top of page
  • Writer's picturestellarw

Menjadi Pekerja Lepas, Intip 6 Tips Freelancer Sukses Bagi Pemula

Menurut Badan Pusat Statistik, per Agustus 2020 lebih dari 30 juta orang melakukan kerja paruh waktu atau menjadi pekerja lepas (freelancer). Di bulan Februari 2022, pekerja paruh waktu di Indonesia mencapai 26,94% dan pekerja paruh waktu perempuan mencapai 37,10%.


Nah, artinya kamu masih memiliki peluang besar untuk berkarir di dunia freelance, loh, Stellars!


desircledesign.com

Di era yang sekarang sudah bergeser ke arah digital dan juga nomad living, sangat lumrah apabila tingkat pekerja paruh waktu juga cenderung besar. Nggak sedikit juga yang berpendapat bahwa menjadi freelancer lebih menguntungkan daripada menjadi pekerja tetap baik dari pekerja freelance sendiri maupun pengguna jasanya.


Nah, apa sih yang bisa kamu lakukan akan memiliki karir freelance yang menjanjikan?


1. Cari yang sesuai hobi

Saat kamu baru memulai tentu banyak yang perlu dipelajari dan dikembangkan. Ketika mengerjakan pekerjaan yang selaras dengan hobi, biasanya cenderung merasa senang sehingga bisa all out dan tidak hanya berfokus pada bayaran.


Kebanyakan skill yang dibutuhkan tidak dipelajari dari sekolah formal sehingga skill tersebut perlu diasah sendiri. Seiring berjalannya waktu, skill akan meningkat dan harga yang ditawarkan untuk jasamu juga akan naik.


2. X factor

Apa yang membuat orang ingin bekerja sama denganmu daripada kompetitormu?


Temukan X factor-mu sendiri. Identifikasi apa keunikanmu sehingga kamu memiliki pondasi untuk meningkatkan pay rate ke depannya. Yang menjadi keunikanmu bisa jadi dari apa yang kamu lakukan, kenapa kamu melakukannya, dan bagaimana kamu melakukannya.


3. Pilih target konsumen/klien

Dengan memiliki konsumen yang spesifik kamu akan lebih mudah memasarkan jasamu. Buat portfolio yang sesuai dengan target klien. Contohnya, kamu seorang scriptwriter dan ingin menulis di bidang edu-tech, maka ciptakan portfolio bagaimana kamu bisa deliver materimu melalui video yang mudah dipahami oleh siswa dengan target umur yang sudah kamu bidik.


4. Ketahui value-mu

Yang perlu kamu tahu adalah saat menyetujui sebuah proyek adalah kamu tidak hanya dibayar untuk proyek yang sedang kamu kerjakan tetapi juga untuk apa yang kamu pelajari selama ini.


Kamu bisa tanyakan hal ini “Bagaimana jasamu mempengaruhi perkembangan bisnis klienmu?” “Berapa banyak uang yang bisa klienmu hasilkan dari jasamu?” “Berapa banyak uang yang klienmu hemat karena menggunakan jasamu?”


5. Tentukan pay rate-mu

Ketika memasang pay rate pastikan kamu sudah harus menghitung pajak dan profitmu karena ketika melakukan pekerjaan freelance kamu sendiri yang akan bertanggung jawab untuk marketing, accounting, pajak, legal, asuransi, dan profit.


6. Terbuka dengan peluang

Ketika menjadi pekerja lepas kamu akan memiliki lebih banyak peluang untuk mengeksplorasi kesempatan bekerja. Sehingga, ada baiknya kalau kamu terbuka dengan kesempatan yang ada. Cari koneksi dan do actually connect.


Saat berkarir di dunia freelance, kamu tidak harus selalu menunggu klien datang, loh, tetapi kamu juga harus aktif menawarkan jasamu.


Memulai karir freelance tidak harus selalu langsung melejit kok, Stellars! Dengan ketekunan dan keinginanmu terus berkembang kamu akan mencapai goals yang kamu targetkan, loh!


Eh, tapi ngomong-ngomong kan salary yang didapat nggak konsisten. Terus, gimana cara manage-nya?


Nggak perlu khawatir, ikuti terus Stellar Journal karena kamu akan dapat lebih banyak informasi tentang bagaimana memanajemen uang sebagai freelancer dan banyak tips untuk karir freelance!


Semoga membantu, ya!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Waktunya Bangun Bisnismu di Tahun 2023! | #StellarPowerAccelerator

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



57 views0 comments

Comments


bottom of page