top of page
  • Writer's picturestellarw

Guide Singkat: 5 Poin Bisa Kamu Dapatkan dari Buku “Psychology of Money”

“Saving is the gap between your ego and your income.”


Kalimat pendek yang menyentil ini berasal dari buku "Psychology of Money" yang ditulis oleh Morgan Housel. Tentunya buku ini juga sudah banyak dibahas dan direkomendasikan banyak orang.


Tetapi kadang terbesit dipikiran kita “Beneran bagus nggak sih bukunya?”


Nah, daripada kamu menunda-nunda baca buku hanya karena masih bingung tentang apa yang akan kamu dapatkan, baca saja artikel ini sampai habis! Kamu bisa dapatkan poin-poin singkat yang ada dibuku ini!



rupiko.in


1. Keberuntungan dan risiko adalah 2 sisi koin

“Nothing is as good or as bad as it seems”

Saat kita mengejar keberuntungan di saat yang sama kita juga harus mengambil risiko. Keduanya ada berdampingan dan kita tidak bisa memilih hanya salah satu saja. Dengan memiliki skill untuk mengatur keuangan, kita bisa memperhitungkan risiko dan akhirnya menciptakan keberuntungan kita sendiri.


2. Yang dikejar tak dapat yang dikendong berciciran

Sama seperti peribahasa di atas, saat melakukan manajemen keuangan kamu harus bijak mengambil sebuah keputusan. Apabila kamu telah mendapatkan goals tertentu yang sudah kamu tetapkan sebelumnya, ada baiknya kamu juga menjaga hal itu dengan baik. Karena apabila terus mengejar hal yang lain, maka nggak akan pernah ada habisnya dan malah bisa membuatmu kehilangan apa yang sudah kamu punya.


3. Kekayaan adalah yang tidak kamu lihat

Menurutmu apakah orang yang selalu membeli barang-barang yang mahal dan mewah sudah pasti kaya? Belum tentu, loh! Kekayaan dan kesejahteraan tidak ditentukan oleh apa yang bisa kita lihat dengan mata karena kekayaan adalah aset keuangan yang belum dikonversikan menjadi barang yang bisa kita lihat.


4. Rumput tetangga akan selalu lebih hijau

Mengontrol emosi adalah salah satu skill yang wajib kita kuasai agar bisa mengelola keuangan dengan baik. Karena kamu bisa saja mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu bukan karena kebutuhan tetapi emosi semata, misalnya karena barang tersebut cantik/lucu atau takut ketinggalan tren. Yang perlu diingat adalah berusaha untuk ada di jalan dan rencanamu sendiri karena apa yang kamu lihat sesaat belum tentu apa yang sebenarnya terjadi dan setiap orang memiliki perjalanannya masing-masing.


5. Kekayaan dan kesejahteraan

Kekayaan dan kesejahteraan bisa diartikan sebagai ukuran untuk penghormatan maupun strata sosial, tetapi yang sebenarnya terjadi adalah kekayaan yang kita miliki hanya dijadikan sebagai benchmark oleh orang lain untuk memenuhi kesenangan mereka semata. Karena itu untuk mendapatkan penghormatan daripada bergantung lewat kekayaan lebih baik melalui empati, rasa kemanusiaan, dan talenta yang kamu miliki.


Itu dia 5 poin singkat yang akan kamu dapatkan saat kamu membaca buku “Psychology of Money” dari Morgan Housel.


Nah, sesuai sama yang sedang kamu cari nggak, Stellars?


Kalau kamu punya calon buku yang pengen kamu baca tapi nggak yakin apa isinya, kamu juga bisa request ke DM Instagram Stellar Women buat diulas juga, loh!


We are waiting for you!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Waktunya Bangun Bisnismu di Tahun 2023! | #StellarPowerAccelerator

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



70 views0 comments
bottom of page