top of page
  • Writer's picturestellarw

Nggak Hanya Menarik Investor, Ini Dia Alasan Kamu Harus Bikin Roadmap untuk Bisnismu!

Kalau kamu seorang pebisnis pemula, menciptakan roadmap bisnismu adalah salah satu saran terbaik yang bisa kamu dengarkan!


Tapi, kenapa sih harus bikin roadmap?


Nah, coba kita masuk ke sebuah perumpamaan terlebih dahulu. Misalnya, ada investor yang tertarik untuk membiayai bisnis kamu. Bagaimana kamu meyakinkan investor kamu bahwa pilihannya tepat?


Tentunya, kamu harus menjaga kepercayaan dengan membuktikan bahwa bisnismu sudah establish dan memiliki strategi untuk mencapai goals yang kamu miliki. Menggunakan rencana yang disusun dengan baik dan efisien adalah salah satu caranya.


shrm-res.cloudinary.com

Itu lah mengapa kamu membutuhkan roadmap untuk bisnismu.


Lalu, apa sih roadmap itu?


Mudahnya roadmap ini sebuah peta untuk membantu kamu memastikan kesuksesanmu. Dengan memiliki peta ini akan semakin jelas ke mana arah bisnis yang sedang kamu jalankan. Selain itu, peta ini membantu menyatukan banyak anggota dan tim fokus kepada goals dan timeline. Jadi, nggak cuma membantu kamu mendapatkan investor atau business partner, business roadmap ini juga akan membantu kamu untuk tetap on track.


Nah, kalau gitu apa bedanya dengan business plan, dong?


Business plan dan business roadmap sering digunakan sebagai sinonim. Tapi, sebetulnya mereka berbeda loh!


Dengan business plan kamu akan memiliki sekumpulan teks yang padat dengan data, chart, dan diagram. Business plan juga cenderung tidak banyak membahas di bagian eksekusi dan tidak banyak memberikan arahan/alur yang jelas. Apabila kamu ingin mengecek progres dan posisi bisnismu saat ini melalui tumpukan teks maka akan terasa sulit bukan?


Di sini lah gunanya roadmap. Kamu bisa mengakses data yang kamu butuhkan dengan lebih mudah. Roadmap menjelaskan planning process kamu dengan efektif. Kamu bisa melihat apa yang harus terjadi, kapan hal itu harus terjadi, dan siapa yang harus menyelesaikan hal itu. Selain itu, business roadmap berfokus pada goals dan pencapaian.


Untuk lebih singkatnya, business plan menjelaskan tentang bagaimana bisnis kamu mencapai sebuah tujuan. Sedangkan business roadmap adalah rencana strategis yang dilakukan untuk mencapai goals tersebut dan kapan harus terjadi.


Terus gimana ya bentuk business roadmap dari perusahaan yang sukses?


Business roadmap adalah sebuah peta yang sesuai dengan masing-masing perusahaan. Tentunya, setiap perusahaan memiliki tujuan yang berbeda dan juga bentuk perusahaan yang berbeda pula.


Perusahaan yang cenderung kecil atau startup biasanya memiliki business roadmap yang fokus kepada satu penawaran. Sedangkan, perusahaan yang lebih besar tentunya akan memiliki bentuk yang lebih kompleks karena tentunya memiliki produk, tujuan, dan rencana yang lebih luas di saat yang bersamaan. Tapi, bagaimana pun bentuknya hal yang perlu diingat saat membuat business roadmap adalah menuliskan rencana dan tujuanmu, Stellars!


Gimana? Sudah cukup jelas tentang apa itu business roadmap dan kenapa kamu harus punya business roadmap?


Tapi, pertanyaan selanjutnya adalah “Terus, gimana bikinnya?”


Nanti kan Stellar Journal selanjutnya, ya!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Tips Memilih Teman yang Bisa Diajak Bisnis Bareng | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



14 views0 comments
bottom of page