top of page
  • Writer's picturestellarw

Jadi Bahan Gosip di Kantor? Lakukan Ini Agar Terhindar Jadi Sasaran Rekan Kerja!

Memasuki dunia kerja, penting untuk menjaga hubungan profesional dengan rekan kerja. Namun, masih sering terdengar di mana sesama rekan kerja saling bergosip. Tentunya hal ini dapat menimbulkan lingkungan kerja yang toxic dan berujung menghambat performa kerja.


Apalagi kalau yang jadi bahan gosip mereka adalah kamu. Duh, pasti rasanya gak enak banget dan bikin stress. Mau resign, tapi masih butuh pekerjaan.



Lalu, gimana sih cara menghindarinya?


1. Pisahkan kehidupan pribadi dan kantor.

Tidak semuanya mengenaimu dan hidupmu harus diceritakan ke orang lain. Terlebih lagi, jika mereka tidak terlalu dekat denganmu. Jika kamu oversharing mengenai masalah pribadi, ini bisa mengarah menjadi bahan gosip di kantor.


Kamu harus bisa memberi batasan yang jelas antara apa yang boleh dibagi dan tidak.


2. Perhatikan perilaku di luar kantor.

Kamu mungkin berpikir bahwa perilaku di luar jam kerja bukan lagi urusan bos atau rekan kerjamu. Namun, hal ini juga wajib kamu perhatikan.


Jika perilakumu buruk di luar kantor dan rekan kerjamu kebetulan ada yang melihatnya, ini bisa menjadi bahan gosip. Kamu tidak akan pernah tahu siapa yang akan kamu temui pada waktu yang tidak tepat.


3. Berpakaian yang sopan.

Terlepas dari peribahasa “jangan menilai buku dari sampulnya”, kenyataannya orang memang sering menilai dari penampilan saja. Ketika penampilanmu sudah terlihat negatif, orang akan langsung menilaimu buruk.


Untuk itu, pilihlah pakaian yang sopan dan rapi karena penampilan meninggalkan kesan tentangmu.


4. Kendalikan diri dan jangan terbawa suasana.

Sangat penting untuk kamu bisa mengendalikan apa yang harus didengar dan diserap. Ketika ada gosip atau cerita yang belum jelas kebenarannya, kamu harus bisa mengontrol diri untuk tidak ikut campur dan tidak ikut menyebarluaskan.


Dengan begitu, kamu bisa mencegah terjadinya drama di kantor.


5. Buat lingkungan positif.

Coba alihkan pembicaraan untuk membahas hal-hal yang bisa saling membangun dan memotivasi antar rekan kerja. Hindari gosip yang bersifat negatif dengan cara diam dan mencoba mengalihkan topik pembicaraan.


Semoga tips ini bisa membantu kamu ya!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Pengalaman Yuli Agustine Bertemu Teman Bisnis bersama Stellar Women | #StellarWomenSpotlight

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



87 views0 comments

Opmerkingen

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.
bottom of page