top of page
  • Writer's picturestellarw

Optimalkan Pemanfaatan Platform Digital untuk Bisnismu!

Updated: Aug 3, 2022

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun berkembang sangat pesat. Hal ini tentunya membawa perubahan pada berbagai aspek kehidupan sosial, tidak terkecuali iklan digital.


Saat ini, iklan digital berperan penting dalam dunia pemasaran. Banyak bisnis yang mulai beralih dari iklan konvensional ke iklan digital. Hal ini juga didukung dengan jumlah pengguna internet yang meningkat 11% dari tahun sebelumnya, dari 175,4 juta menjadi 202,6 juta pengguna, dilansir dari data Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial.


Pertumbuhan yang pesat ini tentunya berdampak pada pergeseran perilaku berbelanja konsumen dan bagaimana produsen mengiklankan suatu produk. Dunia periklanan sudah diwarnai oleh serangkaian pergeseran dari iklan konvensional menjadi iklan digital.


Perempuan menjadi salah satu pihak yang keputusan berbelanjanya banyak dipengaruhi oleh iklan digital. Potensi yang dimiliki konsumen perempuan di Indonesia menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan oleh para pebisnis.



Berangkat dari hal tersebut, Stellar Women bersama dengan Telkomsel DigiAds bekerja sama untuk mendukung pemanfaatan platform digital untuk mendorong UMKM Indonesia untuk meningkatkan profitabilitas bisnisnya dengan melakukan studi pada lebih dari 2.000 perempuan Indonesia untuk mengetahui pola perilaku perempuan Indonesia dalam mengonsumsi iklan digital dari brand di berbagai kategori industri.


Berdasarkan hasil studi, diketahui bahwa belanja online merupakan solusi bagi konsumen perempuan membeli produk yang dibutuhkan selama pandemi. Hal ini membuat frekuensi berbelanja online menjadi meningkat, sekitar 3-10 kali per bulannya, dengan produk fashion dan kebutuhan anak menjadi produk yang paling sering dibeli secara online.


Selain itu, kehadiran social commerce memungkinkan konsumen perempuan untuk mengenali produk dan membelinya dengan mudah. Hal ini menempatkan media sosial sebagai medium iklan digital dengan daya guna sekaligus tingkat persaingan yang tinggi.




Hasil studi ini dikemas dalam sebuah whitepaper dan diluncurkan di acara Webinar Stellar Women x Telkomsel DigiAds Study Launch: Women in Digital Landscape. Acara yang dilaksanakan pada 22 Juli 2022 terdiri dari dua sesi menarik, yaitu Study Launching: Women in Digital Landscape dan Talkshow - Marketers on Optimizing Multichannel Marketing.


Sesi pertama dibuka oleh Zhafira Loebis, Co-Founder dari Stellar Women yang memaparkan hasil studi dari Stellar Women bersama dengan Telkomsel DigiAds mengenai Perempuan Indonesia dalam Lanskap Digital.


Digital advertising bertumbuh dengan sangat pesat di Indonesia saat ini, seiring dengan meningkatnya tren berbelanja online. Perempuan tentunya menjadi pihak yang berperan sangat krusial dalam hal ini, mengingat keputusan berbelanja untuk keluarga umumnya dilakukan oleh perempuan. Hal ini membuat Stellar Women dan Telkomsel DigiAds bekerja sama untuk mempelajari perilaku berbelanja online dari perempuan Indonesia, yang diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis dalam membuat strategi pemasaran yang tepat,” ungkap Zhafira.


Meskipun sudah mengetahui karakteristik dari audiens, banyak pebisnis yang kesulitan untuk mencapai audiens yang tepat. Telkomsel DigiAds pun hadir untuk mengatasi permasalahan ini. “Telkomsel DigiAds dapat membantu brand dan bisnis UMKM untuk mempromosikan produk atau layanannya kepada target konsumen yang tepat di seluruh wilayah Indonesia, berdasarkan analisis data profil pelanggan Telkomsel yang komprehensif. Para pelaku bisnis cukup mengenal audiens mereka dan memberikan informasi tersebut, selanjutnya Telkomsel DigiAds akan mencarikan audiens yang tepat sesuai dengan informasi yang diberikan oleh para pelaku bisnis.” ungkap Lani Rahayu, GM Digital Advertising Marketing Telkomsel.


“Para pelaku bisnis pun tidak perlu khawatir karena menggunakan DigiAds sangatlah mudah. Pelaku bisnis dapat mengakses https://digiads.id/, lalu memasukkan informasi singkat agar dapat dihubungi oleh tim DigiAds dan berkonsultasi lebih lanjut. Pengguna juga dapat menyesuaikan anggaran yang digunakan untuk beriklan,” lanjut Lani.



Acara dilanjutkan dengan pembahasan mengenai optimisasi multichannel marketing bersama dengan Cella Vanessa, CMO dari Azarine Cosmetics, Nazira C. Noer, Deputy General Manager Marketing Business Development and Casual Leasing at Asri Group, dan Rizki Suluh Adi, Chief Marketing Officer at Goplay.


Ketiganya sependapat mengenai pentingnya menggunakan multichannel marketing untuk dapat menarik lebih banyak audiens. Apalagi, setiap channel memiliki karakteristik audiens yang berbeda-beda. Jangan lupa pula untuk memanfaatkan data yang tersedia dan mengatur strategi yang tepat agar hasilnya dapat maksimal.


Stellars, tertarik untuk belajar lebih dalam tentang perilaku perempuan Indonesia di lanskap digital dan tren pemasaran pada saat ini? Yuk, dapatkan whitepaper Stellar Women x Telkomsel DigiAds di sini!


Kamu juga bisa melihat keseruan acara Women in Digital Landscape di sini!


Tentang Telkomsel DigiAds

Telkomsel DigiAds adalah penyedia solusi pemasaran digital yang merupakan bagian dari keluarga besar Telkomsel. Melalui layanan periklanan digital yang komprehensif, terintegrasi, dan inovatif, Telkomsel DigiAds dapat menghubungkan merek dan perusahaan dengan jaringan pelangga Telkomsel yang berjumlah lebih dari 160 juta pelanggan. Kunjungi digiads.id untuk informasi lebih lanjut!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!



Melawan Tabu dan Menjadi Versi Terbaik Dirimu bersama Ida Swasti | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

Comments


bottom of page