top of page
  • Writer's picturestellarw

Tips Meningkatkan Brand Awareness untuk Bisnis Kamu!

Updated: Mar 23, 2023



Brand Awareness menunjukkan bagaimana target audience mengetahui dan merespons brand kamu. Sebagai seorang entrepreneur yang sedang mengembangkan bisnis, tentunya kamu ingin brand kamu dikenal dengan baik oleh target audience kamu. Jika mereka tidak tahu brand kamu dan memilih brand lain, artinya brand awareness kamu harus ditingkatkan. Dengan strategi brand awareness yang baik, brand kamu akan selalu muncul di kepala target audice terkait produk atau jasa tertentu. Misal produkmu adalah baju olahraga, maka target audience akan teringat dengan brand kamu.


Melalui brand awareness kamu bisa mendapatkan beragam manfaat untuk bisnis kamu, antara lain adalah:


1. Meningkatkan pangsa pasar dan penjualan

2. Meningkatkan brand perception

3. Mendapatkan data target audience dan dapat menyesuaikan kampanye dengan target audience brand

4. Meningkatkan loyalitas konsumen

5. Mempermudah brand jika ingin ekspansi


Banyak kan keuntungan jika kamu memiliki brand awareness yang kuat? Itulah sebabnya, banyak brand yang peduli dengan brand awareness mereka dan invest untuk meningkatkan brand awareness mereka. Jangan khawatir, kali ini Stellar Women akan berbagi tips agar kamu juga bisa meningkatkan brand awareness. Simak tips di bawah ini, ya!


1. Memaksimalkan kanal-kanal media sosial

Biasanya, suatu brand tidak hanya eksis di satu media sosial, tapi hadir di berbagai media sosial. Setiap media sosial memiliki target audience yang berbeda-beda, sehingga kamu bisa menyesuaikan konten brandmu dengan media sosial. Melalui media sosial, kamu juga dapat membangun interaksi dengan target audience, jadi usahakan untuk berkomunikasi dengan mereka ya.


2. Coba strategi co-marketing atau marketing bersama

Co-marketing merupakan salah satu strategi yang dapat kamu aplikasikan guna meningkatkan brand awareness. Kamu bisa memperluas audience mu dengan bekerja sama dengan brand lain. Kesempatan ini bagus untuk memperkenalkan brand kamu ke audiens yang berbeda dari audiens sebelumnya.


3. Pasang iklan di berbagai platform

Iklan merupakan salah satu alat yang dapat kamu gunakan untuk membuat target audience mengetahui tentang brand kamu. Kamu bisa mengiklankan produkmu dengan iklan online di beragam platform, misal Instagram ads juga Youtube ads. Maksimalkan kampanye iklan untuk memperluas jangkauan brand serta membesarkan nama brand kamu. Harapannya, semakin banyak yang tahu tentang brand kamu, maka semakin banyak juga pembelian produk.


4. Pertimbangkan untuk memiliki brand ambassador atau ciptakan maskot brand

Jika kamu memiliki anggaran yang cukup, cobalah untuk merekrut influencer atau orang berpengaruh lainnya untuk menjadi spokesperson brand kamu. Dengan demikian, brand kamu ada perwujudan manusianya, sehingga lebih mudah bagi audiens untuk mengenal karakter dari brand kamu. Namun, kamu bisa juga menggunakan maskot loh untuk brand kamu! Jadi, tidak harus manusia yang merepresentasikan brand. Misalnya, maskot brand kamu adalah seekor lebah dan menggunakan atribut brandmu. Langkah ini lebih murah dibandingkan dengan memiliki brand ambassador.


5. Pilih gambar atau simbol yang benar-benar mewakili brand kamu

Pikirkan matang-matang simbol ataupun gambar yang paling mewakili brand kamu. Kamu ingin ketika audiens melihat simbol atau gambar tersebut, mereka langsung mengingat brand kamu. Ciptakanlah simbol atau gambar yang bisa kamu gunakan di manapun, sehingga selalu muncul dalam kampanye serta produk iklan brand kamu.


6. Buatlah slogan yang singkat tapi menarik

Slogan adalah landasan dari brand awareness yang kuat. Strategi ini juga merupakan strategi yang mudah dan cenderung sederhana tapi berdampak besar bagi brand awareness. Kamu perlu sedikit kata untuk dapat menjelaskan produk kamu. Dengan demikian audiens langsung memahami produk kamu. Jika kamu berhasil menciptakan slogan yang menarik, audiens akan terus mengingat produk kamu.




Nah, untuk kamu yang ingin belajar lebih lanjut mengenai brand awareness, kamu bisa loh belajar langsung ke expertnya. Stellar Women mengadakan kelas online dalam program Stellar Learning Event dengan topik “How To Increase Your Sales with the Right Branding” pada 28 Maret 2023 pukul 15.30 - 17.00 WIB. Pembicara di kelas ini adalah Sinthia Devi Alexander, dia adalah Head of Marketing Amazara. Sinthia akan membahas points penting untuk mendongkrak branding bisnis kamu seperti pentingnya branding, cara-cara untuk meningkatkan brand awareness, membangun brand yang kuat, brand positioning, dan tips untuk mengeksekusi branding.


Kalau kamu tertarik untuk belajar langsung dari Sinthia untuk meningkatkan penjualan dengan branding yang tepat, kamu bisa mengikuti Stellar Learning Event ini, loh! Kamu bisa mendaftar di https://www.gostellarw.com/sle-form. Yuk, segera daftar sebelum kelas ini penuh!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

APA SALAHNYA JADI NEPO BABY? | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



35 views0 comments

コメント


bottom of page