top of page
  • Writer's picturestellarw

Banyak Kompetitor? Ini Cara Agar Brandmu Jauh Lebih Stand Out!

Kamu sering perhatiin gak sih kalau persaingan bisnis makin lama semakin ketat. Teman-teman pada sibuk upload bisnis baru mereka di Instagram story kan?


Yup, saat ini semua orang bisa dengan mudah berbisnis, apalagi di era pandemi banyak orang yang mulai mengincar penghasilan dari berbisnis.

Brand Menarik, Brand terlihat, Brand dikenal, Cara

Lalu, gimana caranya agar brand kita lebih stand out dan terlihat lebih menarik diantara para kompetitor lain?


Simak caranya berikut ini dalam materi bisnis yang dibawakan oleh Stephanie Nursalim (Founder & CEO of MORNINGSOL) dalam kelas Stellar Learning Events. Scroll ke bawah yuk!


CARA MEMBUAT BRANDMU LEBIH STAND OUT


1. FIND A GAP

Bayangkan kamu berjualan baju di mall yang menjajakan banyak brand fashion. Lalu bagaimana caranya agar konsumen mendatangi tokomu? Caranya adalah find a gap.


Nah yang dimasuksud dari find a gap ialah menemukan beberapa hal yang tidak ada bisa disajikan oleh kompetitor kepada konsumen. Umumnya ada 2 aspek yang bisa kamu telaah untuk mencari gap dari kompetitor, yaitu:


1. Gap dari aspek Produk

Contoh, kompetitor A = harga terlalu mahal

Maka tawarkanlah produkmu dengan harga yang lebih terjangkau kepada konsumen


2. Gap dari aspek Pelayanan

Contoh, kompetitor B = produk tidak bisa dicoba terlebih dahulu

Nah supaya lebih unggul dari kompetitior B, sediakanlah paket trial kit atau layanan garansi gratis penukaran barang.


Untuk memperjelas, berikut beberapa gap yang bisa kamu telah berdasarkan aspek produk dan aspek pelayanan. Buatlah strategi yang paling sesuai dengan aspek yang diinginkan konsumen

Misal: konsumen yang ingin bekerja dari cafe, pasti menginginkan suasana tenang. Maka pastikan cafe-mu bisa menyediakan aspek pelayanan dengan suasa tenang.


2. FILL A NICHE



Saat berada di mall, menurutmu berapa banyak toko baju yang ada disana? Pasti sangat banyak bukan?


Tapi, bila kamu hanya ingin mencari baju olahraga, pasti kamu tidak akan mengunjungi toko baju yang menjual produk lain. Kamu akan langsung bergerak ke toko sportswear seperti Nike atau Adidas. Iya kan?


Nah, inilah yang disebut dengan fill a niche, yaitu menyediakan produk yang sangat spesifik untuk target market tertentu.


Bila kamu menerapkan strategi ini, tentu brandmu akan lebih stand out dibandingkan brand lainnya. Begini studi kasusnya..


Misal, bila kamu hanya menjual cheesecake, maka konsumen akan memprioritaskan untuk mencari cheesecake di tokomu, karena kamu adalah toko spesialis cheesecake yang pasti menyediakan banyak variasi cheesecake dibandingkan toko kue lain yang hanya menjual 1 macam cheesecake.


Simple bukan? Dengan melakukan strategi fill a niche, secara tidak langsung bisnismu juga akan dianggap sebagai yang paling ahli dalam menyediakan produk tertentu. Seperti kasus cheesecake tadi!


3. PRICE DIFFERENTLY



Apa yang ada di benakmu bila kita membandingkan Tas Louis Vuitton seharga 20 Juta Rupiah dengan tas yang dijual oleh marketplace lokal seharga 200 Ribu Rupiah? Tentu kamu akan menganggap Tas Louis Vuitton lebih berkualitas kan?


