top of page
  • Writer's picturestellarw

Tips Menjaga Kondisi Mental dalam Menjalani Bisnis



Menjadi business women, Stellars pasti sering menghadapi banyak tantangan. Pasang surut bisnis, mengatur manajemen, harapan yang tidak sesuai kenyataan, dan masih banyak lainnya. Hal tersebut tentu bisa berdampak pada kesehatan mental kita.

Berikut adalah warning signs yang harus Stellars waspadai:

1. Sulit berkonsentrasi

2. Mudah lupa

3. Mudah lelah

4. Mudah marah

5. Coping mechanism yang tidak sehat

6. Menghindari kesulitan

7. Sulit membuat keputusan


Jika Stellars mengalami salah satu saja dari ketujuh hal di atas, maka kamu harus menyadari bahwa ada yang salah pada dirimu. Hal tersebut harus segera diatasi agar tidak berdampak kepada hubungan keluarga, pertemanan, bisnis, atau diri sendiri. Bagaimana mengatasinya?

Menurut Bianglala Andriadewi, psikolog sekaligus founders Welas Asih, dalam acara Stellar Learning Events, Kamis 23 Februari 2023 lalu Stellars boleh melakukan apapun yang disukai nih, asalkan tidak berbahaya. "Sebenernya tidak apa-apa melakukan beberapa hal yang disukai, misal shopping, bertemu teman, mengonsumsi makanan favorit. Namun kita perlu inget bahwa jangan sampai berlebihan. Kita pun perlu melakukan itu dengan penuh kesadaran. Bahwa oke, sekarang saya sedang capek, saya butuh kegiatan yang akan recharge energi saya. Apapun boleh dilakukan asal tidak melukai atau berdampak buruk ke diri sendiri, orang lain atau alam semesta."

Selain itu, ada hal lainnya yang penting Stellars lakukan, yaitu:


1. Set Boundaries

Entrepreneur biasanya rentan terhadap kesulitan menetapkan batasan. Garis antara pekerjaan dan kehidupan pribadi tidak jelas karena tidak memiliki jam kerja khusus. Apalagi jika bisnis yang kamu geluti merupakan bagian dari hobi sehingga menyenangkan dalam menjalaninya, penetapan batasan menjadi semakin tidak jelas.

Namun orang dengan batasan yang buruk sering merasa lelah, sulit mengambil keputusan, merasa bersalah dan cemas, dan mudah tersinggung. Ini dapat menyebabkan tim kacau dan lingkungan kerja yang tidak terkendali. Dengan menetapkan batasan akan membantu memberi kita ruang dan energi yang kita butuhkan untuk memberikan yang terbaik pada bisnis kita.


2. Exercise!

Berolahraga akan membantu mengurangi rasa cemas, depresi, dan suasana hati yang buruk dengan meningkatkan self-esteem dan fungsi kognitif. Berolahraga akan menstimulasi hormon endorfin dan serotonin yang akan meningkatkan suasana hati kita. Hal itu juga akan membantu kamu untuk mengurangi perasaan cemas, kesepian, depresi, dan banyak masalah kesehatan mental lainnya.


3. Connect to Community

Menjadi bagian dari sebuah komunitas akan berdampak baik pada kesehatan mental dan emosional kamu. Keterlibatan Stellars pada sebuah komunitas akan menimbulkan rasa memiliki dan keterhubungan sosial. Serta itu akan memberikan arti dan tujuan pada hidup kamu. Ikutilah beberapa kegiatan dalam sebuah komunitas yang dapat memberikan kamu support yang kamu butuhkan.




Bianglala Andriadewi juga menambahkan untuk pentingnya memiliki sebuah tujuan dari bisnis kamu. Tujuan yang tidak hanya sekedar keuntungan belaka, agar dapat menjadi motivasimu menjalani bisnis. "Mungkin gak rewarding saat ini, tapi ini jalan saya menuju purpose saya. Jadi harapannya kita menjadi lebih termotivasi. Karena basic-nya membangun bisnis adalah lari maraton, bukan lari sprint yang asal cepat. Kita harus menjaga pace kita."


Jadi Stellars, sebagai pebisnis yang penuh tantangan, jangan lupa untuk mengambil jeda ya. Untuk merefleksikan dan mendengarkan diri sendiri terlebih dahulu.


Itulah tips dari psikolog, Bianglala Andriadewi yang disampaikan dalam Stellar Learning Events. Nah Stellar Learning Events sendiri adalah acara rutin yang akan membahas banyak hal berkaitan dengan tips dalam membangun bisnis. Jangan lewatkan Stellar Learning Events berikutnya tanggal 9 Maret dengan topik Key Steps to Attract Good Talents and Retain Them bersama Andriesty Kusumaningrum, VP of Human Resources at Dekoruma.

Stellars bisa cek jadwal dan beli tiketnya di www.stellarw.com/learning-event dan follow sosial media @stellarwomen.id untuk informasi lainnya!




NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:



MUST WATCH VIDEO!

ENTREPRENEURS GAK KENAL BURNOUT | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



21 views0 comments
bottom of page