top of page
  • Writer's picturestellarw

5 Cara Penggunaan Artificial Intelligence untuk Peluang Bisnis yang Lebih Luas




Artificial Intelligence (AI), atau kecerdasan buatan, telah menjadi salah satu teknologi paling revolusioner dalam beberapa tahun terakhir. AI membawa potensi besar bagi berbagai industri dan membuka peluang bisnis yang menarik.


Dengan kemampuannya untuk memproses dan menganalisis data dengan cepat, mengidentifikasi pola, dan mengambil keputusan tanpa bantuan manusia, AI telah mengubah cara bisnis beroperasi dan menghadirkan inovasi baru.

Apakah kamu tertarik menggunakan teknologi AI? Berikut beberapa cara AI dapat mendukung perkembangan bisnismu.


1. Chatbot untuk Pelayanan Pelanggan


Chatbot adalah perangkat lunak yang meniru percakapan manusia (atau obrolan) dengan pengunjung situs web, aplikasi, telepon, dan lain-lain. Dengan menggunakan chatbot, kamu dapat memberikan layanan ke pelanggan dengan cepat, mudah, dan kapan saja.


Beberapa bisnis yang menggunakan chatbot adalah Pop Geo – National Geographic Chatbot, SnapTravel, Wall Street Journal Chatbot, Bot Facebook Messenger dari Whole Foods, Bot BabyCentre UK, ChatBotler dari Hottel Marriot, Obrolan Cheapflights, dan masih banyak lagi.


Jika kamu tertarik, dapat menggunakan chatbot sebagai berikut: LivePerson, Botsify, Reply.ai, Aivo, Boost.ai, ManyChat.


2. AI untuk Pembuatan Strategi Content Marketing


Content marketing membuat bisnismu mudah ditemukan oleh pelanggan di internet. Content marketing memiliki banyak jenis seperti blog, postingan media sosial, podcast, video, infografis, whitepaper, studi kasus, eBook, panduan cara kerja, webinar, dan email marketing.


Saat ini, kamu dapat menggunakan AI untuk membantu kamu memutuskan apa yang akan ditulis, kata kunci mana yang akan digunakan, dan seberapa sering konten tersebut dipublish agar dapat mudah ditemukan oleh pelanggan.


Alat berbasis AI populer untuk content marketing misalnya: MarketMuse, BrightEdge, Vennli, Acrolinx, Concured, Lucy.


3. AI untuk Penentuan Harga Produk yang Tepat


Harga merupakan faktor utama yang menarik pelanggan membeli produk dari bisnis kita. Penentuan harga akan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti harga produk sebelumnya, reputasi brand, persaingan, kualitas, tren, biaya operasional, dan permintaan.


Dengan menggunakan teknologi AI, kamu dapat memperhitungkan semua faktor ini dengan cepat untuk menentukan harga paling optimal. Teknologi AI dapat memindai sejumlah besar data, melalui skenario penetapan harga, dan menyarankan harga yang paling relevan.


Beberapa brand besar seperti Uber, Zara, dan Walmart sudah menggunakan teknologi ini untuk menentukan harga produk mereka yang dipengaruhi oleh berbagai faktor unik.


Bisnismu juga bisa menggunakan teknologi penentuan harga, seperti: Perfect Price, Intelligencenode, Wise Athena, dan Navetti PricePoint.


4. Ciptakan Pengalaman In-store yang Menyenangkan


Meskipun permintaan untuk belanja online meningkat, toko fisik masih menjadi point of sales yang berpotensi besar. Kini, kamu dapat menciptakan pengalaman unik untuk pelanggan yang berbelanja di toko dengan menggunakan AI.


Contohnya di toko Sephora, kamu dapat menemukan shade produk yang paling cocok untuk kamu tanpa harus memakai apa pun di wajah kamu. Color IQ memindai wajah pelanggan dan memberikan rekomendasi yang disesuaikan dengan wajah pelanggan untuk menentukan shade foundation atau makeup lainnya.


5. AI untuk Otomatisasi Pekerjaan Berulang


Berdasarkan studi yang dilakukan Forbes, AI dapat menghemat rata-rata perusahaan Fortune 500 sebesar $4,7 juta per tahun melalui otomatisasi.


Teknologi AI memungkinkan bisnis mengotomatiskan berbagai proses sehingga membantu meningkatkan produktivitas.


Misalnya, Botkeeper menggunakan AI yang membantu mereka mengelola tugas akuntansi rutin seperti pembayaran tagihan, dan pelaporan keuangan. Ini adalah dukungan pembukuan otomatis untuk bisnis.



Teknologi AI tidak hanya untuk bisnis berskala besar saja. Saat ini, semua bisnis dapat menggunakan teknologi untuk memperlancar operasional dan membuat mereka unggul di pasaran.


Penggunaan AI ini tentu bergantung dengan tujuan dan masalah yang ada di bisnismu saat ini. Kamu juga dapat mempelajari bagaimana AI dapat mendukung bisnis di acara Stellar Learning Events Offline: Success Kit for Your Business powered by Microsoft pada tanggal 9 Agustus 2023.


Daftar ke eventnya di sini.











BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

BANGUN POTENSI BISNISMU MELALUI MENTORING BERSAMA KOMUNITAS STELLAR WOMEN| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





29 views0 comments

Kommentare


bottom of page