top of page
  • Writer's picturestellarw

Jenis-Jenis Influencer, Pemilik Bisnis Wajib Tahu!

Untuk kamu pemilik bisnis atau orang yang sudah lama berkecimpung di dunia marketing, istilah influencer pasti sudah tidak asing lagi di telinga.


Influencer adalah orang atau sekelompok orang yang mampu mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap sebuah produk atau brand. Hal ini bisa dilihat melalui jumlah audiens yang dimilikinya.


Nah, influencer itu tidak harus artis, ya! Influencer bisa berupa artis, politikus, seniman, pemuka agama, akademisi, tenaga ahli, pemuka masyarakat, dan lain sebagainya.


Pendapat dari influencer itu bisa membantu untuk menambah kepercayaan target konsumen terhadap suatu brand. Hal ini membuat banyak brand yang berusaha melakukan endorsement terhadap influencer-influencer yang dinilai cocok dengan value yang dimiliki oleh suatu brand.


Sumber: suara.com

Sebelum memutuskan untuk melakukan hal yang sama, cek dulu yuk jenis-jenis influencer! Jangan sampai salah pilih ya!


1. Nano Influencer

Nano influencer adalah jenis influencer dengan jangkauan paling kecil, yaitu sekitar 1.000 sampai dengan 10.000 orang.


Jumlah followers yang sedikit ini membuat influencer dan followers-nya saling mengenal dan aktif berinteraksi melalui media sosial. Hal ini membuat engagement mereka sangat kuat!


Engagement yang kuat ini membuat tingkat kepercayaan followers sangatlah tinggi. Tidak lupa, biaya untuk melakukan endorsement pada nano influencer relatif murah.


2. Micro Influencer

Micro influencer adalah influencer yang memiliki jumlah followers 10.000 hingga 100.000 followers. Influencer jenis ini biasanya punya kapabilitas di bidamg tertentu, seperti beauty expert, health expert, dan lain sebagainya.


Jumlah followers yang tidak terlalu banyak membuat engagement antara influencer dan para follower-nya terbilang kuat. Biayanya pun masih terbilang murah dan terjangkau.


3. Macro Influencer

Macro influencer adalah influencer yang memiliki followers antara 100.000 hingga 1 juta followers. Jumlah yang banyak ini membuat jangkauannya menjadi lebih luas, tetapi kamu pun harus merogoh kocek lebih dalam untuk bekerja sama dengan mereka.


4. Mega Influencer

Influencer jenis mega merupakan influencer yang memiliki lebih dari 1 juta followers. Biasanya, jenis influencer ini merupakan artis atau pemuka masyarakat yang dikenal secara nasional atau internasional.


Jumlah followers yang sangat banyak ini memungkinkan influencer untuk menyebarkan pesan secara luas dalam waktu singkat, tetapi, biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa mereka sangat besar nih.


Nah, itu dia beberapa jenis influencer yang wajib kamu ketahui. Kamu bisa menyesuaikannya dengan budget yang kamu miliki ya!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Jadi Women Leader Harus Berani Speak Up! feat. Grace Surya | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

Comments


bottom of page