top of page
  • Writer's picturestellarw

Kenali Ambush Marketing, Teknik Pemasaran yang Bikin Produk Gampang Viral

Masih ingat hebohnya Ayam Geprek Bensu sebagai brand Indonesia yang mejeng di Paris Fashion Week? Menurutmu apakah itu strategi marketing yang tepat? Kita pernah membahasnya di artikel ini lho:



Ternyata, apa yang dilakukan oleh Ayam geprek bensu adalah salah satu bentuk dari strategi Ambush Marketing yang bikin brand ini sukses dapat banyak exposure dan viral makin dikenal masyarakat Indonesia lho.


Kabar baiknya lagi, selain meningkatkan brand awareness bisnis dengan cepat, strategi Ambush Marketing ini juga terbilang murah dan efektif untuk mengalahkan kompetitor bisnismu.


Nah, buat kamu yang penasaran dengan kekuatan Ambush Marketing ini, yuk kita simak secara mendalam apa itu Ambush Marketing dan apa saja jenis Ambush Marketing yang bisa kamu coba untuk meningkatkan brand awareness bisnismu!



Pengertian Ambush Marketing

Menurut pikiran-rakyat.com, Ambush Marketing adalah strategi promosi yang digunakan oleh sebuah bisnis dengan cara memanfaatkan popularitas suatu event atau memanfaatkan popularitas kampanye perusahaan lain.


Sederhananya nih bisa disebut juga dengan “ikut mejeng lewat event atau kampanye perusahaan lain”.


Mungkin Stellars mulai berpikir strategi marketing ini gak etis. Tapi tunggu dulu, selama kegiatan Ambush Marketing ini tidak mengganggu jalannya event atau kampanye perusahaan lain, strategi ini masih sah-sah aja dilakukan ya..


Mengapa? Karena tujuan utama strategi ini ialah untuk memasarkan produk dengan memanfaatkan jumlah audiens yang besar pada saat kampanye brand kompetitor berlangsung atau suatu event berlangsung.


Misal, saat piala dunia berlangsung, banyak brand berlomba-lomba mengeluarkan kemasan bertema sepak bola yang di-branding sebagai camilan untuk menemani para penonton melihat piala dunia.


Nah, meskipun mereka bukan sponsor resmi, sebenarnya masih sah-sah aja asalkan tidak mencantumkan logo ataupun tulisan resmi dari Piala Dunia.


Bahkan bila branding kemasan piala dunia yang kamu miliki berhasil jadi yang paling paling menarik, bisa jadi konsumen malah mengasosiasikan produkmu sebagai partner resmi dari piala dunia. Tentu kredibilitas bisnismu bakal naik dan kebanjiran order nih.


Seperti yang terjadi di Piala Dunia tahun 2010, antara Nike dan Adidas. Lihat analisisnya di bawah yaa!


Jenis-Jenis Ambush Marketing

Saking efektifnya Ambush Marketing, ada banyak jenis-jenisnya yang bisa kamu coba.

Dilansir dari glints.com ada 3 jenis ambush marketing yang efektif untuk mendongkrak brand awareness dan sales, yaitu:


1. Predatory Ambushing

Sesuai namanya, jenis ambush marketing yang satu ini akan membuat bisnismu seolah-olah menjadi predator yang menyergap kampanye dari event/bisnis lain.


Istilah sederhananya, predatory ambushing adalah upaya marketing yang dilakukan dengan menyerang marketing brand lain yang menjadi sponsor resmi.


Tujuannya ialah untuk meyakinkan audiens bahwa produkmulah yang menjadi sponsor resmi, meskipun pada kenyataannya bukan.

Coca Cola Pepsi Ambush Marketing
Sumber: cocacola.com

2. Coat-Tail ambushing

Jenis ambushing marketing selanjutnya ialah coat-tail ambushing. Mengapa disebut coat-tail ambushing karena strategi ini memang melakukan upaya marketing dengan cara ‘membuntuti’ sponsor resmi. Berikut contohnya biar kamu lebih paham:


Di tahun 2010 event Piala Dunia disponsori secara resmi oleh Adidas. Nah, ternyata Nike mensponsori beberapa pemain sepakbola top yang turut bermain dalam event Piala Dunia tersebut, ini artinya Nike sedang melakukan coat-tail ambushing.


Hasilnya memuaskan lho! Kampanye Nike tersebut berhasil mengunguli Adidas hingga melebihi 15%. So, pay attention to your competitor's work!


Ambush Marketing
Sumber: campaignasia.com

3. Self ambushing

Terakhir ada self-ambushing yang menjadi salah satu jenis dari ambush marketing. Pada jenis ini kamu tidak lagi bersaing dengan kompetitor lain dalam melakukan penyergapan, alias fokus ke diri sendiri.


Pada teknik ini, kamu dianggap melakukan self-ambushing jika melakukan aktivitas pemasaran di luar kontrak sponsor, tapi masih memanfaatkan event yang ada. Misal:


Kamu adalah sponsor minuman dari event Piala Dunia. Dalam rangka melakukan self-ambushing, kamu menerapkan giveaway hadiah tiket piala dunia bagi 10 konsumen yang membeli produk paling banyak (top spender).


Nah, bila aktivitas giveaway tersebut tidak tercantum dalam kontrak sponsor, berarti kamu sedang melakukan self-ambushing.



NOTES FOR STELLARS!

Itu dia penjelasan mengenai ambush marketing dan jenis-jenisnya yang bisa kamu coba. Meskipun beberapa jenis ambush marketing terlihat kurang etis, strategi ini masih legal dilakukan asalkan tidak menganggu jalannya event atau kampanye kompetitor lain yaa.. (GG).


Kalau kamu mau liat strategi marketing lainnya, coba baca di bawah ini!


MUST WATCH VIDEO!


Strategizing Content Using Editorial Plan with Judithya Pitana | Listen #MTFPodcast on Spotify

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!


Tentang Stellar Women:

Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

150 views0 comments

Comments


bottom of page