top of page
  • Writer's picturestellarw

Brand Indonesia Mejeng di Paris Fashion Week, Strategi Marketing Tepat?

Stellar kamu tau gak sih, baru-baru ini masyarakat Indonesia dibuat heboh dengan viralnya brand Geprek Bensu yang diklaim ikut serta dalam Paris Fashion Week 2022 di Paris.


Dalam postingan Ruben Onsu di Instagram, Ia menyatakan bahwa Geprek Bensu terpilih sebagai salah satu brand F&B asli Indonesia yang terpilih untuk berpartisipasi dalam ajang fashion tersebut.

Sumber: Instagram @ruben_onsu


Nah menurutmu, apakah ini strategi yang tepat untuk mengenalkan brand bisnis pada pasar global? Atau justru menjadi strategi yang mubazir?


MEJENG DI LUAR NEGERI, JADI VIRAL DI DALAM NEGERI

Geprek Bensu Paris Fashion Week 2022
Gambar: wolipop.detik.com

Ternyata menurut pakar Marketing dan Managing Partner Inventure, Yuswohady, ini adalah bentuk strategi marketing untuk mengenalkan produk tersebut di Indonesia!


Lho, kan produknya dikenalkan di Paris, kenapa jadi mengenalkan produk di Indonesia?


Nah, strategi marketing yang dilakukan oleh Geprek Bensu sebenarnya bisa dibilang bukan untuk mengenalkan produk mereka kepada dunia.


Melainkan strategi ini dilakukan untuk mengenalkan produk mereka kepada lebih banyak masyarakat Indonesia. Alias strategi marketing viral!


BRANDING di BILLBOARD TIMES SQUARE AGAR TERLIHAT EKSKLUSIF


Kamu pasti pernah mendengar juga brand lain asal Indonesia yang me-launching produk mereka di billboard Time Square New York seperti brand fashion Erigo.


Kedua hal yang dilakukan oleh Geprek Bensu dan Erigo dilakukan dengan tujuan dua hal berikut, yakni:


1. Viral dibicarakan oleh Media Massa Indonesia

Sebagai brand F&B, tentu sangatlah unik bila Geprek Bensu hadir dalam perhelatan fashion. Namun nyatanya itu menjadi strategi yang sukses untuk membuat Geprek Bensu viral diberitakan banyak media.


Semakin banyak media Indonesia yang memberitakan mengenai hal tersebut, maka semakin banyak pula masyarakat Indonesia yang mengetahui tentang keberadaan brand Geprek Bensu.


Bila semakin banyak masyarakat Indonesia yang tahu brand Geprek Bensu, kemungkinan besar penjualan pun akan semakin meningkat bukan?



Erigo Billboard New York Times Square
Gambar: beautynesia.id

2. Meningkatkan Eksklusivitas Brand

Saat menampillkan brandnya di billboard Times Square New York, Erigo pasti harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal bukan? Nah, hal ini bisa menjadi strategi Erigo untuk meningkatkan eksklusifitas brand mereka.


Dengan menampilkan produk mereka di billboard Times Square dan membuka pop-up store pertama mereka di New York, masyarakat Indonesia akan melihat Erigo sebagai brand yang lebih eksklusif dibanding sebelumnya.


Nah, bila sudah terlihat eksklusif di mata konsumen, Erigo bisa menjangkau pasar yang sebelumnya belum pernah mereka jangkau kan?


Fun fact, strategi ini juga dilakukan berbarengan dengan peluncuran produk baru Erigo yang digadang-gadang sebagai produk premium mereka, yakni Erigo X.


Tentu saja ini semua dilakukan oleh Erigo untuk melakukan re-branding menjadi produk fashion yang lebih eksklusif. Strategi yang menarik bukan?


Notes For Stellars!


Itu dia Stellars alasan mengapa banyak brand Indonesia yang mengenalkan produk mereka di luar negeri melalui acara fashion ternama ataupun memasang iklan di billboard Times Square.


Bila kamu memiliki budget yang cukup, kamu juga bisa mencoba strategi ini untuk menjangkau pasar yang lebih besar. Nah, apa kamu tertarik menggunakan strategi marketing viral seperti Geprek Bensu dan Erigo?


BACA JUGA: Cara Mendaftarkan Merek Tanpa Harus Membangun PT atau CV
 

(GG)










109 views0 comments

コメント


bottom of page