Cara Memperkenalkan Bisnismu di Instagram




Introducing your business on Instagram is an exciting step in any business’ life! Sekarang kamu sudah berhasil memiliki bisnis (atau ide kreatif), dan sebentar lagi kamu akan mem-posting foto pertamamu di Instagram. Eits, sebelum itu kamu perlu baca tips dan trik berikut ini supaya kamu bisa memaksimalkan jumlah followers dan likes dari postingan awalmu.


1. Pastikan Foto Profilmu Menarik

Sebelum memperkenalkan bisnismu di Instagram, pastikan kamu sudah mengatur profilmu dengan tepat. Mulai dari freelancer sampai bisnis kecil, kamu perlu foto profil yang jelas. Kamu bisa gunakan foto pribadi, logo brand-mu, atau apapun yang sejalan dengan branding strategy-mu di Instagram. Jangan lupa kalau foto profil di Instagram itu kecil, jadi pastikan kalau foto profilmu (artwork, icon, atau text) didesain untuk layar kecil.


2. Manfaatkan Bio Untuk Perkenalan Singkat

Setelah foto profil, langkah selanjutnya adalah menulis bio Instagram yang membantu audience memahami bisnis dan brand milikmu. Bio Instagram harus terdiri dari maksimal 150 karakter, jadi pastikan biomu singkat dan padat informasi.

Kamu bisa tanyakan beberapa hal ini pada dirimu (dari perspektif audience) saat mencoba membuat bio:

  • Who is this business?

  • Why should I follow them?

  • What’s special or unique about them?

  • What makes them stand out from their competitors?

Oh iya, kamu juga bisa gunakan emoji untuk mendeskripsikan suatu pesan tanpa kata-kata yang panjang.


3. Persiapan Introductory Post

Postingan pertamamu di Instagram harus memberi tahu latar belakang bisnismu dan bagaimana bisnismu dapat membantu menyelesaikan masalah mereka. Baik itu video atau foto, pastikan itu berkualitas tinggi dan mencerminkan brand bisnismu. Kamu bisa memposting apa saja mulai dari foto toko, foto diri, foto pekerjaanmu, atau lainnya.


4. Tulis Caption yang Menarik Perhatian!

Caption di setiap postinganmu nggak hanya bertujuan memperkenalkan bisnismu ke Instagram, tapi harus membuat followers-mu mengambil tindakan (call to action). Misalkan kamu ingin mendapat banyak followers, kamu bisa membuat caption yang membuat audience berpikir untuk follow akunmu, seperti “follow us to join our community!” or “follow untuk tahu lebih banyak tentang … !”

Sebelum mempublikasi foto + caption, pastikan audience bisa menjawab “WIIFM” (what’s in it for me?). Apa yang bisa mereka dapatkan setelah memfollow akun bisnismu? Apa konten yang bisa kamu ciptakan untuk membantu mereka?


5. Berinteraksi dengan Followers Itu Penting Banget

Mencari potential followers untuk akun bisnis Instagram-mu itu cukup sederhana. Kamu bisa menghampiri akun kompetitor bisnismu dan mencari followers yang cukup aktif dan penasaran dengan postingan mereka. Orang-orang yang follow kompetitormu kebanyakan tertarik dengan produk atau layanan yang mirip dengan yang kamu tawarkan, so, bisa jadi mereka akan lebih tertarik dengan konten yang kamu tawarkan. Kamu juga bisa mencari tagar yang berhubungan dengan bisnismu.

Setelah mencari tahu target audience-mu, kamu bisa mulai mempublikasi foto-foto atau video tentang bisnismu. Jangan lupa untuk berinteraksi dengan mereka, bisa dengan membalas komentar, responsif saat ada yang bertanya di DM, atau menyukai komentar mereka. Jangan lupa untuk menjawab pertanyaan dengan jelas dan selalu bersikap ramah!


Postingan awalmu di Instagram harus menjelaskan apa bisnis yang kamu jalani. Luangkan waktu untuk memperkenalkan diri atau bisnismu, serta menjelaskan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Ladies, pada titik ini bukan cuma menjadi sales-y, but rather breaking the ice with your new followers.

17 views0 comments

Recent Posts

See All
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW