top of page
  • Writer's picturestellarw

Apa Itu Domain dan Hosting? Yuk Simak Penjelasannya!

Hai Stellars! Apakah kamu masih bingung dengan istilah domain dan hosting? Jangan bingung! Domain dan hosting adalah dua faktor yang sangat penting dalam membuat website.


Mengapa ini penting? Karena tanpa kedua hal tersebut, website tidak akan bisa “online” alias diakses oleh banyak orang melalui internet. Sebenarnya, kamu tidak perlu tahu apa itu domain dan hosting.


Tetapi jika kamu tidak mengetahuinya, kamu tidak menyukainya, bukan? Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana sebuah situs web dapat bekerja, akan lebih baik jika kamu mengetahui apa itu domain dan hosting.


Apa Itu Domain dan Hosting?

Domain dan hosting adalah dua bagian terpenting dari sebuah situs web.



Hubungan antara keduanya dapat digambarkan sebagai sebuah rumah. Kamu tidak dapat mengunjungi suatu tempat tanpa mengetahui lokasinya, bukan? Hosting adalah halaman utama website. Sedangkan domain bertindak seperti alamat.


Kamu bisa melihat penjelasan lengkap tentang apa itu domain dan hosting di bawah ini.


Apa Itu Domain?

Domain adalah URL situs web yang dimasukkan seseorang ketika mereka ingin mengunjungi situs web tertentu. Biasanya, alamat domain situs web dimulai dengan “www” dan sering diakhiri dengan “.com” atau “.id”.


Domain dengan subdomain untuk menunjukkan alamat situs web yang lebih spesifik. Dalam dunia internet, domain digunakan untuk memudahkan pengunjung mengakses website yang berbeda tanpa harus memasukkan alamat IP.


Perbedaan paling mendasar antara domain dan subdomain adalah bahwa domain dapat berdiri sendiri sedangkan subdomain tidak dapat berdiri sendiri (memerlukan domain).


Meskipun perbedaan lain adalah mendaftarkan domain situs web, kamu biasanya akan dikenakan biaya. Namun, kamu bisa mendapatkan subdomain secara gratis tanpa biaya tambahan.


Namun, Stellars tidak perlu khawatir menghabiskan banyak uang untuk mendaftarkan domain situs web. Karena berkat Exabytes kamu bisa membeli domain murah namun dengan jaminan kualitas yang sangat profesional dan banyak keuntungannya.


Ini adalah ilustrasi kecil untuk pemahaman kamu yang lebih baik. Sebuah domain dapat disamakan dengan alamat pribadi. Jika saudara atau teman ingin mengunjungi rumah kamu, mereka membutuhkan alamatnya agar tidak tersesat dan sampai di sana.


Lebih mudah tiba di tempat tujuan berbekal alamat rumah (seperti domain) daripada harus menghafal setiap sudut dan arah jalan (seperti alamat IP sebuah website) yang mengarah ke rumah.


Jenis-Jenis Domain

Apakah kamu tahu jenis-jenis domain? Domain dibagi menjadi tiga kategori sesuai dengan tingkatannya. Ketiga jenis domain tersebut adalah:

- Top Level Domain

- Second Level Domain

- Third Level Domain


Top level domain adalah ekstensi domain di akhir nama domain seperti .com, .id, .net, dan lain-lain. Sedangkan Second level domain adalah nama website yang unik dan menjadi fitur karena tidak ada yang seperti itu di internet.


Misalnya, jika situs web Stellar memiliki domain www.stellarw.com, second level domain adalah “stellarw”.


Kategori terakhir adalah Third level domain. TLD adalah ujung depan domain biasanya “www”. Jika sebuah situs web memiliki subdomain, subdomain dapat ditempatkan di atas third level domain.


Apa Itu Hosting?

Selain domain, hosting juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan saat membangun situs web. Karena hosting pada dasarnya adalah server yang dikelola melalui cloud dan internet untuk menyimpan semua data dan file penting milik website.


Namun, harap dicatat bahwa hosting tidak berdiri sendiri dan tidak bekerja sendiri. Biasanya, server situs web dikelola melalui pusat data. Pusat data tidak hanya menyimpan file dan data situs web, tetapi juga banyak situs web lainnya.


Karena rumitnya data center, Stellars harus menghindari kesalahan dalam memilih hosting agar tidak mempengaruhi kelangsungan situs kedepannya.


Jika kamu ingin meng-hosting situs web, kamu perlu menyiapkan beberapa biaya. Tapi jangan khawatir, di Exabytes kamu bisa mendapatkan web hosting murah.


Dengan harga mulai Rp.13.900 per bulan, Stellars bisa menikmati hosting dengan jaminan backup harian.


Jenis-Jenis Hosting

Ada tiga jenis hosting yaitu shared hosting, VPS dan cloud hosting. VPS adalah layanan hosting server untuk situs web virtual dan pribadi, sehingga sangat ideal untuk pengguna individu atau usaha kecil.


Sedangkan cloud hosting adalah layanan hosting server yang menggunakan beberapa server virtual sekaligus dikelola melalui cloud computing.


Kemudian untuk shared hosting kebalikan dari VPS. Karena server hosting digunakan oleh banyak pengguna situs web secara bersamaan.




Tentukan Domain dan Hosting Bisnismu, Sebelum Dimiliki Orang Lain!

Sebagai pemula, hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah apa itu domain dan hosting. Hosting adalah tempat dimana website tersebut berada, sedangkan domain adalah alamat dari website tersebut.


Exabytes menawarkan domain murah dengan berbagai ekstensi yang bisa kamu miliki. Perlu diingat! Nama domain itu unik. Jadi, jangan biarkan orang lain memiliki domain yang kamu inginkan.


Pesan nama domain murah dan hosting murah dari Exabytes sekarang dengan menghubungi nomor telepon 08111557122 atau melalui Live Chat di exabytes.co.id, ya!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Pengalaman Yuli Agustine Bertemu Teman Bisnis bersama Stellar Women | #StellarWomenSpotlight

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



24 views0 comments
bottom of page