top of page
  • Writer's picturestellarw

Sudah Bekerja tapi Masih Bingung dengan Career Path? Yuk, Cari Tahu Disini!

Stellars, di umur berapa kamu mulai muncul pikiran ini, “Nanti aku akan jadi seorang manajer di perusahaan A” atau “Aku akan jadi seorang pengusaha”?


Apakah muncul saat kamu akan terjun di dunia kerja atau bahkan setelah bekerja bertahun-tahun kamu baru memikirkan hal tersebut?


img.freepik.com

Nah, pikiran tadi biasanya disebut dengan career path. Nggak jarang career path ini membuat bimbang karena kita sudah harus memikirkan belasan tahun ke depan yang bahkan untuk hari ini saja kita belum tentu sepenuhnya yakin dengan apa yang kita lakukan.


Sehingga bukan hanya bagi fresh graduate, tetapi orang yang sudah berpengalaman juga masih merasa bimbang akan hal ini.


“Apakah sebenarnya aku sudah ada dijalan yang benar? Apakah ini yang benar-benar aku inginkan?”


Stellars, jika kamu sedang dalam situasi ini, nggak perlu khawatir! Yuk, cari tahu bersama cara menemukan career path mu!


theladders.com

Career Path Si Tangga Menuju Karir Impian


Career path atau jenjang karir adalah sebuah rangkaian pengalaman kerja yang membantumu berkembang dan mengarahkanmu ke tujuan akhir dalam jangka pendek maupun jangka panjang.


Pentingnya Merencanakan Career Path


Career path penting untuk dibuat karena berperan dalam membentuk kejelasan jenjang karir. Dalam perjalanan ini, kamu bisa memahami kesempatan, skill, atau pengalaman apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai karir impianmu.


Seseorang yang merencanakan alur kariernya cenderung lebih sukses dibanding yang tidak memiliki target sama sekali. Karena ketika kamu tahu bahwa saat ini kamu berada di jalur yang tepat, kamu akan merasa termotivasi untuk terus maju.


Purpose + Passion = Ideal Career


Prinsip pertama dalam menentukan career path yang ideal adalah dengan mengetahui passion (minat) dan purpose (tujuan).


Tujuan memberimu alasan untuk terus melangkah setiap harinya. Gunakan tujuan tersebut untuk memberikan dampak yang bermanfaat. Dalam menentukan tujuan tersebut, libatkan juga minat mu agar hal yang kamu lakukan tidak terasa berat, membuatmu termotivasi, dan berkomitmen .


Career Path Test


Ketahui career path-mu dengan bantuan tes maupun professional. Saat ini kamu bisa dengan mudah mencari di internet tes career path atau tes personality untuk mengetahui jenis career apa yang cocok dengan kepribadianmu.


Kalau kamu merasa lebih serius untuk mencari career path-mu, kamu bisa gunakan bantuan professional. Lakukan tes career path dan personality dengan psikolog atau bantuan ahli serupa. Selain itu, mencari career mentor yang sesuai juga salah satu cara untuk menemukan career path-mu.


Kenali Diri Sendiri untuk Mencapai Dream Career


Kunci utama ketika kamu ingin menentukan career path adalah dimulai dengan memahami dirimu sendiri.


Kenali diri sendiri dan cari tahu apa kelebihanmu, apa yang ingin kamu lakukan dalam hidup, apa yang kamu minati, dan dampak apa yang ingin kamu berikan.


“Start by understanding yourself, so you can determine the career you were born to do.”


Nah, itu dia penjelasan singkat tentang career path. Semoga bisa membantu kamu untuk semakin mengenali career path-mu, ya, Stellars!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

CARA CARI TEMAN DI UMUR 30AN | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



29 views0 comments
bottom of page