top of page
  • Writer's picturestellarw

Berhemat dengan Mengadopsi Gaya Hidup Frugal Living!

Stellars, pernah dengar Frugal Living? Frugal Living merupakan gaya hidup yang menyadari secara penuh kebutuhan-kebutuhan suatu individu dan memiliki prioritas akan kebutuhan mereka. Seseorang yang mempraktikkan frugal living biasanya lebih sadar akan keputusan-keputusannya terkait pengeluaran dan berusaha untuk menekan pola hidup konsumtif. Penghematan yang dilakukan penuh kesadaran ini terus berstrategi agar tidak membeli barang dan jasa yang tidak diperlukan dan memilih untuk mengakali kebutuhan-kebutuhan mereka. Frugal living artinya meninggalkan belanja-belanja yang tidak prioritas dan konsumsi berlebihan.


Frugal living memiliki beragam manfaat yang bisa membuat kamu tertarik untuk mempraktkikan gaya hidup ini. Pertama, kamu bisa benar-benar mengalokasikan uangmu untuk barang dan jasa yang kamu butuhkan dan dengan demikian kamu bisa menabung dengan lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Kedua, frugal living ini mendukung pelestarian lingkungan hidup, loh! Kamu akan menggunakan barang-barang hingga kamu tidak bisa pakai lagi, artinya sampah pun dapat berkurang. Ini bisa menjadi motivasi personal kamu jika kamu seorang environmentalist. Ketiga, mengurangi stress yang dipicu oleh keadaan finansial. Seberapa sering kamu stres dan panik karena merasa memiliki masalah finansial? Nah, kamu bisa coba frugal living untuk meminimalisir stres yang dipicu oleh permasalahan finansial.



Img.freepik.com


Setelah mengetahui manfaat-manfaat yang bisa kamu dapat kalau menerapkan frugal living, sekarang sebaiknya kita mengetahui strategi frugal living. Cara-cara menerapkan frugal living yang bisa kamu coba adalah:


1. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Berlomba-lomba untuk membeli gadget terbaru padahal gadget lama masih berfungsi dengan baik. Lalu, membeli baju baru setiap bulannya padahal di lemari baju-baju masih menumpuk. Ini adalah hasrat konsumtifmu yang berbicara dan mengendalikan dirimu. Kalau mau menerapkan frugal living, kamu mulai analisis mana kebutuhan dan keinginanmu; dengarkan kebutuhanmu dan berpikir ulang untuk keinginanmu.


2. Beli Barang-Barang Bekas


Untuk menekan pengeluaran, salah satu alternatif yang bisa kamu coba adalah dengan membeli barang-barang bekas atau preloved. Sekarang sudah ada banyak marketplace dan toko yang menjual barang-barang bekas dengan kondisi yang masih baik. Beberapa marketplace bahkan telah melakukan kurasi dengan amat baik. Kamu tinggal meluangkan waktu untuk mencari dan memperhatikan kualitas dari barang yang kamu butuhkan.


3. Catat Perencanaan Pengeluaran Keuangan


Sering kali kita langsung membeli suatu barang tanpa kita rencanakan, inilah yang membuat pengeluaran semakin meningkat. Mulai buat catatan, bisa di buku atau medium apa saja yang cocok denganmu, terkait rencana pengeluaran dalam suatu periode (misal1 bulan). Kamu tuliskan dengan detail barang-barang yang betul-betul kamu butuhkan dan buat juga perkiraan anggaran untuk membeli barang-barang tersebut. Dengan demikian, menekan membeli barang secara impulsif dan tidak terpakai.


Sekarang Stellars sudah mengetahui mengenai frugal living, mulai dari definisi, lalu manfaat, serta strategi yang bisa diadopsi untuk menjalankan gaya hidup ini. Jadi, apa Stellars tertarik untuk memulai gaya hidup frugal living? Berbagi cerita mengenai frugal living di media sosial Stellar Women juga boleh, loh! Stellars yang sudah menjalaninya bisa menceritakan ke Stellars lainnya agar memberikan inspirasi memulai frugal living.



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:



MUST WATCH VIDEO!

TIPS MEMILIH TEMAN YANG BISA DIAJAK BISNIS BARENG | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



25 views0 comments
bottom of page