top of page
  • Writer's picturestellarw

Ramadhan Tiba! Berikut 10 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnismu



Bulan Ramadhan mendatangkan berbagai kesempatan bisnis. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan besar ini! Sebab, penjualan di negara-negara dengan mayoritas masyarakat muslim meningkat hingga 2-3x di bulan Ramadhan. Puncak berbelanja ini biasanya ada di minggu ketiga bulan Ramadhan. Dengan demikian, bisnismu dapat melakukan berbagai inisiatif baru untuk memenuhi permintaan konsumen melalui produk dan pesan yang relevan selama bulan ramadhan hingga Idul Fitri tiba.


Tidak ada kata terlambat untuk kamu, pemilik bisnis, menerapkan berbagai strategi untuk memanfaatkan momen bulan puasa ini. Berikut adalah beberapa strategi promosi maupun operasional bisnis yang dapat kamu terapkan untuk mengoptimalkan momen bulan puasa ini.


1. Menawarkan Potongan Harga

Pada bulan Ramadhan, konsumen menjadi lebih sadar dengan harga-harga produk. Mereka menginginkan diskon yang besar. Maka, tentukanlah penawaranmu sedini mungkin dan komunikasikan ke konsumen di waktu yang tepat.


2. Meluncurkan Produk Edisi Ramadhan

Sesuatu yang terbatas seringkali membuat konsumen penasaran. Buatlah varian atau produk baru yang hanya dijual khusus bulan Ramadhan. Misalnya, paket menu makanan untuk berbuka puasa, koleksi baju lebaran, dan masih banyak ide yang bisa kamu dapatkan di momen yang berharga ini.


3. Memodifikasi Kemasan Produk Bertema Ramadhan

Coba kamu datang ke supermarket terdekat dan lihatlah berapa banyak produk yang kemasannya diperbarui mengikuti bulan Ramadhan? Penyesuaian kemasan dalam waktu singkat ini ditujukan untuk menangkap perhatian pembeli dan membuat mereka lebih unggul dari produk lainnya di rak produk yang sama.


4. Menyesuaikan Jam Buka Toko

Selama bulan puasa, mungkin kamu akan dihadapkan berbagai pertimbangan untuk membuka tokomu lebih dini atau lebih siang dari biasanya mengikuti jadwal kerja pegawaimu dan juga puncak keramaian toko.


5. Memberikan Freebies Bertema Bulan Ramadhan

Jika kamu menjual produk secara online, kamu dapat menyelipkan freebies (hadiah gratis) dalam setiap orderan selama bulan puasa. Freebies ini tidak perlu yang mewah atau mahal, namun tetap relevan dengan bulan ramadhan. Misalnya, cemilan kurma, sticker, gantungan kunci, foto, atau kartu ucapan bertema Ramadhan. Freebies ini juga bisa diterapkan untuk bisnis FnB, seperti memberikan takjil gratis untuk pembelian menjelang berbuka puasa.


6. Berkolaborasi dengan Brand dan Influencer

Berkolaborasi dengan brand dan influencer dapat memperluas jangkauan bisnismu selama ramadhan, dan bahkan sesudahnya. Beragam kolaborasi dapat dilakukan, seperti kolaborasi untuk membuat konten yang relevan, mengadakan kegiatan atau inisiatif tertentu, atau mengirimkan contoh produk ke influencer untuk mereka promosikan dan review.


7. Berbagi Konten yang Menarik dan Menghibur

Banyak momen spesial yang dirayakan di bulan Ramadhan, brandmu dapat turut terlibat dalam momen ini melalui konten yang kamu bagikan ke followersmu. Konten-konten yang mengutamakan pentingnya kebersamaan keluarga saat bulan ramadhan, resep takjil untuk berbuka puasa, tips tetap produktif dan fokus selama bulan ramadhan, dan juga kutipan yang merefleksikan nilai-nilai saat bulan ramadhan.


8. Menerapkan Strategi Penjualan di Jam-Jam Penting

Selama bulan Ramadhan, umat muslim mengalami perubahan dalam kebiasaan sehari-hari. Dimulai dari pelaksanaan sahur pada dini hari, jam kerja yang lebih singkat, hingga waktu malam untuk beribadah. Sehingga, kegiatan jual beli biasanya terkumpul di jam-jam setelah sahur atau menjelang berbuka puasa. Manfaatkanlah jam-jam ini untuk membuat kegiatan berjualan seperti membagikan info diskon, live Instagram, atau flash sale.


9. Mempersiapkan Stok Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memang singkat, namun pembelian akan mengalami peningkatan secara pesat apalagi di minggu ketiga. Persiapkanlah bisnismu dengan stok yang mencukupi untuk menghindari berbagai isu seperti penuhnya pengiriman hingga habisnya produk dari suplier.


10. Mengadakan Kegiatan Berbagi

Konsumen menyukai brand yang sejalan dengan nilai-nilai yang identik dari Ramadhan, yaitu kebersamaan dan berbagi. Buatlah atau berpartisipasilah dalam kegiatan berdonasi maupun berbagi untuk meningkatkan engagement dengan konsumenmu.


Itu dia sepuluh cara untuk meningkatkan profit selama bulan Ramadhan! Dari berbagai taktik tersebut, mana yang sudah atau ingin kamu terapkan nih, Stellars?



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:





MUST WATCH VIDEO!

FRENEMIES: TEMEN TAPI BUKAN TEMEN| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



7 views0 comments

Comments


bottom of page