top of page
  • Writer's picturestellarw

Bisnis di Umur 15 Tahun, Kenapa Enggak? Yuk, Kenalan sama Mutiara Kamila, Founder THENBLANK!

Apa sih yang ada dipikiran kamu waktu umur 15 tahun?


Dapet nilai yang bagus? Punya banyak koneksi temenan yang luas? Or you just like to play? :D


Tapi, pernah nggak kamu kepikiran untuk mulai bisnis kamu sendiri?


Hah? Emangnya ada ya?


Yes! Meskipun nggak umum untuk dilakukan, tapi bukan berarti nggak mungkin, loh!


Banyak bisnis yang awalnya dari sekadar suka jualin barang-barang sendiri atau reselling! Sama seperti Mutiara Kamila, founder THENBLANK, yang lagi ngebahas tentang seluk beluknya memulai THENBLANK bersama Samira dan Aliya di MTF Podcast.



Mutiara bercerita bahwa sejak SD ia punya hobi jualan, contohnya mainan-mainan yang ada di dalam snack yang ia beli akan dijual agar bisa mendapatkan uang untuk membeli snack baru. Dari situlah, kesenangannya berjualan berlanjut hingga SMA. Mutiara memutuskan untuk menggajak Ibunya untuk memulai sebuah bisnis.


Di awal terbentuknya bisnis tersebut, Mutiara yang masih menyelesaikan pendidikan harus membagi waktunya. Di situlah Ibunya memiliki peran yang besar untuk take over bisnis mereka selama Mutiara tidak bisa handle secara langsung.


Mutiara termasuk salah satu kisah yang unik karena mengawali bisnis bersama dengan orang tua, umumnya orang memulai bisnis sendiri atau menemukan partner dari teman dan kolega.


Tetapi meskipun memulai bersama orang tuanya, Mutiara berkata bahwa dari awal mereka telah memiliki boundaries yang cukup jelas sehingga dominasi dari salah satu pihak bisa terhindarkan.


Perjalanan bisnisnya pun tidak mudah, dari saat dulu terbatasnya teknologi, perkembangan teknologi yang terjadi seiring berjalannya waktu, sampai dengan bagaimana ia bisa beradaptasi dengan pertumbuhan timnya yang semakin besar.


“To trust others”, kata Mutiara. Menurutnya pelajaran terbesar yang selama ini dapat ia ambil adalah bagaimana Mutiara bisa mempercayai bahwa anggota timnya juga mampu melakukan dan mau berusaha yang terbaik untuk bisnis mereka.


Menurut Mutiara, perubahan itu pasti terjadi, cepat atau lambat. Karena itu, menjadi berani untuk mencoba hal-hal baru juga menjadi salah satu resolusinya untuk tetap resilient di antara cepatnya perkembangan industri.


Hal itu juga sejalur dengan keinginannya untuk membuat THENBLANK menjadi fashion brand yang tidak hanya memproduksi sebuah “look” tetapi juga sebuah "look" yang menyatu dengan lifestyle terkini sehingga ia bisa membawakan warna-warna baru untuk brand-nya.


Mutiara membagikan banyak lagi kisah inspiring tentang perjalanan bisnisnya dan pengalaman pribadinya mendirikan sebuah bisnis bersama Samira dan Aliya.


Kamu bisa dengarkan kisah lengkapnya di MTF Podcast di Spotify dan juga Youtube Stellar Women, loh!


 


Cerita ini bisa kamu dengarkan juga dalam MTF Podcast

Season 2 Episode 6 - Umur 15 Tahun udah Jadi Entrepeneur, Gimana Caranya? feat. Mutiara Kamila


KLIK TOMBOL PLAY DI BAWAH UNTUK DENGARKAN!



TONTON JUGA CERITA MUTIARA LEWAT YOUTUBE!




NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Jadi Women Leader Harus Berani Speak Up! feat. Grace Surya | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

67 views0 comments
bottom of page