top of page
  • Writer's picturestellarw

Outsourcing 101: Pakai Outsourcing untuk Meningkatkan Performa Bisnismu

Bisnis sedang berkembang cepat, meningkatkan performa bisnismu, tapi kamu juga ingin menekan biaya operasional. Mungkin nggak, sih?!


Mungkin aja, loh! Outsourcing adalah solusinya!


Yuk, simak apa sih outsourcing itu dan apa aja keuntungannya!


indoservice.co.id

Apa Itu Outsourcing?


Outsourcing adalah alternatif untuk menggunakan tenaga kerja dari pihak ketiga untuk mengerjakan sebuah pekerjaan tertentu dalam perusahaan/bisnis. Biasanya pekerja outsourcing disediakan oleh pihak ketiga atau perusahaan penyedia jasa outsourcing.


Contoh Pekerjaan Apa yang Bisa Menggunakan Outsourcing?


Kebanyakan outsourcing dilakukan untuk pekerjaan yang tidak berkaitan dengan bagian produksi atau yang biasa dianggap “pekerjaan utama”. Contohnya adalah penjaga kebersihan, keamanan, penyedia makanan atau catering, kurir atau pengemudi, petugas call center, dan facility management. Namun, terkadang outsourcing juga bisa digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan, manufaktur, HR, IT, dan finance.


Bagaimana Cara untuk Melakukan Outsourcing?


Perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dari outsourcing bisa melakukan perjanjian dengan perusahaan outsourcing. Para pekerja outsourcing nantinya akan menandatangani 2 kontrak, yang pertama dengan perusahaan outsourcing yang nantinya akan menyalurkan mereka yang kedua kontrak dengan perusahaan tempat mereka akan bekerja.


Menurut peraturan UU outsourcing terbaru, Pasal 18 Ayat (1) PP No 35 Tahun 2021, perusahaan yang ingin merekrut pekerja outsourcing harus melalui dua sistem kontrak yaitu Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PWKT) dan Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT).


Kenapa Harus Pakai Outsourcing?


1. Mengurangi biaya operasional dan biaya pelatihan karena biasanya pekerja sudah memiliki kebutuhan yang dibutuhkan perusahaan.

2. Mengurangi beban recruitment karena perusahaan bisa mendapatkan pekerja tanpa harus melakukan seleksi karyawan sendiri.

3. Menghemat waktu dan tenaga tanpa harus melakukan pelatihan khusus pekerjaan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan inti.

4. Memiliki kontrak yang fleksibel karena terkadang kamu hanya membutuhkan pekerja di waktu-waktu tertentu saja misalnya peak season.


Kapan Harus Menggunakan Outsourcing?


1. Saat kamu merasa perusahaan atau bisnismu memiliki work load yang lebih banyak dibanding waktu yang dipunyai untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut.

2. Saat perhatian perusahaanmu sudah mulai teralihkan ke hal non-bisnis atau core bisnismu.

3. Saat bisnismu berkembang dengan pesat. Saat kamu merasa harus mengekspansi bisnismu dan mengembangkan bisnismu tanpa harus membuat tim yang sudah ada mengerjakan pekerjaan di luar tanggung jawab awal mereka, outsourcing adalah alternatif yang baik untuk waktu yang terhitung singkat.


Nah, itu dia penjelasan singkat tentang outsourcing, Stellars!


Hm.. Setelah baca penjelasan di atas kira-kira bisnismu sedang butuh outsourcing nggak, ya? Atau kamu justru sedang baru mulai membangun bisnis?


Kalau gitu, nggak perlu khawatir! Stellar Women got your back! Kamu bisa juga loh bangun bisnismu sendiri dari 0 dengan Stellar Business Workbook Step-Up Your Business!


Nggak cuma dapet full materi, kamu juga bisa dapet worksheet dan case study untuk permasalahan-permasalahan yang mungkin akan kamu hadapi saat menjalani bisnismu, loh!


Dapatkan Workbook Stellar hanya di https://www.stellarw.com/workbook



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

CARA CARI TEMAN DI UMUR 30AN | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



14 views0 comments

Comments


bottom of page