top of page
  • Writer's picturestellarw

Belajar dari Cinta Laura dan Widy Vierra, Begini Cara Mendukung Korban Pelecehan Seksual

Belakangan ini, salah satu video YouTube Deddy Corbuzier bersama dengan Cinta Laura dan Widy Vierra sedang viral. Di video tersebut, Widy menceritakan kisahnya ketika menjadi korban pelecehan seksual.


Ketika Deddy Corbuzier menanyakan tentang pelecehan seksual yang dialami oleh Widy, Widy tiba-tiba menangis. Cinta Laura yang berada tepat di samping Widy langsung menanyakan apakah Widy baik-baik saja dan meminta Deddy untuk menghentikan pembahasan sementara.


Sikap Cinta Laura ini menuai pujian dari banyak pihak dan dapat kita contoh.


Membicarakan tentang pelecehan seksual, khususnya ketika kita sendiri yang menjadi korbannya, tentu bukanlah hal yang mudah. Para korban harus diberikan dukungan yang tepat, bukan disalahkan.


Lantas, bagaimana kita bisa mendukung korban pelecehan seksual ini?


1. Dengarkan ceritanya


Terkadang, korban hanya membutuhkan tempat untuk bercerita. Mereka tidak membutuhkan nasihat berlebihan dari kamu.


Jadi, coba berikan kenyamanan secara emosional dan dukungan bagi mereka. Dengarkan saja ceritanya, jangan sampai kamu menghakimi mereka, ya?


2. Percaya pada cerita mereka


Tahukah kamu, kalau banyak korban yang memutuskan untuk tidak menceritakan pengalamannya karena takut tidak dipercaya oleh orang lain?


Kalau ada korban yang bercerita, percayalah pada semua perkataan mereka. Ingat bahwa pelecehan seksual memicu pengalaman trautamis bagi korban.


3. Jangan menyebarkan ceritanya


Korban memutuskan untuk cerita kepadamu karena mereka percaya pada kamu. Oleh karena itu, jangan menceritakan hal tersebut ke orang lain lagi.


Kecuali, temanmu memang memberikan izin kepadamu untuk menceritakannya ke psikolog, Komnas Perempuan, atau lembaga berwenang lainnya.


Nah, itulah cara mendukung sesama perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual. Pastikan kamu mendukung dan mau mendengar cerita mereka, ya!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



Ingin mendapatkan pembinaan bisnis selama empat minggu dan pendanaan hingga 20 JUTA RUPIAH? Yuk, ikuti Stellar Women Future Leaders Lab! Pendaftaran masih dibuka lho!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!


3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bernegosiasi | Stellar Women #StellarWomenAcademy

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

31 views0 comments

Comments


bottom of page