Inilah yang seringkali disebut dengan istilah, ada harga ada kualitas. Nah, itulah mengapa penting bagi kita untuk menentukan harga yang pas.


Bila kamu ingin produkmu terlihat berkualitas dan eksklusif, maka gunakanlah harga yang tergolong mahal. Namun, bila kamu ingin produkmu dianggap sebagai produk yang terjangkau bagi masyarakat, maka berikanlah harga yang murah.


Kamu bebas menentukan harga sesuai impresi apa yang ingin kamu dapatkan dari konsumen. Namun, pastikan harga tersebut masih bisa terbeli oleh target marketmu yaa..


4. STAND OUT PACKAGING



Packaging adalah salah satu poin dari branding. Mengapa? Karena packaging akan menaikan value produk jauh lebih dari yang diharapkan pelaku bisnis.


Pernah melihat video konsumen melakukan unboxing produk? Itulah bukti mengapa packaging bisa menjadi hal penting yang membuat produkmu stand out dibanding brand lain.


Packaging yang menarik dan bagus akan membuat konsumen senang. Bahkan mungkin mereka akan menyimpan packaging produkmu, atau tidak jarang mereka membeli produkmu karena packaging-nya yang unik!


Selain itu, packaging juga bisa menjadi sarana branding dan sarana untuk meningkatkan sales. Bila kamu ingin produk terlihat eksklusif dan mahal, maka gunakanlah warna-warna kemewahan seperti hitam, putih, dan emas atau kamu bisa memilih warna branding lainnya sesuai tujuan bisnismu seperti dalam artikel di bawah ini:



Nah, packaging yang bagus juga akan mengundang para content creator untuk mereview produkmu. Bila kamu mendapat review yang bagus, akan tercipta marketing word of mouth, sehingga kamu tidak perlu kesulitan menaikan sales karena para konsumen dan content creator yang puas akan dengan senang hati merekomendasikan produkmu kepada orang lain


Contoh packaging yang menarik, kamu bisa menggunakan tote bag sebagai packaging produk, sehingga konsumen packagingmu bisa menjadi barang berguna yang bisa dipakai oleh konsumen.


5. HAVE PRODUCTS VARIATIONS

Varian Mcflurry Mcd
Gambar: wowkeren.com

Apa kamu pernah makan McFlurry dari McDonald’s? Mungkin kamu pernah mencoba McFlurry spesial rasa matcha, atau cadburry? Nah inilah yang disebut dengan variasi.


Konsumen pasti ingin sesuatu yang baru dari produkmu, untuk itu sediakanlah variasi yang beragam agar bisnismu bisa menjadi one stop shopping solutions yang menyediakan berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh konsumen.


Untuk menentukan variasi produk, kamu bisa membuat produk dengan variasi ukuran, gender, atau bahkan menciptakan produk lain yang bisa menjadi komplementer produk awalmu. Contoh, membuat variasi produk kaus kaki, bila kamu sebelumnya menyediakan produk sepatu.


6. CONFIDENT BRANDING


Terakhir ialah confident branding. Pastikan kamu selalu konsisten menggunakan branding produk yang sesuai dengan tujuan awalmu. Gunakanlah pallete warna yang sama, gunakanlah tone bicara yang sama, dan juga gunakanlah jasa model yang memiliki value sama dengan bisnismu sehingga mereka bisa sukses mencerminkan produkmu.


NOTES FOR STELLARS!

Itu dia Stellars cara untuk membuat brandmu terlihat lebih stand out dibanding kompetitor. Bila kamu membutuhkan strategi lengkap branding, silakan baca materi bisnis di bawah ini dari kelas Stellar Power Accelerator. Silakan di klik di bawah ini. (GG)


BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Mau Bisnis Atau Mau Eksis? Personal Branding vs. Your Business | Listen #MTFPodcast on Spotify

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!

 

Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.


Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!











191 views0 comments

Comments


bottom of page