top of page
  • Writer's picturestellarw

Kamu Pengusaha Baru Tapi Bingung Cara Untuk Memperluas Network? Ikuti 5 Tips Ini!

Networking merupakan salah satu cara untuk mengembangkan bisnis kamu. Kamu bisa mendapatkan kesempatan baru, melakukan benchmark, mendapat konsumen baru, dan masih banyak lagi.


Tapi, kalau pengusaha baru.. Gimana caranya? Kan nggak banyak kenal siapa-siapa?


Eits, nggak perlu pusing karena Stellar Women punya solusi buat kamu!


istockphoto.com

Ini dia 5 tips pro dari Stellar Women yang bisa kamu contoh!


1. Era digital? Social networking jawabannya

Social media seperti instagram maupun social network seperti LinkedIn bisa kamu gunakan untuk networking, loh! Di Instagram, kamu bisa membangun impression dengan comments on post atau reply to Instagram stories yang bisa menjadi penjembatan untuk melakukan percakapan lebih serius.


Selain itu, di LinkedIn kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang fokus di bisnis. Kamu bisa berpartisipasi dengan menjawab pertanyaan, gabung event, maupun menawarkan kesempatan.


2. Jangan cuma jual produkmu

Gunakan berbagai macam plaform baru untuk mempromosikan jasa atau produkmu. Misalnya kamu memiliki bisnis butik offline, kamu bisa memulai sebuah blog untuk tips memilih pakaian sesuai acara, atau Youtube channel untuk membagikan keseharian kamu.


Selain kamu membagikan jasa atau produk yang bisa kamu jual, kamu bisa sekaligus mengedukasi konsumen seputar ranah yang kamu kuasai. Hal itu bisa membuat kamu dipandang lebih menarik karena tandanya kamu seorang yang kreatif.


3. Gunakan network-mu untuk networking

Apabila kamu sudah memiliki koneksi, kamu bisa melanjutkan koneksimu dari orang yang sudah kamu kenal. Mencari mutual dari koneksi yang sudah kamu kenal lebih terpercaya sehingga orang akan lebih mudah untuk menyambut niatmu. Contohnya, klien, kolega lama, maupun alumni.


Selain itu, kamu juga harus tetap menjaga simbiosis mutualisme agar koneksimu tetap terjaga. Tidak hanya mencari apa yang kamu butuhkan tetapi juga menyediakan apa yang dibutuhkan oleh orang lain.


4. Cari wajah baru

Keluar dari zona nyamanmu dan cari lah orang-orang baru untuk membangun network-mu. Apabila kamu pengusaha dan sedang mencari network, kebanyakan semua pengusaha juga ada di situasi yang sama. Jadi, jangan takut untuk mencari orang baru dan dengarkan kisah mereka karena mereka juga ingin mendengar kisahmu!


Mulai dengan cerita dan bangun kepercayaan satu sama lain itu penting, karena hanya sekadar membagikan info produkmu untuk melakukan penjualan hanya akan bertahan sesaat saja.


5. Perkecil komunitas dan ikuti networking events

Networking event merupakan salah satu kegiatan yang berpotensi tinggi untuk mencari koneksi, karena semua orang berada di situasi dan memiliki keinginan yang sama dari awal. Tapi, bukan berarti kamu bisa menghadiri semua networking events.


Lakukan riset untuk mengetahui kegiatan, speakers, dan siapa saja yang akan menghadiri acara itu. Pastikan kamu menghadiri acara yang sesuai dengan ranah yang kamu butuhkan!



Itu dia 5 pro tips untuk memperluas network untuk kamu pengusaha baru!


Nggak cuma dari social media, tapi kamu juga bisa menghadiri offline networking event. Hadir di networking event akan membawa banyak keuntungan karena kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama.


Power UP Women Summit 2022 yang diadakan oleh Stellar Women bersama dengan L’oreal Paris juga merupakan salah satu networking event untuk para pebisnis wanita maupun para wanita yang ingin memulai bisnisnya.



Ikuti POWER UP WOMEN SUMMIT dan sebuah program kolaborasi Stellar Women dan L'Oréal Paris selama untuk satu hari untuk belajar, memecahkan masalah, dan membangun relasi dengan sesama perempuan hebat dalam bisnis.


Cek info selengkapnya dan segera daftarkan dirimu di sini!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Pengalaman Yuli Agustine Bertemu Teman Bisnis bersama Stellar Women | #StellarWomenSpotlight

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



bottom of page