top of page
  • Writer's picturestellarw

Mengintip Rare Beauty: Dari Kehadiran hingga Kesuksesannya


Stellars, sudah pernah memakai atau paling tidak mendengar mengenai Rare Beauty? Nah, beberapa waktu yang lalu Rare Beauty sudah masuk pasar Indonesia secara resmi, loh. Yuk, kita kupas brand kecantikan yang laku keras ini!



Sumber: https://www.hellomagazine.com/hfm/20230112161669/rare-beauty-selena-gomez/


Awal Mula Rare Beauty


Beberapa tahun terakhir, brand make up dan skin care menjamur dan berkembang pesat sekali. Para selebriti atau influencer pun tidak mau ketinggalan dalam riuh rendah menyoal industri ini. Sebut saja Kylie Jenner, Rihanna, dan Ariana Grande. Ternyata, begitu pula dengan Selena Gomez, dia pun tertarik untuk memiliki make up line sendiri.


Pada 4 Februari 2020, Selena Gomez mengumumkan lewat media sosialnya bahwa dia akan meluncurkan make up brand bernama Rare Beauty. Untuk Stellars yang belum familiar dengan Selena Gomez, dia adalah penyanyi dan aktris dari Amerika Serikat. Dia sudah masuk ke dunia hiburan sejak masih belia dan hingga sekarang penggemarnya ada banyak sekali. Sampai saat ini, dia pun masih aktif berakting dan bernyanyi. Beberapa bulan pasca Selena mengumumkan proyek terbarunya ini, Rare Beauty bisa didapatkan di Sephora Amerika Utara dan situs resmi mereka pada September 2020.


Beberapa produk awal yang dipromosikan oleh Rare Beauty antara lain adalah foundation dan concealer yang inklusif dengan menghadirkan 48 shades, maskara yang tidak menggumpal (clump), serta liquid blush. Sekarang, produk telah berkembang lebih banyak lagi, antara lain ada lip liner serta lip oil. Bahkan, tidak hanya make up loh, tapi mereka juga memproduksi cermin, kalendar, serta pakaian (seperti hoodie dan sweatpants).



Apa yang membedakan Rare Beauty dengan brand-brand make up yang sudah ada lainnya?


Begitu banyaknya make up brands di pasaran, terkadang pembeli suka bingung ya mau beli yang mana? Apa sih yang membedakan Rare Beauty dengan brand lainnya?


Nilai-nilai Rare Beauty yang terlihat jelas dari brand messaging yaitu inner beauty dan self-expression. Selena Gomez menekankan bahwa menjadi rare itu artinya kita nyaman dengan diri kita sendiri. Rare Beauty menekankan pada menjadi nyaman dengan menjadi diri sendiri, tidak lagi membandingkan diri dengan orang lain, dan bangga dengan keunikan diri.


Selena berperan sangat besar dan sentral dalam berkembang pesatnya Rare Beauty, dia kerap hadir dalam konten-konten Rare Beauty. Dia adalah wajah dari Rare Beauty. Dia tidak malu-malu mengakui kerentanannya dan terbuka menyoal penyakit mental yang dia alami. Dia juga tidak ragu-ragu menunjukkan sisi dirinya yang tidak glamour dan sempurna. Ini memberikan kesan bahwa Selena Gomez seperti kita; Selena relatable dengan target audiens.


Rare Beauty tidak mau hanya ikut-ikutan tren make up saja, mereka ingin menciptakan everyday products untuk semua orang terlepas dari apa warna kulit mereka. Simpel, inklusif, serta jujur menjadi kata kunci yang mendasari perkembangan brand ini. Ini juga yang membuat customers mencintai Rare Beauty.


Rare Beauty pun membawa gagasan untuk mereduksi stigmatisasi kesehatan mental serta mendorong percakapan mengenai harapan dan agensi diri pada setiap elemen Rare Beauty, utamanya dalam divisi non-profit Rare Beauty bernama Rare Impact Fund. Mereka meluangkan 1% dari seluruh penjualan Rare Beauty untuk didonasikan ke Rare Impact Fund. Selain itu, ada pula kolaborasi dengan donor, pemberi hibah, serta komunitas guna mengurangi stigma terhadap penyakit mental dan menyediakan anak muda dengan akses terhadap sumber-sumber daya yang mereka butuhkan untuk kesehatan mental.


Semakin ke sini, pembicaraan mengenai kesehatan mental sudah membaik dibandingkan beberapa waktu lalu. Kesehatan mental juga merupakan salah satu topik yang diminati oleh anak muda atau Gen Z. Selena Gomez bersama dengan Rare Beauty membalut obrolan-obrolan mengenai kesehatan mental dalam konten-konten di media sosial, juga terlihat dari komitmennya terhadap Rare Impact Fund.


Strategi Penjualan dan Pemasaran


Pada artikel tahun 2023, penjualan Rare Beauty diprediksi akan meningkat menjadi $300 juta pada 2023. Artinya adalah penjualan ini meningkat hingga tiga kali lipat dari 2022! Sebenarnya, penjualan pada 2022 pun sudah meningkat dua kali lipat daripada 2021. Ini menunjukkan adanya peningkatan penjualan yang signifikan setiap tahunnya.


Rare Beauty memaksimalkan penggunaan media sosial, khususnya Tiktok, sebagai salah satu strategi pemasarannya. Melalui konten media sosialnya, Rare Beauty secara konsisten menunjukkan otentisitas serta jati diri brand. Post Rare Beauty tidak monoton, ada yang fun tapi ada juga emosional; mereka dapat menyentuh hati para pelanggan melalui unggahan konten-konten pada media sosial mereka.


Rare Beauty memahami betul siapa target audiens mereka yaitu Gen Z. TikTok adalah aplikasi yang populer dipakai oleh Gen Z, mereka lebih sering menggunakan TikTok dibandingkan Instagram. Piper Sandler, sebuah investment bank, melakukan survei dan hasilnya menunjukkan bahwa Rare Beauty menduduki peringkat kedua brand kosmetik paling populer di kalangan Gen Z! Namun, tidak berarti Rare Beauty melupakan Instagramnya, ya. Mereka menggunakan Instagram bersamaan dengan penggunaan TikTok.


Pengikut TikTok Rare Beauty, per 14 November 2023, mencapai 3.4 juta dan pengikut Instagram Rare Beauty mencapai 6.4 juta. Engagement rate biasanya di atas 8%. Apa sih artinya engagement rate di atas 8%? Pertama, ketahui dulu apa itu engagement rate. Engagement rate adalah matrik dasar yang digunakan dalam pemasaran media sosial untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial atau web.


Engagement rate di atas 8% artinya itu tinggi, loh! Apalagi jika dibandingkan dengan brand-brand pesaing, engagement rate Rare Beauty yang tertinggi. Engagement rata menunjukkan bagaimana koneksi serta keaktifan para pengikutmu dengan konten-konten media sosial yang telah kamu unggah.


Masa Depan Rare Beauty


Dengan melihat produk-produk Rare Beauty serta bagaimana mereka memegang nilai-nilai tertentu dan menunjukkannya lewat konten media sosial, semakin tidak sabar melihat terobosan-terobosan yang akan diciptakan oleh Rare Beauty.


Rare Beauty tidak hanya menjual produk, tapi lebih ke produk yang bermakna dan memberikan rasa senang & nyaman bagi para konsumennya sebab mereka setuju dengan nilai-nilai brand ini. Brand dengan misi sosial ini ternyata begitu beresonansi dengan banyak orang, ini yang membuat Rare Beauty dicintai oleh para konsumennya.


Sumber:





BACA JUGA:



MUST WATCH VIDEO!

STELLAR X MICROSOFT: SUCCESS KIT FOR YOUR BUSINESS

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





18 views0 comments

Comments


bottom of page