top of page
  • Writer's picturestellarw

Memulai 2023 dengan Merubah Kegagalan Jadi Kesuksesan? Pakai 4 Cara Ini!

Menghadapi kegagalan bagi setiap orang akan selalu berbeda. Tetapi, pada akhirnya kita akan dihadapkan dengan pilihan terus berjuang untuk mencapai tujuan akhir kita atau bersedih terlalu lama, bukan?


“We need to accept that we won’t always make the right decisions, that we’ll screw up royally sometimes – understanding that failure is not the opposite of success, it’s part of success.”

–Arianna Huffington


shrm-res.cloudinary.com

Kegagalan bukanlah akhir tapi sebuah awal yang baru karena dari kegagalan kamu bisa belajar bagian mana yang perlu diperbaiki untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna kemudian hari.


Yuk, simak pembahasan di bawah ini untuk memulai 2023-mu dengan planning yang ciamik!


1. Jadikan growth mindset sahabatmu

Kegagalan merupakan bagian dari proses dan kesuksesan yang tidak bisa kita hindari. Dari pada kita menghindari kegagalan tersebut atau jatuh terlalu dalam saat kita gagal dengan growth mindset kamu akan terbebas dari perasaan tersebut. Kamu bisa memahami lebih jauh kenapa rencanamu tidak berjalan dengan baik. Kamu juga bisa melihat celah mana yang perlu diperbaiki di rencanamu.


2. Gerbang emosi

You're being emotional. It's understandable but unnecessary.” Kutipan ini diambil dari film Enola Holmes yang dikatakan oleh Sherlock saat Enola sedang kesulitan memproses permasalahannya karena dirinya sedang emosional. Sebagai seorang pebisnis maupun seorang pemimpin memproses emosi kita dengan logis adalah hal yang penting. Kamu harus tahu kapan waktunya membuka dan menutup gerbang emosimu agar kamu bisa memisahkan emosi dari permasalahan yang sebenarnya.


3. Rencanakan kembali rencanamu

Ketika kamu menghadapi kegagalan tanda ada yang kurang tepat di dalam rencanamu. Ini adalah waktunya kamu untuk mempertimbangkan ulang apa yang berhasil, apa yang belum berhasil, dan apa yang bisa kamu tingkatkan di masa depan. Catat hal tersebut dan perbaiki di rencanamu selanjutnya sampai akhirnya kamu mencapai goals yang kamu inginkan.


4. Berbanggalah

Terkadang saat merasa gagal kita juga merasakan rasa malu terlepas dari banyaknya faktor yang menyebabkan. Perasaanmu itu pun adalah hal yang manusiawi. Namun, yang perlu kamu tahu adalah ketika kamu gagal atau membuat sebuah kesalahan bukan berarti kamu akan gagal selamanya.


Maka, berbangga lah dengan kegagalanmu karena kamu sudah melakukan yang terbaik yang kamu bisa pada saat itu. Kamu juga bisa bagikan ceritamu kepada konsumen maupun followers-mu dan ceritakan juga solusimu menghadapi kegagalan tersebut.


Konsumenmu akan tahu bahwa kamu juga berusaha untuk menjadi versi yang lebih baik dan ingin tetap berkembang. Dari situ pun kamu bisa menumbuhkan ikatan yang baik dengan konsumenmu.


Menjadi resilient dalam situasi apapun memang merupakan sebuah proses. Setiap saat kamu dihadapkan permasalahan yang berbeda dan cara penyelesaian masalah yang berbeda. Tetapi bukan berarti hal itu tidak mungkin untuk dikuasai.


Kamu bisa memahami karakter dan kebiasaanmu untuk tahu lebih baik saat menghadapi sebuah kegagalan agar bisa bangkit lebih baik.


Semoga pembahasan kali ini bisa membantu kamu, ya, Stellars!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

WFO VS WFH: Pilih yang Mana? | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



23 views0 comments

留言


bottom of page