hal yang mustahil bagi sebagian besar perempuan.




Jenis Pekerjaan Freelance Dapat Menjadi Solusi

Namun berbagai alasan dan kondisi dapat menyebabkan perempuan memiliki keinginan untuk bekerja. Jika pekerjaan full time terlalu sulit, kamu bisa mencoba beberapa ide freelance untuk ibu rumah tangga.

Menurut situs Entrepreneur, persentase perempuan yang menjadi pekerja lepas dibanding laki-laki memang lebih banyak yaitu 53%. Sebagian karena tanggung jawabnya sebagai seorang ibu dan istri.


Terdapat beberapa jenis freelance job yang cocok untuk ibu rumah tangga. Tentunya pekerjaan ini bisa kamu kerjakan dari rumah. Kamu bisa mendapatkan cuan tambahan sekaligus mencari kesibukan selain mengerjakan pekerjaan rumah tangga.


Berikut ide pekerjaan freelance bagi ibu rumah tangga yang bisa kamu lakukan:

1. Penulis konten

Pekerjaan ini sangat cocok buat kamu yang hobi nulis dan juga membaca. Ada banyak tipe dalam pekerjaan ini, mulai dari content SEO writer, copywriter, technical writer, UX writer, dan juga ghostwriter. Dengan beragamnya tipe pekerjaan, hal ini membuka kesempatan untuk penulisan konten tentang topik apa pun. Kamu bisa menyesuaikan latar belakang yang kamu kuasai dengan topik yang bisa kamu tulis.


2. Virtual assistant

Saat ini menjadi virtual assistant mulai banyak diminati sebagai ide freelance bagi ibu rumah tangga. Virtual Assistant adalah sebuah pekerjaan yang dikerjakan secara daring terkait administratif, teknis, maupun pemasaran untuk sebuah bisnis. Terdapat banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang virtual assistant, contohnya menjadi asisten pribadi, mengelola email, entri data, riset konten, dan lainnya.


3. Makeup artist

Hampir semua perempuan menyukai makeup. Tidak sedikit pula yang mempelajarinya untuk mengaplikasikan kepada orang lain. Tingginya permintaan terhadap riasan membuat jenis pekerjaan ini banyak diminati. Sebagai makeup artist, kamu akan mendapatkan pengalaman merias dalam acara pernikahan, wisuda, pesta, dan acara lainnya. Kamu juga bisa memperluas koneksi melalui berhubungan dengan wedding organizer.


4. Guru pengajar online

Dengan kemajuan teknologi, kini banyak hal bisa dilakukan secara daring atau online, salah satunya dalam proses belajar. Jika kamu memiliki keahlian di bidang tertentu, ini adalah pilihan yang pas. Kamu dapat menjadi guru, baik les privat maupun melalui institusi pembelajaran online. Melalui platform online seperti Zoom dan Google Meet memudahkan proses belajar mengajar jarak jauh.


5. Penjual online

Jika kamu memiliki bakat dalam berjualan, ide bisnis freelance ini bisa kamu coba. Kamu bisa membuka toko online di berbagai platform e-commerce. Pilihan produk yang dapat kamu jual pun bervariasi, hasil olahanmu sendiri, maupun dari pihak lain.


6. Social media specialist

Jika kamu sangat mengikuti tren sosial media, pintar berkomunikasi, mengetahui cara menggunakan berbagai analysis tools, dan juga memiliki keahlian di bidang desain komputer, maka pekerjaan ini cocok untukmu. Sebagai social media specialist, kamu memiliki tugas memasarkan produk klien dengan membuat konten yang bernilai dari segi isi maupun visual, mengelola media sosial, berkomunikasi dengan para pengikut di medsos, dan lainnya.


Memulai Pekerjaan Freelance

Dari beberapa ide pekerjaan freelance di atas, kira-kira mana nih yang paling cocok dengan kamu? Buat Stellars yang baru memulai jenis pekerjaan freelance, ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:


1. Membuat portofolio

Mulailah membuat resume dan juga portofolio hasil karya kamu. Portofolio ini akan menjadi modal untuk menunjukan kemampuan dan pengalaman kamu.


2. Menggunakan berbagai platform online

Saat ini telah banyak platform online yang menyediakan lowongan pekerjaan freelance. Gunakan website seperti Freelancer, Sribulancer, dan lainnya untuk memulai karir freelance-mu.


3. Menjaga komunikasi dengan klien

Bagian penting dari pekerjaan freelance adalah membangun hubungan baik dengan klien yang menggunakan jasamu.  Pastikan kamu menjalin komunikasi yang baik demi kelancaran dan keberlanjutan pekerjaan.


4. Menepati deadline

Tantangan menjadi seorang freelancer adalah berkaitan dengan waktu. Kamu harus pintar mengatur waktu terhadap beberapa pekerjaan dari klien yang berbeda dan juga pekerjaan rumah tangga yang menanti. Menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline yang ditentukan adalah hal penting untuk menimbulkan kesan yang baik.


 

Pelajari lebih lanjut mengenai cara menjalin hubungan baik dengan klien, di e-book ini.

 

Pentingnya Manajemen Waktu

Apakah kamu sudah siap memulai pekerjaan freelance? Meskipun tidak sesulit pekerjaan full time yang memerlukan dedikasi dan komitmen penuh, menjalani pekerjaan freelance juga memiliki tantangan tersendiri.


Tantangan terbesar menjadi freelancer adalah dalam hal manajemen waktu. Kamu harus pintar mengatur waktu terhadap beberapa pekerjaan dari klien yang berbeda dan juga pekerjaan rumah tangga yang menanti. 


Kamu tidak memiliki atasan ataupun sistem yang bisa mengingatkan daftar pekerjaan kamu. Maka kamu harus menyusun sendiri skala prioritas kamu dalam melakukan pekerjaan. Hal ini termasuk dengan pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak ya. Komunikasikan kepada pasangan atau keluarga terkait pekerjaan yang sedang kamu lakukan dan koordinasikan peran dalam keluarga.


Kamu juga sebaiknya jangan terlalu bersemangat mengambil banyak pekerjaan yang bisa membuat kamu kewalahan. Jika terdapat pekerjaan yang terbengkalai, pada akhirnya kamu yang akan mengalami kerugian.





11 views0 comments

Comments


bottom of page