top of page
  • Writer's picturestellarw

Career Burnout, Keluar atau Bertahan? Temukan 4 Tips untuk Menghadapi Career Burnout

Stellars, kamu pernah nggak lagi di tengah-tengah kerja terus ngerasa jadi lemot dan nggak ada ide fresh? Pernah nggak di situasi to-do list pekerjaan kamu banyak tapi nggak tahu kenapa kok rasanya males banget untuk mulai?


Kalau kamu sempat mengalami hal itu, ini waktunya kamu melakukan self-check dengan bertanya ke diri kamu sendiri, loh!


Seberapa sering kamu ada di situasi tersebut? Seberapa sering kamu merasa stress dan berada di “slump” moment karena pekerjaan kamu? Beberapa bulan sekali? Atau lebih cepat dan sering?


api.time.com

Berdasarkan report terakhir dari Deloitte, “Women @ Work 2022: A Global Outlook” menjelaskan 53% pekerja wanita memiliki tingkat stres lebih banyak dari pada laki-laki dari tahun sebelumnya. Selain itu, burnout jadi salah satu faktor utama yang membuat pekerja wanita, kurang lebih sebanyak 40%, mencari perusahaan baru.


Kira-kira apa ya penyebab seseorang bisa masuk “slump” moment dan burn out karena pekerjaannya? Apa karena nggak cocok dengan pekerjaannya?


Riset dari Midwestern mengatakan kurangnya dukungan sosial, multitasking di kantor/rumah, dan kurangnya self-care bisa menjadi salah satu penyebab kamu terkena burnout. Jadi, belum tentu karena nggak cocok dengan pekerjaannya saja, ya.


Kalau gitu gimana cara ngatasinnya? The first step is to start from yourself.


Yuk, coba dulu 4 tips ini buat manage emosi dan tenagamu untuk mengontrol burnout-mu!


1. Suntik serotonin

Untuk mengimbangi harimu yang jenuh, kamu perlu meningkatkan hormon serotonin di tubuhmu supaya kembali segar.


Lakukan hal yang membuat kamu bahagia di sela pekerjaanmu. Contoh, hobimu adalah menonton film. Kamu bisa buat beberapa goals pekerjaan dan berikan reward dengan menonton 1 episode series atau berapa menit film yang ingin kamu tonton setelah berhasil menyelesaikan tugasmu.


Hal kecil seperti mandi dengan air dingin juga bisa meningkatkan mood kamu, loh!

(PS. buat yang WFA, ya!)


2. Mindfulness dengan kualitas>kuantitas

Sebagai seorang manusia dengan banyak tanggung jawab, tentu saja kita memiliki waktu yang terbatas. Ibarat kata “smash or pass”. Saat kamu memiliki banyak pekerjaan, pilih beberapa yang akan jadi prioritasmu.


Kalau kamu adalah seorang leader, kamu bisa “pass” atau delegasikan orang lain untuk mengerjakan tugas yang menjadi “less priority”. Kamu juga memiliki hal untuk mengatakan “tidak” saat diminta untuk mengerjakan di luar job desc-mu kalau kamu merasa pekerjaanmu sudah cukup penuh.


3. Pemandangan baru semangat baru

Kalau kamu sudah melakukan A-Z tetapi masih juga nggak menolong rasa jenuhmu, mungkin jawaban yang simple ada di depanmu!


Rubah suasana kerjamu. Saat kamu WFA, kamu bisa pergi ke tempat yang nggak biasa kamu kunjungi, misalnya pergi ke cafe lain. Kamu juga bisa merubah penataan meja kerja/ruangan kerjamu kalau kamu lebih senang bekerja di rumah.


4. Kaji ulang

Apabila kamu sudah berusaha mengontrol apa yang bisa kamu lakukan tetapi masih belum ada perubahan yang signifikan, berarti ini adalah waktunya kamu untuk mempertimbangkan kembali goals yang ingin kamu capai. Kamu bisa tanyakan kepada dirimu sendiri apakah pekerjaan yang kamu lakukan sekarang sejalur dengan value dan tujuan akhir hidupmu yang kamu miliki dalam jangka panjang.


Itu dia 4 tips yang bisa Stellar berikan untuk kamu mengatasi career burnout-mu.


Nah, pada akhirnya apakah kamu memutuskan untuk berusaha merubah hal-hal kecil di sekitarmu atau memutuskan untuk mencari pekerjaan baru adalah perjalanan yang berbeda bagi setiap orang. There’s no right and wrong when it comes to life choices!


We hope it can help you to figure out your way in life, Stellars!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

WFO VS WFH: Pilih yang Mana? | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



21 views0 comments

Comments


bottom of page