top of page
  • Writer's picturestellarw

Komunikasi Efektif Kunci Menjadi Pemimpin Hebat, Lakukan Sekarang!




“Pemimpin yang baik wajib memiliki skill komunikasi yang baik pula, mereka adalah komunikator yang baik dan pendengar yang luar biasa.”


Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah, ya Stellars. Pemimpin perlu memastikan jalannya perusahaan. Namun lebih daripada itu, pemimpin yang baik juga perlu memperhatikan people behind the company. Aset utama sebuah perusahaan adalah orang-orang di dalamnya.


Untuk dapat menyentuh orang-orang di dalam bisnismu, kamu memerlukan kemampuan komunikasi yang efektif. Komunikasi efektif adalah keahlian dasar untuk membentuk tim efektif, menciptakan kesatuan tujuan dan menggerakan organisasi ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan melakukan komunikasi secara efektif, kamu akan menjadi pemimpin yang disenangi, dihargai, dan dipercaya oleh karyawan maupun klien yang akan bekerjasama dengan kamu. Seorang pemimpin yang efektif akan berdampak pada hal berikut:


1. Memunculkan respek, keyakinan, dan kerja sama sepenuh hati

Pemimpin yang efektif akan membuat karyawan bekerja dengan happy, ikhlas, dan bisa melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati.


2. Tercipta iklim kerjasama dan kolaborasi

Ketika kerjasama dan kolaborasi ini terbentuk, diharapkan kita bisa membuat inovasi yang dapat meningkatkan kinerja karyawan dan perusahaan itu sendiri.


3. Mendorong timbulnya motivasi untuk mencapai tujuan bersama

Karyawan perlu sesuatu yang menggerakan mereka untuk bekerja dengan baik. Pemimpin yang efektif harus mampu menyeimbangkan motivasi dan tanggung jawab karyawan untuk mencapai tujuan bersama.


Nah, gimana sih caranya sebagai pemimpin, bisa melakukan komunikasi secara efektif ke anggota timnya? Dalam Stellar Learning Events yang dilaksanakan pada 25 September 2023 lalu. Putri Dwiandari Co Founder I-AM-JAGO Public Speaking Center, Certified Public Speaker berbagi tips menjadi pemimpin yang mampu berkomunikasi secara efektif di kantor.


1. Know Your Message


Mengkomunikasikan tujuan dan perencanaan akan menjadi fondasi motivasi bagi karyawan. Rancanglah visi misi dan value perusahaan. Setelah itu, koordinasikan hal tersebut pada tim agar mereka memiliki tujuan yang sama dengan perusahaan. Sampaikan pesan perusahaan, tujuan perencanaan jangka pendek, maupun jangka panjang, serta ke arah mana perusahaan ini akan kamu bawa.


2. Know Your Audience


Sebagai komunikator yang baik, kamu harus tahu siapa audience-nya. Dalam konteks ini, audience kamu adalah anggota tim kamu. Pelajari kekuatan dan keterbatasan dari setiap anggota tim kamu. Apa yang mereka sukai dan tidak sukai. Hal itu akan membantu kamu lebih memahami mereka. Selain itu, anggota tim kamu juga akan merasa dihargai dan didengar.


3. Be a Good Listener


“Don't just hear, listen!” Seorang pemimpin yang efektif tidak hanya memerintah, kemudian menutup pintu saran. Encourage anggota tim untuk berpartisipasi terhadap suatu gagasan dengan memberikan open ended questions dalam setiap diskusi. Jadilah pendengar yang baik dengan melakukan active listening, yaitu pastikan kamu memahami topiknya, berikan respon yang tepat, dan beri pendapat.




Buat Stellars yang sedang membangun bisnis maupun yang merencanakan membangun bisnis, jangan sampai ketinggalan Stellar Learning Events berikutnya yang akan membahas mengenai topik-topik menarik terkait pengembangan diri maupun bisnis. Nantikan events selanjutnya di sosial media dan website Stellar Women ya.


Kamu juga bisa bergabung dengan Stellar Membership untuk mendapatkan info terupdate mengenai berbagai event Stellar Women, dan mendapatkan berbagai benefit member lainnya. Yuk daftarkan dirimu di https://www.stellarw.com/community sekarang!





BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

KENALAN DENGAN MAYLSHA FOUNDER DARI MAYBELLES & CO| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





18 views0 comments

コメント


bottom of page