top of page
  • Writer's picturestellarw

Kunci Sukses Untuk Berbisnis: Terus Belajar Hal Baru


Sebagai female entrepreneur, kita seringkali menemukan banyak hambatan. Tapi layaknya sebuah permata yang perlu ditempa dan dipoles agar menjadi berkilau, tantangan itu jugalah yang akan membentuk kepribadian bersinar lebih terang. Tahukah kamu, Stellars, bahwa perkembangan bisnis itu bisa saling berkaitan dengan perkembangan pemilik bisnisnya lho. Jadi ketika bisnis kita semakin berkembang, secara individu kita juga akan terus berkembang. Begitupun sebaliknya, jika ingin bisnis terus berkembang, kita sebagai orang dibalik bisnisnya harus juga mau ikutan mengembangkan diri.


Menjadi Pebisnis Yang Terus Belajar



Pada Offline Stellar Learning Events Success Kit For Your Business yang diadakan tanggal 9 Agustus lalu, Annisa Herdyana, CEO DS Modest dan Yela Grace, COO Aurum Lab membagikan pengalaman diri mereka yang berkembang sejalan dengan bisnis mereka geluti.


"Dengan modal nekat itu, aku memaksakan diri aku untuk melek dan belajar semua hal baru. Jadi awalnya jadi digital marketing di fashion, kemudian tiba-tiba ke jewelry. Awalnya aku pun gak suka pakai jewelry. Jadi aku belajar lagi soal jewelry, apalagi kalo Aurum Lab kan lebih ke emas, jadi aku belajar lagi tentang emas, produksian emas, karena sebagai COO harus tau proses produksi seperti apa, barangnya seperti apa, modelnya seperti apa. Itu sih, belajarnya tidak putus. Belajarnya tidak dari satu pihak." Imbuh Yela Grace.


Meskipun terus belajar, mereka pun tak terhindar dari kegagalan lho, Stellars. Berbagai kegagalan pernah mereka rasakan misalnya gagal men-design produk, gagal merencanakan sebuah pameran, dan banyak hal lainnya. Namun justru dari situlah mereka belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Telah melalui berbagai ups and downs, menurut Annisa Herdyana kunci menjadi pemimpin ada dua hal yang selalui ia pegang,


"Yang pertama, respect is earn, not given. Kalo kamu mau jadi leader yang dihargai anak buahmu, ya kamu harus kasih mereka contoh. Kemudian yang kedua, memotivasi dengan kata-kata bisa dilakukan semua orang, tapi akan mendapatkan impact yang berbeda ketika diberikan contoh. Aku berpegang pada itu aja sih. Pokoknya saya menyuruh mereka melakukan sesuatu, saya akan belajar hal tersebut dulu. Tidak perlu jadi expert, namun setidaknya tahu basic-nya."


Mengikuti Perkembangan Teknologi




Selain belajar dari pengalaman dua pebisnis, di event yang diadakan di Microsoft Office itu juga membahas mengenai pengenalan teknologi AI untuk bisnis pemula. Penjelasan mengenai pemanfaatan teknologi AI ini dilakukan oleh Andrew Wangsanata, Head of Startup BD of Microsoft Indonesia dan Juliana Cen, Partner Development Lead Microsoft Indonesia. Teknologi yang semakin hari semakin maju ini, mulai beralih ke teknologi robot atau dikenal dengan artificial intelligence. Sebagai bagian dari industri bisnis, pastinya kita harus terus belajar mengenai perkembangan teknologi yang ada, ya Stellars.

Kini penggunaan AI tidak hanya sebatas logika. Pengembangan kreativitas pun bisa dilakukan menggunakan teknologi AI. Namun menurut Andrew Wangsanata, inti dari kemajuan teknologi ini adalah memaksimalkan produktivitas kita. "Karena tenaga kerja di Indonesia tidak semahal di luar negeri, tidak semua use case itu make sense di sini. Tapi pasti ada. Dan tujuannya bukan untuk mengurangi orang. Tapi tujuannya lebih untuk meningkatkan produktivitas setiap tenaga kerja yang ada di sebuah bisnis."


Menjadi manusia tidak akan pernah berhenti belajar. Selalu ada hal baru yang menanti kita di depannya. Kemauan untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi hal utama. Apalagi sebagai entrepreneur yang selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman, perkembangan pasar, dan perkembangan bisnisnya itu sendiri.


Makanya hal ini sejalan juga dengan program-program membership Stellar Women yang mendukung pebisnis wanita untuk terus belajar. Stellar Women hadir menyediakan support system bagi female entrepreneur untuk saling berbagi dan terus belajar satu sama lain. Nantikan event lainnya, hanya di Stellar Women ya!







BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

CERITA BINTANG KECIL KEMBANGKAN BAKAT ANAK DAN LESTARIKAN BUDAYA INDONESIA| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





19 views0 comments
bottom of page