top of page
  • Writer's picturestellarw

Kualitas Pebisnis Perempuan yang Harus Kamu Miliki



Berdasarkan sebuah studi dari Calpers, pemimpin perempuan yang sukses memiliki ciri umum yaitu tegas, pengambil risiko, dan memiliki kemampuan problem solving. Namun tidak hanya itu, pebisnis perempuan juga harus memiliki kualitas lainnya untuk menaklukan tantangan yang mereka hadapi di rumah dan lingkungan kantor.


Bertahun-tahun perempuan selalu mengalami bias. Terdapat gender gap yang sangat besar antara pemimpin perempuan dan pemimpin laki-laki. Sementara ambisi laki-laki sering dipuji, ambisi perempuan seringkali menghasilkan permusuhan. Selain itu, perempuan biasanya diharapkan lebih lembut, penyayang,etis, dan lebih dapat berkompromi daripada laki-laki.


Kemudian bagaimana pebisnis perempuan mampu sukses pada bidang yang didominasi laki-laki? Berikut kualitas yang akan membantu pebisnis perempuan dalam perjalanan bisnisnya.


1. Integritas


Integritas adalah pondasi sebuah kepemimpinan. Integritas akan membangun kepercayaan orang terhadap dirimu, mulai dari karyawan, investor, dan bahkan pelangganmu. Pada praktiknya, integritas adalah mematuhi prinsip etika atau moral dan selalu berusaha menepati kata-katanya. Orang akan cenderung mengikuti pemimpin yang memiliki integritas karena mereka yakin bahwa akan diperlakukan dengan adil dan bisnis akan berjalan dengan baik.


2. Kemauan untuk belajar


Entrepreneurship adalah perjalanan yang panjang. Dunia bisnis dapat berubah dengan sangat cepat, sehingga apa yang kamu inovasikan hari ini bisa menjadi ketinggalan zaman besok. Pebisnis perempuan yang sukses akan terus belajar hal baru agar mereka mampu beradaptasi dengan perkembangan tren.


3. Kemampuan beradaptasi


Dunia penuh dengan ketidakpastian. Tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi di masa depan. Kamu harus selalu siap menghadapinya. Menjadi fleksibel dan selalu mau beradaptasi adalah solusinya. Bisnismu tidak selalu sama, akan terus berkembang mengikuti pergerakan arah pasar. Kemampuan beradaptasi akan membuat kita terbuka pada ide-ide baru dan bahkan bisa melihat kesempatan yang datang.


4. Tahan banting dan tekun


Baik kamu perempuan maupun laki-laki, menjadi entrepreneur tidaklah mudah dan penuh dengan tantangan. Ditambah perempuan seringkali memiliki tanggung jawab lain dengan keluarga, sehingga tantangan yang dihadapi akan lebih kompleks. Namun don't worry Stellars, tak sedikit perempuan yang sukses dan berhasil membangun bisnis dengan ketekunan dan sikap resilience mereka. Ketekunan adalah hal penting untuk berkembang sebagai businesswomen.


5. Intuitif


Perempuan memiliki intuisi yang cukup kuat. Selain menggunakan data dan fakta di lapangan, pemimpin perempuan biasanya juga mengandalkan intuisi sebagai petunjuk untuk membuat sebuah keputusan. Perempuan juga biasanya mahir membaca situasi yang terjadi dalam tim dan menemukan potensi masalah yang mungkin terjadi. Gunakan kelebihan tersebut untuk membangun bisnismu.


6. Kemampuan berkomunikasi


Komunikasi dan kepemimpinan berjalan beriringan. Komunikasi lebih daripada sekedar kata-kata. Perempuan biasanya tidak hanya mampu berbicara namun juga mampu mendengarkan dengan baik. Perempuan memiliki kemampuan untuk mempersepsikan body language dan perasaan, sehingga biasanya berperan sebagai motivator dalam sebuah tim.


7. Empati


Perempuan biasanya dinilai lebih memiliki empati. Kita secara natural adalah pengasuh dan menyukai kedamaian. A loyal employee bisa terbentuk dengan menghubungkan level emosional mereka. Dengan berempati dan memahami emosi yang mereka rasakan, karyawan akan merasa didengarkan.


8. Support system


Perempuan yang sukses biasanya saling mendukung sesama perempuan dan saling membantu rekan kerjanya. Kita bisa menemukan support system dari lingkungan terdekat yaitu keluarga, teman, dan rekan kerja. Tidak hanya itu, kita juga dapat bergabung dalam berbagai komunitas yang memiliki visi yang sesuai dan mengikuti event yang bisa menghubungkan kita pada lingkungan yang sehat dan saling mendukung.


Ikuti acara Offline Stellar Learning Events Success Kit For Your Business dan dapatkan ilmu, support system, dan networking yang akan berguna untuk mengembangkan bisnismu. Acara akan berlangsung secara offline di Microsoft Indonesia Office, tanggal 9 Agustus mendatang! Tunggu apa lagi, daftar sekarang juga melalui www.stellarw.com/workbookevent







BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

STANDING UP AND BECOMING UPAPOLOGETICALLY YOU (FEAT. INDAH G) Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





23 views0 comments

تعليقات


bottom of page