top of page
  • Writer's picturestellarw

5 Tips Untuk Terbebas Dari Utang

Updated: Oct 13, 2021

Pada dasarnya, utang bukanlah suatu hal yang perlu ditakuti. Semua orang pasti pernah merasakan berutang, maupun itu nominal yang kecil ataupun besar. Tetapi, hidup akan terasa lebih tenang ketika Stellars tidak memiliki kewajiban untuk membayar utang yang menumpuk. Bayangkan bila penghasilan bulanan yang Stellars dapat tidak perlu terpotong oleh kewajiban-kewajiban utang tersebut, pasti besar kan nominalnya?


Namun jangan khawatir, bagi Stellars yang saat ini memiliki kewajiban utang karena keperluan yang tidak bisa dihindari, Stellar Women punya lima tips yang bisa membantu Stellars terbebas dari utang. Yuk simak tips berikut ini!





  1. Set-up Your Mind

Utang memang suatu kewajiban yang harus kita bayar, tidak perlu seberapa kecil pun nominal. Mungkin kamu akan merasa overwhelmed ketika kamu memiliki kewajiban utang yang menumpuk, Untuk itu mulailah tanamkan dalam mindset-mu bahwa kamu bisa membayar itu semua satu persatu. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa banyak orang yang juga memiliki kewajiban utang menumpuk, kamu tidak sendirian. Dengan mempercayai dirimu sendiri bahwa kamu mampu membayar kewajiban tersebut satu persatu, kamu akan membentuk habit baru dan mengurangi stress yang bisa mengganggu produktivitasmu. Yakinkan dalam dirimu bahwa alasanmu dulu berani mengambil kewajiban utang tersebut dikarenakan kamu yakin mampu untuk membayarnya hingga lunas.

2. Organize Your Debt

Kumpulkan seluruh kewajiban utang yang kamu miliki saat ini secara detail dalam note atau google sheet. Lalu tuliskan secara detail:

· Berapa nominal utang tersebut

· Kepada siapa kamu berutang

· Contact person orang terkait yang bertanggung jawab mengelola aktivitas pembayaran utangmu

· Alasan kamu mengajukan utang tersebut

· Jumlah cicilan yang telah dibayar

· Jumlah cicilan yang tersisa.

3. Sort Your Debts

Sortir seluruh kewajiban utangmu dari mulai nominal terkecil hingga yang terbesar. Setelah melakukan penyortiran, buatlah target untuk melunasi utang tersebut dari nominal yang terkecil terlebih dahulu. Harapannya nominal utang terkecil, akan lebih mudah untuk kamu lunasi. Melunasi utang-utang dengan nominal kecil secara berkala akan membantu mem-boost motivasi dan menjaga momentummu untuk terus melakukan pembayaran hingga terciptalah efek snowball yang membuatmu berhasil melunasi seluruh kewajiban utang.

4. Automatic The Process

Mungkin salah satu alasanmu masih menunggak pembayaran utang ialah karena proses pembayarannya yang sulit dan ribet. Untuk itu ubah cara pembayaran utangmu secara otomatis. Ini akan mempermudahmu untuk melakukan pembayaran, dan menghindari adanya kemungkinan lupa, ataupun tidak sempat membayar karena terlalu sibuk. Ganti metode pembayaran kewajiban utangmu menjadi autodebet, sehingga utang-utangmu akan secara otomatis terbayar lewat saldo rekening setiap bulannya. Pastikan saldo rekeningmu cukup di setiap tanggal autodebet tersebut.

5. Track Your Process

Hasil memang penting, tapi proses yang terus berprogress bisa membantumu untuk terus lanjut. Catatlah setiap bulannya progress dari setiap pembayaran kewajiban utangmu, kemudian lakukan evaluasi berapa banyak yang telah kamu lunasi, dan berapa banyak sisa waktu/cicilan yang dibutuhkan untuk melunasi utang-utang lainnya. Dengan begini kamu akan tetap on-track dan bisa terus menjalankan kewajibanmu melunasi utang-utang tersebut.

Bila kewajiban utangmu sudah lunas, jangan terburu-buru untuk membuat kewajiban utang yang baru ya Stellars! Berikan jatah waktu dirimu untuk menyisihkan penghasilanmu ke dalam rekening tabungan. Mulai ubah mindset untuk lebih memilih menabung dibanding berutang, sehingga kamu bisa menikmati hidup tanpa beban utang. Selamat mencoba Stellars!


90 views0 comments

Comentários


bottom of page