top of page
  • Writer's picturestellarw

Co-Branding: Strategi untuk Membuat Produk Unik

Belakangan ini, lagi banyak brand yang bekerja sama untuk membuat produk unik dan berujung menjadi viral. Padahal, bidang bisnis yang dijalankan tidak sama, lho.


Kok bisa ya? Ini namanya strategi CO-BRANDING!


Co-branding adalah kolaborasi antarbrand yang menghasilkan produk baru dengan mengkombinasikan ciri khas masing-masing.


Setiap brand yang terlibat akan menampilkan identitas atau ciri khas mereka dan menciptakan sebuah produk baru yang merupakan hasil gabungan dari brand yang bekerjasama.


Sumber: tekno.kompas.com

Di sini, brand memiliki kesempatan untuk memperkenalkan produk atau brand mereka kepada target konsumen dari brand lainnya.


Ini dia kelebihan dan kekurangan dari co-branding!


Kelebihan:

- Produk yang dibuat tidak hanya ditargetkan kepada konsumen yang telah loyal, tetapi juga bertujuan untuk membuka peluang dalam menarik konsumen baru.

- Dapat meningkatkan brand recognition dari masing-masing brand yang terlibat.

- Menimbulkan kepercayaan dan kredibilitas, terlebih lagi ketika berkolaborasi dengan partner yang mempunyai reputasi baik.

- Lebih hemat dalam pengeluaran brand untuk melakukan promosi produk baru.


Kekurangan:

- Membutuhkan kepercayaan, tujuan, visi dan misi, kerja sama, dan sinergi yang baik dan kuat antara brand yang terlibat.

- Perlu mempertimbangkan reaksi konsumen terhadap kolaborasi yang dijalankan.

- Brand image dapat berbenturan dan menyebabkan kaburnya segmen pasar yang dituju.


Ada beberapa contoh brand yang pernah melakukan co-branding nih!

1. Samsung x BTS

Sumber: teknologi.bisnis.com

Kolaborasi yang satu ini menggemparkan dunia K-Pop. Siapa yang tidak tahu grup boy band asal Korea Selatan yang satu ini? Kali ini, Samsung dan BTS yang menghadirkan sebuah smartphone elegan, Samsung Galaxy S20 BTS, dengan spesifikasi kelas atas.


2. Dear Me Beauty x KFC

Sumber: babel.antaranews.com

Siapa yang belum pernah mencoba salah satu brand fast food internasional, KFC? Brand fast food yang satu ini sudah menjamur hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Tapi, tahukah kalian kalau KFC pernah bekerja sama dengan salah satu brand lokal kecantikan di Indonesia?


Dear Me Beauty menggemparkan para pecinta produk kecantikan dengan melakukan kolaborasi dengan KFC, di mana mereka bekerja sama dan meluncurkan 9 produk baru.


3. Oreo x Supreme

Sumber: food.detik.com

Produk makanan berkolaborasi dengan dunia fashion? Siapa yang tidak tau Oreo, dan bagi pecinta fashion pasti kalian sudah tidak asing lagu dengan brand Supreme.


Kedua brand ini berkolaborasi dan membuat produk makanan, yaitu Oreo berwarna merah yang terdapat logo Supreme.


Produk limited edition ini sempat menggemparkan dunia terlepas dari harganya yang tergolong mahal. Apakah kamu pernah mencobanya?


Menarik banget ya, Stellars? Strategi co-branding dari brand mana nih yang menurut kamu paling menarik?


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Pengalaman Yuli Agustine Bertemu Teman Bisnis bersama Stellar Women | #StellarWomenSpotlight

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



Comments


bottom of page