top of page
  • Writer's picturestellarw

Sedang Mencari Pekerjaan? Ini 4 Tips untuk Berhemat!

Ketika sedang mencari pekerjaan, kamu pasti membutuhkan waktu dan biaya. Tentunya, akan sayang sekali jika kamu mengeluarkan terlalu banyak uang pada saat masa pencari pekerjaan.


Hal ini tentunya membuat penghematan menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan. Kamu harus pintar-pintar mengatur keuangan untuk dapat mencukupi kebutuhanmu selagi mencari kerja.


Sumber: bca.co.id

Ini dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan, Stellars!


1. Cari pekerjaan secara online

Zaman sekarang, mencari pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah karena adanya internet. Kamu tidak lagi perlu masuk ke kantor untuk mendapatkan pekerjaan. Cukup gunakan ponsel atau laptopmu untuk memperoleh peluang bekerja.


Terdapat berbagai media sosial dan platform pencarian kerja yang bisa kamu manfaatkan. Tak sedikit juga perusahaan yang mempunyai situs sendiri dan melakukan perekrutan karyawannya dari sana.


2. Buat perencanaan yang baik

Selanjutnya, buatlah perencanaan keuangan atau anggaran selama kamu masih dalam proses pencarian pekerjaan.Tentukan apa saja pengeluaran yang mungkin kamu butuhkan untuk keperluan pencarian kerja.


Mulai dari keperluan mencetak dokumen yang dibutuhkan, biaya akomodasi dari rumah atau kos ke kantor, termasuk merencanakan keuangan jika perusahaan yang kamu lamar berada di luar kota.


3. Gunakan waktu dengan bijak

Pasti kamu pernah mendengar istilah “time is money”. Jadi, kamu pun harus menggunakan waktu dengan bijak.


Yuk, maksimalkan waktu dengan mencari pekerjaan yang sesuai minat dan keterampilanmu. Buat CV dan surat lamaran kerja yang berkualitas dan pastikan kamu mengirimkan syarat sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Jangan sampai kamu sembarang menyebar lamaran ya!


4. Menerima bantuan

Tidak ada salahnya untuk mencoba meminta bantuan dari rekan atau kerabat, lho! Coba tanyakan apakah ada informasi lowongan di perusahaan tempat mereka bekerja.


Nantinya, kamu pun tetap mengikuti seleksi seperti pelamar lain. Tidak perlu sungkan, ya!


Itulah tadi tips hemat yang bisa diterapkan saat kamu mencari pekerjaan. Semangat, Stellars!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

POWER UP WOMEN SUMMIT 2022 Powered by L’Oréal Paris | Stellar Women #PowerUp

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



22 views0 comments
bottom of page